Waspada Daya Tubuh Menurun, Ini Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan!

    DISPONSORI OLEH:

    Waspada Daya Tubuh Menurun, Ini Tips Menjaga Kesehatan di Musim Hujan!

    Memasuki musim hujan, tubuh jadi rentan sakit? Kondisi seperti ini memang sering terjadi. Hal itu menunjukkan adanya keterkaitan sistem imun tubuh yang dapat menurun ketika musim hujan tiba. Kira-kira bagaimana penjelasan lengkapnya? Apakah ada tips untuk menjaga kesehatan di musim hujan? Simak ulasannya berikut ini!

    Hubungan antara perubahan musim dan kondisi tubuh rentan sakit

    Sakit dapat dialami seseorang kapan saja. Akan tetapi, saat perubahan musim, lingkungan cenderung lembap menyebabkan bakteri dan virus penyebab penyakit berkembang lebih cepat.

    Oleh karena itu, perubahan kondisi cuaca dapat mempengaruhi tubuh menjadi lebih rentan sakit. Berikut adalah beberapa alasan badan mudah sakit saat perubahan musim.

    1.Daya tahan atau imun tubuh melemah

    Tingginya aktivitas sehari-hari disertai dengan perubahan suhu dapat berpengaruh pada daya tahan tubuh (imunitas) seseorang. Suhu dingin dapat melemahkan sistem imun, sehingga membuat tubuh rentan sakit.

    2. Perubahan suhu ekstrem

    Tubuh selalu beradaptasi terhadap perubahan suhu. Akan tetapi, perubahan suhu yang cenderung ekstrem bisa membuat Anda rentan sakit bila tidak diikuti dengan daya tahan tubuh (imunitas) yang kuat.

    3. Paparan orang disekitar

    Udara dingin juga membuat orang biasanya lebih sering berada di ruangan bersama dengan keluarga atau lebih banyak orang.

    Saat kondisi Anda tidak fit akibat daya tahan tubuh yang lemah, dapat memberi ruang bagi virus, kuman, dan bakteri leluasa untuk menular lebih cepat dalam jarak dekat.

    Masalah kesehatan umumnya terjadi saat perubahan musim

    Ada beberapa penyakit saat musim hujan yang sering menyerang, seperti flu, batuk, demam, diare, tipes, demam berdarah (DBD), hingga malaria.

    Kondisi tersebut bisa terjadi dan mudah dialami seseorang dengan daya tahan tubuh (imunitas) yang lemah.

    Kondisi tersebut lebih mengkhawatirkan karena gejala penyakit musim hujan, tidak jauh beda dengan tanda terkena Covid-19. Saat ini, tren Covid-19 sedang menunjukkan tren yang meningkat.

    Oleh karenanya, memiliki daya tahan tubuh yang kuat selama perubahan musim sangat dianjurkan agar terhindar dari ancaman virus dan penyakit.

    Tips menjaga kesehatan di musim hujan

    Berikut ini beberapa tips menjaga kesehatan di musim hujan yang bisa dicoba.

    1.Tetap aktif bergerak

    Olahraga termasuk salah satu cara sederhana untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Mencoba yoga di rumah atau latihan kardio di tempat gym selama 30 menit setiap hari, sudah cukup untuk menjaga tubuh tetap fit selama musim hujan.

    2. Menjaga kebersihan

    Lakukan dengan langkah sederhana yang dimulai dari mencuci tangan yang benar. Gosok tangan dengan sabun setidaknya selama 20 detik, kemudian bilas secara menyeluruh dan keringkan tangan menggunakan handuk atau tisu.

    Jika tidak bisa mencuci tangan dengan sabun dan air, pilihlah cairan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen larutan alkohol untuk mematikan virus, bakteri, atau kuman.

    3. Istirahat yang cukup

    Tak hanya menghilangkan rasa kantuk, mencukupi waktu istirahat dan tidur dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

    Orang dewasa umumnya membutuhkan waktu tidur malam selama 7-9 jam setiap harinya. Kurang tidur bisa membuat tubuh terasa lelah dan sulit konsentrasi dan menurunkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh rentan terserang penyakit.

    4. Perbanyak konsumsi imunomodulator

    Untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit, jangan lupa mengonsumsi produk imunomodulator yang terbuat dari bahan herbal sehingga aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

    Nah, salah satu produk imunomodulator unggulan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah Stimuno Forte. STIMUNO Forte merupakan satu-satunya imunomodulator herbal bersertifikat Fitofarmaka.

    stimuno forte

    Terbuat dari ekstrak tanaman Phyllanthus niruri (Meniran) yang terstandisasi dan telah teruji preklinik dan klinik, membuat STIMUNO Forte aman dikonsumsi dalam jangka panjang dan membantu mengaktifkan sistem kekebalan tubuh agar daya tahan tubuh bekerja optimal.

    Dengan mengonsumsi 3 kali sehari sebanyak 1 kapsul, membantu menjaga tubuh tetap fit agar tetap dapat beraktivitasi setiap hari secara maksimal.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    4 Tips Tetap Sehat di Musim Hujan | Sehatnegeriku Kemenkes RI. (2017). Diakses pada 17 November 2022

    https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20170213/4519689/4-tips-tetap-sehat-musim-hujan/ 

    How to Stay Healthy During the Rainy Season | UNILAB. Diakses pada 17 November 2022

    https://www.unilab.com.ph/articles/how-to-stay-healthy-during-the-rainy-season 

    De La Salle Medical and Health Sciences Institute. | Common Rainy Day Illnesses. (2020). Diakses pada 17 November 2022

    https://www.dlshsi.edu.ph/dlsumc/health-advisory/common-rainy-day-illnesses 

    15 Tips to Stay Healthy during Rainy Season | SMARTERHEALTH. Diakses pada 17 November 2022

    https://www.unilab.com.ph/articles/how-to-stay-healthy-during-the-rainy-season 

    American Heart Association| Can the cold really make you sick?. (2021). Diakses pada 17 November 2022

    https://www.heart.org/en/news/2021/12/17/can-the-cold-really-make-you-sick 

    Can Weather Changes Make You Sick?|Cleveland Clinic. (2021). Diakses pada 17 November 2022

    https://health.clevelandclinic.org/can-weather-change-make-you-sick/

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Adelia Dwitasari Diperbarui 3 days ago
    Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto