Mengupas Manfaat dan Efek Samping Minyak Mustard

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 4 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Minyak mustard adalah hasil olahan dari biji tanaman mustard (sesawi). Minyak ini memiliki rasa kuat dan aroma tajam yang memberi ciri khas pada hidangan. Tidak hanya menambah cita rasa, berbagai zat dalam minyak mustard juga diyakini memberikan manfaat bagi kesehatan.

Mengulik lebih dalam manfaat minyak mustard

minyak esensial mengatasi endometriosis

Ada dua jenis minyak mustard yang dijual di pasaran. Minyak yang dibuat langsung dari biji tanaman mustard adalah minyak mustard murni. Minyak ini tidak boleh digunakan untuk memasak karena mengandung asam erucic yang berbahaya bagi jantung.

Jenis minyak yang kedua adalah minyak esensial mustard. Minyak esensial dibuat dengan menyuling uap biji mustard sehingga produk akhirnya tidak lagi mengandung asam erucic. Produk ini aman dikonsumsi sehingga bisa menjadi minyak alternatif untuk memasak.

Meskipun berbeda, minyak murni dan minyak esensial dari mustard sama-sama boleh digunakan sebagai minyak untuk pijat. Baik sebagai bahan masakan maupun minyak pijat, berikut sederet manfaat yang bisa Anda peroleh dari minyak mustard.

1. Meredakan peradangan

Sejak dahulu, minyak mustard sudah menjadi obat alami untuk radang sendi dan peradangan akibat pneumonia atau bronkitis. Minyak ini juga diyakini dapat meringankan radang dan gejala psoriasis.

Manfaat ini mungkin berasal dari senyawa aktif allyl isothiocyanate. Menurut sebuah penelitian dalam Journal of Cellular and Molecular Medicine, allyl isothiocyanate terbukti berpotensi meredakan peradangan pada sel-sel yang ditumbuhkan dalam laboratorium.

Selain itu, minyak mustard mengandung banyak asam lemak omega-3 dan asam alfa linoleat. Keduanya membantu meredakan peradangan dengan cara mengurangi stres oksidatif (radikal bebas) yang menyerang sel-sel tubuh.

2. Meredakan gejala pilek dan flu

Minyak mustard juga memiliki manfaat dalam mengatasi gejala gangguan pernapasan. Produk ini sering digunakan sebagai bahan alami untuk batuk, hidung mampet, dan berbagai gejala flu lainnya.

Anda dapat mencampurkan minyak mustard murni dengan produk pelega pernapasan berbentuk salep atau krim yang dioleskan ke dada. Atau, Anda juga bisa menambahkan minyak mustard ke dalam alat diffuser dan menghirup uapnya.

3. Menjaga kesehatan jantung

Zat lain yang banyak terkandung dalam minyak mustard adalah asam lemak tak jenuh. Lemak menyehatkan ini dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah, serta gula darah yang berpengaruh langsung terhadap kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menurut penelitian lainnya, mengurangi asupan lemak trans dan menggantinya dengan asam lemak tak jenuh juga membantu menurunkan low density lipoprotein (LDL). LDL adalah kolesterol jahat yang memicu pembentukan plak pada pembuluh darah.

Meski begitu, konsumsi minyak mustard secara berlebihan juga tidak disarankan. Anda dapat menggunakan minyak mustard sebagai alternatif untuk memasak, tapi sebaiknya tetap gunakan bergantian dengan jenis minyak yang lain.

4. Meredakan nyeri

Selain meredakan peradangan, allyl isothiocyanate dan asam alfa linoleat pada minyak mustard juga memiliki manfaat untuk mengurangi nyeri. Temuan ini dilaporkan dalam sebuah penelitian terhadap hewan dalam jurnal Scientific Reports.

Dalam studi tersebut, pemberian minyak mustard ke dalam air minum bisa menurunkan kepekaan saraf yang menghantarkan sinyal nyeri pada tubuh hewan. Dengan kata lain, pemberian minyak mustard dapat membantu mengurangi nyeri.

Penggunaan minyak mustard pada kulit manusia kemungkinan bisa meredakan nyeri akibat radang sendi dan penyakit sejenisnya. Akan tetapi, produk ini sebaiknya tidak digunakan dalam jangka panjang karena dapat memicu rasa terbakar pada kulit.

5. Memperlambat pertumbuhan kanker

Seperti manfaat minyak esensial lainnya, minyak mustard juga punya potensi menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker. Pada penelitian terdahulu, pemberian minyak mustard murni bisa menghambat pertumbuhan sel kanker pada usus besar tikus.

Menurut penelitian hewan lainnya, senyawa aktif dalam minyak ini dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker kandung kemih sebanyak 35 persen. Sel-sel kanker juga tidak bisa menyebar ke luar dinding otot kandung kemih.

Minyak mustard adalah produk yang kaya akan asam lemak tak jenuh serta beragam senyawa aktif. Kandungan inilah yang membuatnya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, baik sebagai bahan masakan ataupun minyak pijat.

Kendati punya banyak manfaat, minyak mustard sebagai minyak esensial aromaterapi juga bisa menimbulkan efek samping. Jadi, minyak ini sebaiknya tidak dikonsumsi atau digunakan secara berlebihan. Cukup gunakan minyak mustard sebagai alternatif dari produk serupa yang lain.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Efek Samping Aromaterapi yang Harus Diwaspadai

Terlepas manfaatnya bagi tubuh, romaterapi ternyata menyimpan efek buruk yang dapat merugikan kesehatan. Simak efek samping aromaterapi berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 6 Oktober 2020 . Waktu baca 4 menit

5 Tips Ajarkan Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

Tips ini akan membantu Anda menerapkan kebiasaan kesehatan gigi dan mulut pada anak sejak dini. Yuk, cari tahu apa saja caranya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Willyson Eveiro
Gigi Anak, Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 16 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

6 Jenis Minyak Esensial untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan bisa sangat mengganggu dan menyusahkan. Berbagai pengobatan pun Anda coba. Nah, sudahkah Anda menggunakan minyak esensial?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Pencernaan 13 Juni 2020 . Waktu baca 4 menit

Khasiat Minyak Esensial untuk Meredakan Stres

Pertolongan pertama saat stres: gunakan minyak esensial untuk meredakan stres. Apa saja jenis minyak esensial dan bagaimana cara menggunakannya?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan Mental, Stres dan Depresi 5 Juni 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat minyak amla

Segudang Khasiat Minyak Amla dari Menguatkan Akar Rambut Hingga Meredakan Sembelit

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat minyak kutus kutus

Benarkah Minyak Kutus Kutus Baik untuk Kesehatan? Cek Faktanya di Sini!

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
mengobati sakit kepala

5 Jenis Minyak Esensial untuk Meringankan Sakit Kepala dan Migrain

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
manfaat minyak argan untuk kecantikan

8 Manfaat Minyak Argan: Rahasia Cantik Gadis Timur Tengah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit