home
close

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Kita Bisa Ngidam Makanan Padahal Tidak Sedang Hamil?

Kenapa Kita Bisa Ngidam Makanan Padahal Tidak Sedang Hamil?

Apakah Anda pernah tiba-tiba menginginkan suatu makanan tertentu sampai rela mendatangi lokasi yang cukup jauh hanya untuk mendapatkannya? Rasanya seperti ngidam, bukan? Padahal Anda tak sedang hamil. Suatu survei bahkan berhasil mengungkapkan bahwa, hampir 91 persen wanita, mengalami ngidam berlebihan ini.

Ngidam atau yang dikenal juga dengan food craving ini adalah kondisi di mana Anda teramat sangat menginginkan untuk makan makanan tertentu. Kondisi ini dapat terjadi meskipun Anda tak sedang hamil dan bahkan tak sepenuhnya sedang lapar. Berikut beberapa fakta lain tentang ngidam ini.

Apa penyebab ngidam makanan saat sedang tidak hamil?

1. Mood dan suasana hati Anda

Dopamin adalah suatu senyawa yang mampu membuat Anda merasa nyaman dan bahagia. Menurut seorang ahli gizi, Jaime Mass, saat Anda menemukan suatu makanan tertentu yang mampu membuat tubuh Anda melepaskan dopamin, otak Anda akan mengirim sinyal kepada tubuh untuk menginginkan makanan tersebut di tiap kondisi yang sama.

Kondisi ini didukung oleh Adam Drewnowski, yang mengatakan bahwa berada dalam kondisi yang tak menyenangkan, atau bahkan kondisi yang mampu membuat Anda merasa tertekan, akan semakin memicu kebutuhan Anda akan jenis makanan tertentu. Ada yang akan langsung makan makanan pedas tiap kali merasa sedih, atau makan cokelat tiap kali merasa kesal, misalnya.

Begitu pula dengan survei yang dilakukan oleh Wansink, yang mengungkapkan bahwa dari 1.000 partisipan, 86 persen dari mereka akan ngidam makanan spesifik saat merasa senang, 52 persen saat mereka merasa bosan, serta 39 persen saat mereka merasa sedih atau kesepian.

2. Tubuh kekurangan nutrisi tertentu

Saat Anda ngidam makanan tertentu, bisa jadi hal tersebut terjadi karena tubuh Anda kekurangan nutrisi tertentu, seperti:

  • Saat Anda menginginkan makanan yang manis, tubuh Anda mungkin tengah mengalami fluktuasi gula darah. Namun, merespon kondisi ini dengan memakan sesuatu yang manis justru akan menyebabkan tubuh Anda menginginkan makanan manis tersebut lebih dan lebih lagi.
  • Saat Anda menginginkan makanan asin, ini bisa berarti bahwa kelenjar adrenal (kelenjar yang berada di atas ginjal Anda dan melepaskan hormon stres kortisol dan adrenalin) sedang berada dalam tekanan. Daripada mengatasinya dengan makan makanan yang asin, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Utah, melakukan meditasi atau pernapasan dalam, justru mampu mengurangi 25 persen dari hormon stres tersebut.

Ngidam makanan tak selalu harus dipenuhi

Meski kesannya sepele, ngidam yang dibiarkan berlarut-larut dapat berkembang menjadi suatu kecanduan makanan. Tak hanya alkohol, kecanduan makanan juga dapat berbahaya bagi Anda. Suatu kondisi disebut dengan kecanduan makanan, bila diikuti gejala:

  • Anda belakangan sering menginginkan makanan tersebut, bahkan saat Anda baru saja makan (masih dalam kondisi kenyang). Terlebih bila sekali Anda memakan makanan tersebut, Anda tak dapat berhenti untuk memakannya.
  • Anda merasa bersalah telah memakan makanan tersebut, namun Anda tetap tak dapat menahan diri untuk tidak memakannya lagi.
  • Anda mulai mencari-cari alasan agar Anda memakan makanan yang membuat Anda ngidam berlebihan tersebut.
  • Anda menyembunyikan kesukaan Anda terhadap makanan yang membuat Anda ngidam ini dari orang-orang sekitar Anda.

Bagaimana mengatasi ngidam yang sudah berlebihan?

  • Seorang ahli kelainan makan, Cynthia Bulik, menyarankan untuk mendengarkan musik atau bahkan membuat playlist tiap kali suasana hati sedang tidak senang atau sedang tertekan, atau saat Anda mulai merasa menginginkan makanan tertentu yang biasanya mampu memperbaiki suasana hati tersebut.
  • Seorang ahli gizi, Kathy McManu mengatakan bahwa menahan diri Anda memakan makanan tertentu justru akan semakin meningkatkan keinginan Anda untuk memakan makanan tersebut. Daripada Anda berjuang menahan diri untuk memakan makanan itu, lebih baik Anda tetap memakannya namun mengurangi porsinya.
  • Memiliki waktu tidur yang kurang dan kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti ngemil tiap nonton TV, juga dapat memicu ngidam. Sebaiknya, jauhi sumber godaannya, dengan tidak duduk dekat dapur saat menonton TV, misalnya.
health-tool-icon

Kalkulator Kebutuhan Kalori

Gunakan kalkulator ini untuk menentukan berapa kebutuhan kalori harian Anda berdasarkan tinggi, berat badan, usia, dan aktivitas sehari-hari.

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Theresia Evelyn Diperbarui 10/11/2020
Fakta medis diperiksa oleh Admin HHG
x