home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

4 Cara Mengatasi Telinga Gatal yang Aman dan Efektif Selain Digaruk

4 Cara Mengatasi Telinga Gatal yang Aman dan Efektif Selain Digaruk

Telinga termasuk salah satu bagian tubuh yang penuh dengan serat saraf sensitif. Akibatnya, akan mudah sekali mengalami telinga gatal baik karena hal yang ringan seperti kotor hingga kondisi serius seperti infeksi. Untuk mengatasi telinga gatal, Anda perlu tahu dulu penyebabnya. Berikut ini berbagai cara mengatasi telinga gatal sesuai dengan penyebabnya.

Cara mengatasi telinga gatal

Berikut berbagai cara efektif untuk mengatasi telinga gatal:

1. Pakai minyak untuk melembapkan telinga

menumbuhkan rambut
Sumber: Healthline

Telinga yang kering dan gatal bisa diatasi dengan meneteskan satu atau dua tetes minyak sayur atau baby oil. Hal ini dilakukan untuk membantu melembapkannya. Namun, jangan sembarangan! Anda tidak diperbolehkan meneteskan minyak ke telinga jika sedang infeksi atau dalam kondisi gendang telinga yang pecah.

2. Membersihkan telinga

telinga berair
Sumber: Sohu

Telinga yang terlalu kotor terkadang membuatnya terasa gatal. Jika ini terjadi, usahakan untuk membersihkannya baik dengan minyak, gliserin, atau obat tetes telinga khusus yang biasanya mengandung hidrogen peroksida. Biasanya kotoran yang mulai melunak akan keluar dengan sendirinya. Jangan menggunakan cotton bud untuk membersihkan telinga Anda, alih-alih bukannya kotoran akan keluar namun bisa mengakibatkan terdorong lebih ke dalam telinga sehingga kotoran makin sulit dikeluarkan. Jika Anda merasa takut untuk membersihkannya sendiri datanglah ke dokter THT untuk meminta bantuan.

3. Menghentikan penggunaan produk tertentu

efek infeksi telinga

Terkadang telinga akan terasa gatal sebagai reaksi alergi. Entah produk sampo, anting-anting, atau yang lainnya. Dengan begitu, segera hentikan pemakaiannya agar rasa gatal yang muncul tidak semakin parah. Jika tidak juga mereda, segera konsultasikan ke dokter. Biasanya, dokter akan meresepkan obat antihistamin atau suntikan alergi jika dibutuhkan.

4. Menggunakan obat dokter

tetes telinga

Telinga yang gatal dan disebabkan oleh infeksi atau kondisi kesehatan lainnya perlu diobati dengan obat dan perawatan dari dokter. Dengan mengobati penyakit pembawanya, kondisi telinga Anda juga akan berangsur membaik. Obat antihistamin, antibiotik, dan juga antijamur bisa diberikan sesuai dengan penyebabnya. Sementara itu, tetes telinga kortikosteroid juga cukup efektif untuk mengatasi gatal dan mengurangi peradangan.

Hal terpenting ialah selalu mengonsultasikan ke dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat untuk mengatasi telinga gatal. Jangan asal pakai salep atau obat tetes tanpa tahu kandungan dan fungsinya. Selain itu, jadwalkan pertemuan rutin dengan dokter THT untuk membantu menjaga kebersihan dan kesehatan telinga.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Itchy Ear (Inside Canal) Causes. Remedies and Treatment

https://www.healthhype.com/itchy-ear-inside-canal-causes-remedies-and-treatment.html accessed on August 3rd 2018

Why Do My Ears Itch?

https://www.webmd.com/cold-and-flu/ear-infection/why-do-my-ears-itch#1 accessed on August 3rd 2018

Remedies for Inner Ear Itching

https://www.livestrong.com/article/146111-remedies-for-inner-ear-itching/ accessed on August 3rd 2018

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh Widya Citra Andini
Tanggal diperbarui 03/02/2021
x