Penyebab Penis Berdarah Setelah Seks (Apakah Berbahaya?)

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Salah satu cara mudah untuk menjaga kesehatan penis adalah dengan membersihkan organ penting ini setiap Anda selesai buang air kecil atau berhubungan seks. Cara yang lain adalah dengan memerhatikan apa yang terjadi pada penis. Salah satu hal yang sering membuat resah para pria adalah saat penis mengeluarkan darah setelah seks. Bisa jadi ini pertanda dari kondisi yang lebih serius.

Dalam beberapa kasus penis berdarah, biasanya perdarahan akan berhenti dengan sendirinya, namun jika terus berlanjut atau terjadi sesuatu yang lebih buruk. Anda harus segera berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab perdarahan.

Apa penyebab penis mengeluarkan darah setelah seks?

Perdarahan dari penis biasanya berasal dari pembuluh darah rapuh di dalam prostat. Prostat membantu menghasilkan cairan yang menyuburkan dan melindungi sperma. Ketika terjadi ejakulasi, prostat mengeluarkan cairan ini menuju uretra. Cairan yang dikeluarkan akan mengalir bersama dengan sperma sebagai air mani.

Ejakulasi saat seks membuat prostat berkontraksi dan menyebabkan pembuluh darah di dalam prostat menjadi rapuh dan robek sehingga darah bercampur dengan air mani. Kondisi ini biasa disebut dengan hematospermia.

Tidak hanya setelah seks, penis keluar darah juga bisa Anda alami di awal atau di akhir saat buang air kecil. Seks tanpa ejakulasi, asupan makanan pedas yang berlebihan juga bisa menyebabkan penis Anda berdarah. Iritasi pada kelenjar prostat juga bisa menyebabkan inflamasi yang meningkatkan risiko perdarahan. Tidak hanya itu, alkohol, naik sepeda atau aktivitas serupa juga bisa meningkatkan risiko penis berdarah setelah seks.

Seiring bertambahnya usia, pembuluh darah di dalam prostat akan mengalami pembesaran dan lebih mudah robek. Antibiotik dan proscar biasa diresepkan untuk mengurangi gejala ini.

Terlalu bersemangat saat seks dan terlalu lama tidak berhubungan seks juga bisa menyebabkan penis berdarah setelah seks

Seorang pria yang telah lama tidak pernah berhubungan seks, biasanya akan rentan mengalami penis berdarah setelah seks. Pria yang mengalami hal ini akan merasa sakit saat ejakulasi dan mengeluarkan darah setelah selesai ejakulasi.

Ada berbagai kondisi yang menyebabkan penis berdarah setelah seks. Dalam kebanyakan kasus, iritasi pada prostat dan uretra karena aktivitas seksual menjadi penyebabnya. Hal ini terjadi karena seks yang terlalu ‘bersemangat’ atau si pria yang sangat jarang berhubungan seks. Istirahat biasanya bisa mengurangi gejala yang ditimbulkan karena kondisi ini.

Perdarahan ringan setelah berhubungan seks mungkin juga terjadi akibat inflamasi pada prostat, terutama jika terasa nyeri saat ejakulasi. Hal ini lebih sering terjadi pada pria yang lebih tua. Dokter akan melakukan pemeriksaan rutin untuk mengetahui apakah prostat dalam kondisi meradang atau rapuh. Jika nyeri ditemukan selama pemeriksaan, dokter akan melakukan tindakan untuk mencegah ‘kerusakan’ lebih lanjut.

Infeksi saluran kemih juga menyebabkan penis Anda mengeluarkan darah

Mengapa infeksi saluran kemih menyebabkan penis berdarah? Infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih, yaitu ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra, mengalami infeksi. Infeksi tersebut menyebabkan kerusakan, bengkak, serta perdarahan pada bagian-bagian sistem kemih tersebut sehingga urin yang dikeluarkan mengandung darah.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Penyebab Sperma Encer dan Cair, Apakah Normal?

Air mani encer bisa berarti tubuh Anda tidak memproduksi cukup sperma namun bukan berarti Anda tidak subur. Ini beberapa cara memperbaikinya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 15 Februari 2021 . Waktu baca 7 menit

Benarkah Ada Cara Membesarkan Penis yang Efektif? Cari Tahu di Sini!

Dari mulai krim, suplemen, pompa, hingga bedah plastik, diklaim bisa membesarkan ukuran penis. Namun, mana yang sebenarnya terbukti secara medis?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 10 Februari 2021 . Waktu baca 10 menit

4 Penyebab Penis Lecet dan Cara Mengatasinya

Sering kali penis lecet tak ada hubungannya dengan penyakit kelamin, tapi karena cedera atau gesekan tak disengaja. Bagaimana mengatasinya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Kesehatan Pria, Kesehatan Penis 4 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit

Kanker Tiroid

Kanker tiroid dapat terjadi baik dengan atau tanpa gejala. Supaya lebih mengenal gejala, penyebab, dan pengobatannya, simak ulasannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kanker, Penyakit Kanker Lainnya 1 Februari 2021 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

keluar air mani

Tiba-tiba Keluar Air Mani Padahal Tidak Terangsang, Kok Bisa?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 24 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
disunat

Disunat Atau Tidak, Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 17 Februari 2021 . Waktu baca 4 menit
cara kerja obat kuat

Ragam Obat Kuat Pria di Apotek, Apakah Bisa Bikin Tahan Lama di Ranjang?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 16 Februari 2021 . Waktu baca 9 menit
efek alkohol pada ereksi

Benarkah Alkohol Membuat Pria Sulit Ereksi?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 16 Februari 2021 . Waktu baca 3 menit