Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Sampai Gonore Bisa Sembuh Total? Apa Cirinya?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Februari 2018 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Gonore atau yang dalam bahasa awam sering disebut sebagai kencing nanah adalah penyakit kelamin menular yang diakibatkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeaeJika Anda telaten mengikuti pengobatan dan menuruti setiap anjuran dokter, berapa lama waktu yang dibutuhkan agar gonore bisa sembuh total? Seperti apa ciri gonore yang sudah sembuh? Simak jawabannya di bawah ini.

Apakah gonore bisa sembuh total?

Ya, gonore bisa sembuh total. Asalkan Anda benar-benar telaten minum obat dan mematuhi setiap instruksi dan pantangan yang diarahkan dokter. Obat yang paling umum diresepkan oleh dokter untuk mengobati gonore adalah antibiotik untuk membunuh bakterinya.

Gonore bisa disembuhkan dengan pemberian antibiotik suntik (Ceftriaxone) maupun antibiotik minum (azithromycin). Jika Anda diresepkan antibiotik, seluruh dosis obat harus benar-benar dihabiskan sesuai aturan — bahkan meski Anda sudah merasa baikan atau tidak lagi merasakan gejala gonore apapun.

Selama terapi, Anda juga biasanya akan diwanti-wanti untuk stop dulu berhubungan seks guna mencegah penularan ataupun terinfeksi kembali. Karena gonore adalah penyakit menular, kemungkinan dokter juga akan meminta pasangan Anda untuk ikut menjalani tes penyakit kelamin guna memastikan infeksi tidak menyebar.

Berapa lama gonore bisa sembuh setelah berobat?

Lama waktu yang dibutuhkan untuk gonore bisa sembuh total akan tergantung pada banyak hal. Misalnya saja, sudah berapa lama Anda mengidap gonore sebelum didiagnosis dan tingkat keparahan penyakit tersebut (dilihat dari gejala dan risiko komplikasinya). Dua faktor ini jugalah yang akan membantu dokter untuk menentukan jenis, dosis, dan durasi pemberian obat untuk Anda.

Jika berhasil dideteksi pada tahap awal (misalnya baru hanya saluran kemih saja yang terinfeksi), gejalanya akan mulai mereda dalam 24 jam dan gonore bisa sembuh sekitar dua hari setelah berobat — walaupun, sekali lagi, Anda harus terus minum obat Anda sampai batas waktu yang ditentukan oleh dokter.

Jika terlambat dideteksi, durasi pengobatan hingga sembuhnya tentu akan memakan waktu yang lebih lama. Pasalnya, infeksi kemungkinan telah menyebar luas dalam tubuh dan meningkatkan risiko komplikasi.

Terlebih jika antibiotik tidak dihabiskan. Tubuh Anda justru malah akan mengembangkan kekebalan terhadap bakteri penyakit, sebuah kondisi yang dinamakan resistensi antibiotik. Kondisi ini nantinya akan semakin menyebabkan bakteri penyebab gonore berkembang biak makin subur dan memperparah penyakit Anda. Ketika tubuh sudah terlanjur mengalami resistensi antibiotik, maka akan ada pengobatan lanjutan yang perlu Anda jalani. Ini membuat durasi pengobatan gonore makin panjang dan makin sulit disembuhkan.

Seperti ciri-ciri gonore yang sudah sembuh?

Gonore yang sudah sembuh ditandai dengan gejala yang mereda dan hilang total. Gonore pada pria sering ditandai dengan gejala nyeri saat buang air kecil, meningkatnya frekuensi buang air kecil, kencing seperti nanah dan pembengkakan pada penis. Sedangkan pada wanita gejala yang ditimbulkan adalah keputihan dari vagina, nyeri saat buang air kecil dan berhubungan seksual. Bila gonore sudah sembuh, gejala tersebut sudah tidak terasa lagi.

Umumnya dokter akan meminta Anda cek kesehatan lagi dalam 1-2 minggu setelah terapi antibiotik Anda selesai. Dokter akan kembali melakukan tes laboratorium dengan tes darah, tes cairan kelamin, atau tes urin untuk memastikan apakah bakteri masih bersemayam dalam tubuh. Gonore dikatakan sembuh total ketika sampel cairan tubuh tidak lagi menampakkan adanya bakteri penyebab gonore.

Namun ingat: Meskipun antibiotik menghentikan infeksi, obat gonore tidak akan membatalkan kerusakan permanen yang telah disebabkan oleh penyakit ini.

Kalkulator Masa Subur

Ingin Cepat Hamil? Cari tahu waktu terbaik untuk bercinta dengan suami lewat kalkulator berikut.

Kapan Ya?
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Infeksi Gonore Bisa Menyerang Mata Bayi, Apa Penyebabnya?

Gonore biasanya menyerang wanita dan pria dewasa. Namun ternyata, penyakit ini juga bisa menyerang bayi. Apa penyebab infeksi gonore pada bayi?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Laura Agnestasia Dj.
Penyakit Infeksi pada Anak, Kesehatan Anak, Parenting 27 Juli 2018 . Waktu baca 3 menit

Sembelit, Salah Satu Gejala Gonore yang Sering Luput dari Perhatian

Gejala gonore yang paling umum adalah rasa sakit dan panas saat buang air kecil. Akan tetapi, beberapa orang bisa mengalami sembelit juga. Kenapa begitu?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Seksual, Gonore 7 April 2018 . Waktu baca 3 menit

Mengenal Penyebab Kencing Nanah dan Cara Mencegahnya

Kencing nanah bisa menyerang pria dan wanita di segala usia. Agar terhindar dari penyakit kencing nanah (gonore), cari tahu penyebab dan cara mencegahnya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Seksual, Gonore 13 Februari 2018 . Waktu baca 6 menit

Berbagai Jenis Obat Kencing Nanah dan Panduan Perawatannya

Terapi antibiotik adalah obat kencing nanah (gonore) yang harus dijalani pasien agar bisa sembuh. Berikut ulasan mengenai perawatan dan pengobatannya.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Seksual, Gonore 9 Februari 2018 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

gatal di selangkangan

8 Penyebab Gatal di Selangkangan dan Cara Ampuh Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
uretritis non gonore

Uretritis Non-Gonore

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
uretritis gonore adalah

Uretritis Gonore

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 8 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
perbedaan klamidia dan gonore

Sama-sama Penyakit Seks Menular, Begini Cara Bedakan Gonore dan Klamidia

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 23 Mei 2019 . Waktu baca 5 menit