home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Apa Efeknya Bila Pria Minum Pil KB Wanita?

Apa Efeknya Bila Pria Minum Pil KB Wanita?

Pil KB adalah salah satu cara mencegah kehamilan yang paling banyak digunakan wanita. Nah, pernahkah Anda bertanya-tanya, apa efeknya jika pria minum pil KB wanita?

Pria juga punya hormon esterogen dan progesteron

Pil KB mengandung dua hormon, yaitu progesteron dan estrogen, yang keduanya diproduksi tubuh wanita secara alami. Ketika diminum dalam bentuk pil KB, hormon-hormon tersebut akan memengaruhi siklus menstruasi wanita dan mencegah kehamilan.

Sebenarnya, pria juga memiliki hormon estrogen dan progesteron. Namun, kedua hormon ini diproduksi dalam jumlah yang sedikit. Pada pria, hormon esterogen berperan untuk membantu proses pematangan sperma, sementara progesteron dibutuhkan untuk merangsang pembentukan hormon testosteron.

Efek yang muncul jika pria minum pil KB wanita

Jika seorang pria hanya minum satu atau dua pil KB, kecil kemungkinan akan menimbulkan efek pada tubuhnya. Akan tetapi, jika pria minum pil KB secara teratur dalam jangka waktu yang lama, ada berbagai efek samping yang bisa saja terjadi.

Kadar progesteron dan esterogen berlebih dalam tubuh pria dapat memengaruhi fungsi dan penampilan fisik organ seks mereka. Hal ini termasuk produksi jumlah sperma yang terlalu sedikit, menurunnya gairah seks, serta disfungsi ereksi dan ukuran testis yang menyusut. Beberapa pria juga dapat mengalami pembesaran payudara, yang dikenal sebagai ginekomastia.

Konsumsi pil KB secara berkelanjutan pada pria juga bisa menekan produksi testosteron. Kekurangan testosteron dapat memberikan dampak serius pada tubuh dalam jangka panjang. Banyak pria dengan testosteron sangat rendah memiliki tulang yang lemah dan rapuh sehingga berisiko mengalami osteoporosis dini.

Selain itu, kadar testosteron yang rendah juga dapat mengurangi massa otot di kaki, dada, dan lengan, serta mengurangi pertumbuhan rambut halus sehingga membuat penampilan fisik pria jadi lebih feminin. Bahkan, hal tersebut juga dapat membuat watak pria jadi lebih sensitif.

Pria yang minum pil KB wanita juga berisiko tinggi mengalami pengggumpalan darah terkait hormon, terutama pada pria yang merokok. Risiko terkena penyakit hati dan kantong empedu juga tinggi karena keterusan minum pil KB.

Jangan asal minum pil KB

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pria yang minum pil KB secara sembarang tanpa pengawasan dokter dapat gangguan sistem reproduksi dan gangguan fisik tubuh. Oleh sebab itu, apabila Anda seorang pria dan ada keinginan untuk minum pil KB wanita, sebaiknya pikirkan baik-baik sebelum melakukannya.

Pastikan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk keamanan dan keselamatan Anda.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

What Happens is a Guy Takes a Birth Control Pill? http://www.maineteenhealth.org/faqs/what-happens-if-a-guy-takes-a-birth-control-pill/ diakses pada 3 Januari 2019

Side Effects Man Taking Female Birth Control? – https://www.livestrong.com/article/99796-side-effects-men-taking-female/ diakses pada 3 Januari 2019

Will Man Use Birth Control Pill? https://www.healthline.com/health-news/will-men-use-new-male-birth-control-pill diakses pada 3 Januari 2019

I’m a man who wants to take birth control pills — What do I need to know? – https://goaskalice.columbia.edu/answered-questions/im-man-who-wants-take-birth-control-pills-%E2%80%94-what-do-i-need-know-0 diakses pada 3 Januari 2019

 

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui 15/01/2019
x