backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Tidur Tidak Memakai Bra, Ternyata Beri 7 Manfaat Kesehatan Ini

Ditinjau secara medis oleh dr. Tania Savitri · General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 26/02/2024

Tidur Tidak Memakai Bra, Ternyata Beri 7 Manfaat Kesehatan Ini

Sebagian wanita mungkin memiliki kebiasaan untuk tidur tanpa bra. Namun, apakah kebiasaan tidur tidak memakai bra ini memberikan manfaat? Jika iya, apa saja, ya?

Apakah aman tidur tidak memakai bra?

Sebelum membahas manfaat kebiasaan tidur tidak memakai bra, Anda perlu tahu bahwa sebelumnya hal ini pernah menjadi pro dan kontra.

Buku berjudul Dressed to Kill: The Link Between Breast Cancer and Bras yang terbit tahun 1995 memulai prasangka terhadap penggunaan bra saat tidur.

Semenjak itu, banyak wanita memilih untuk tidur tanpa bra demi menghindari bahaya kesehatan pada payudaranya.

Buku tersebut memperkuat anggapan bahwa tidur dengan memakai bra dapat memberikan dampak negatif bagi kesehatan.

Akibatnya, banyak wanita memercayai bra dapat memblokir kerja kelenjar getah bening saat tidur, sehingga dapat menyebabkan timbulnya kanker payudara.

Hingga kini hasil penelitian yang dilakukan American Association for Cancer Research masih menjadi acuan para praktisi kesehatan terhadap anggapan tersebut.

Penelitian menunjukkan tidak adanya hubungan antara penggunaan bra saat tidur dengan kemunculan sel kanker pada payudara.

Berbagai manfaat tidur tidak memakai bra

kualitas tidur

Belum adanya pembuktian medis mengenai manfaat dan risiko menggunakan bra saat tidur membuat tidur tanpa bra menjadi sebatas pilihan untuk mendukung aspek kenyamanan saat tidur.

Akan tetapi, tetap terdapat beberapa manfaat kesehatan yang bisa Anda dapatkan saat memilih untuk tidur tidak memakai bra.

1. Mengurangi keringat

Menggunakan bra saat tidur apalagi ketika suhu ruangan naik pada malam hari dapat menyebabkan Anda berkeringat. Beberapa jenis bra seperti yang terbuat dari bahan sintetik bahkan dapat membuat Anda mengeluarkan keringat berlebih.

Keringat berlebih saat tidur dapat membuat Anda sering terbangun pada malam hari. Shawn Stevenson, penulis buku Sleep Smarter, menuturkan tidur tanpa mengenakan pakaian dapat menurunkan temperatur tubuh.

Pada dasarnya suhu tubuh memang menurun ketika tidur. Melepas pakaian atau tidur tanpa bra dapat menjaga suhu tubuh tetap rendah. Dengan begitu, saraf parasimpatis yang membantu tubuh untuk beristirahat dengan lebih optimal pun bisa aktif lebih cepat.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Manfaat tidur tidak memakai bra mungkin tidak Anda sadari, tapi bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Coba Anda perhatikan, kebanyakan desain bra, baik bra yang berkawat maupun yang tidak, disesuaikan dengan kebutuhan aktivitas sehari-hari. Hal ini membuat penggunanya bergerak secara aktif, tapi tidak untuk beristirahat ataupun tidur.

Bentuknya yang ketat dapat membuat Anda merasa sesak atau pengap sehingga Anda tidak nyaman ketika memakainya saat tidur.

Perasaan tidak nyaman ketika tidur ini dapat menyebabkan Anda kesulitan untuk tidur atau mengalami gangguan tidur lainnya. Akibatnya, Anda tidak memperoleh waktu istirahat yang cukup dan berkualitas sehingga energi tubuh tidak bisa sepenuhnya pulih.

Tidur tanpa bra dapat menjadi solusi bagi Anda yang merasa tidak nyaman tidur memakai bra sehingga bisa tidur dengan lebih cepat dan nyenyak sepanjang malam.

3. Mengurangi risiko infeksi kulit

Kemudian, manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari tidur tidak memakai bra adalah menurunkan risiko infeksi kulit. Kenapa?

Memakai bra seharian penuh dapat mengganggu sirkulasi udara pada pori-pori kulit yang tertutupi. Saat bra tidak pernah dilepaskan, kulit akan sulit untuk menyerap udara sehingga menciptakan lingkungan lembap yang kondusif untuk perkembangbiakan bakteri berbahaya.

Infeksi bakteri ini dapat menyebabkan kemunculan jamur kulit dan iritasi sehingga muncul rasa gatal.

4. Mengurangi risiko penyumbatan limpatik

Bentuk bra yang terlalu ketat dan kaku dapat memberikan tekanan berlebih pada payudara Anda. Efeknya, ini kemungkinan besar sama dengan tekanan berlebih dari lemak pada orang yang obesitas.

Apabila Anda rutin memakai bra seperti ini ketika tidur, Anda bisa berisiko menyebabkan penyumbatan limfatik. Apalagi jika Anda memiliki berat badan berlebihan dengan ukuran bra yang pas.

Penyumbatan ini terjadi akibat adanya penumpukan cairan pada kelenjar getah bening aksila yang terletak di daerah ketiak. Kelenjar inilah yang berfungsi melawan infeksi tubuh, zat-zat asing berbahaya, dan sel-sel kanker.

Selain itu, tidur tanpa bra dapat menghindari gangguan fungsi organ vital tubuh yang berkaitan dengan kelenjar limfatik seperti hati.

5. Meningkatkan kenyamanan 

Manfaat tidur tanpa bra yang selanjutnya adalah dapat meningkatkan kenyamanan bagi beberapa wanita.

Hal ini karena dapat menghilangkan tekanan dan pembatasan, seperti kaitan, tali, hingga kawat bra yang biasanya dirasakan saat menggunakan bra.

Saat tidur tanpa bra pun, wanita bisa lebih bebas untuk bergerak di tempat tidur dan lebih nyaman saat ingin mengubah posisi tidur.

Apakah bra bisa memengaruhi bentuk payudara?

Jawabannya adalah ya. Penggunaan bra yang terlalu ketat secara terus menerus dapat memengaruhi bentuk payudara dalam jangka panjang. Hal ini karena penggunaan bra yang ketat bisa menghasilkan tekanan berlebih pada jaringan payudara, yang nantinya dapat mengubah struktur dan bentuk payudara seiring waktu.

6. Mengurangi risiko pembengkakan dan benjolan 

Tidur tanpa bra juga dapat membantu mengurangi risiko pembengkakan dan pembentukan benjolan payudara.

Hal ini karena saat tidak menggunakan bra maka tidak ada tekanan dari bra yang dapat membatasi aliran darah di sekitar payudara.

Dengan sirkulasi darah yang lancar, maka dapat mencegah terjadinya pembengkakan dan menjaga kesehatan jaringan payudara.

7. Mengurangi tekanan pada bahu dan punggung

Manfaat tidur tanpa bra yang terakhir adalah dapat membantu mengurangi tekanan pada bahu dan punggung.

Pasalnya, bra yang dikenakan sepanjang hari dapat menambah beban pada bahu dan punggung, terutama bila bra tersebut memiliki kawat dan strap yang kaku.

Meskipun tidur tanpa bra memiliki sejumlah manfaat, sebenarnya kembali lagi kepada kenyamanan penggunanya.

Apalagi, belum ada bukti ilmiah akurat yang menyatakan bahwa tidur menggunakan bra dapat menimbulkan risiko penyakit jangka panjang.

Oleh karena itu, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah mencari tahu apa yang terbaik untuk kesehatan dan kenyamanan pribadi Anda.

Bila ada kekhawatiran tertentu, jangan ragu untuk berkonsultasi kepada dokter.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Tania Savitri

General Practitioner · Integrated Therapeutic


Ditulis oleh Aprinda Puji · Tanggal diperbarui 26/02/2024

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan