Cara Praktis Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Melakukan Perjalanan Jauh

    DISPONSORI OLEH:

    Cara Praktis Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Melakukan Perjalanan Jauh

    Pada dasarnya, menjaga daya tahan tubuh tidak hanya berlaku ketika Anda melakukan aktivitas harian di rumah atau di tempat kerja. Anda pun perlu menjaga daya tahan tubuh ketika sedang melakukan perjalanan jauh atau travelling.

    Pasalnya, meski terdengar menyenangkan, melakukan perjalanan jauh dapat rentan memicu menurunnya daya tahan tubuh akibat kelelahan. Berikut ini cara menjaga daya tahan tubuh saat bepergian.

    Cara praktis menjaga daya tahan tubuh saat bepergian

    Daya tahan tubuh yang menurun karena rasa lelah akibat padatnya jadwal bepergian jauh, menyebabkan tubuh lebih mudah terserang sejumlah penyakit.

    Hal inilah yang mewajibkan Anda untuk lebih ekstra dalam menjaga kekebalan tubuh selama bepergian.

    Berikut ini sejumlah cara praktis yang bisa Anda lakukan selama bepergian agar Anda tetap sehat selama perjalanan jauh.

    1. Cek kesehatan diri sebelum bepergian

    Terdengar sepele, tetapi cek kesehatan diri menjadi hal yang paling mendasar dalam melakukan perjalanan jauh.

    Pasalnya, dengan memperhatikan kondisi tubuh Anda sebelum melakukan perjalanan jauh, Anda bisa lebih mempersiapkan kebutuhan untuk menjaga daya tahan tubuh.

    Jika merasa tubuh sedang dalam kondisi bugar, Anda cukup menyiapkan kebutuhan seperti vitamin dan bekal makanan yang bergizi untuk mempertahankan kebugaran tubuh.

    Namun, jika Anda merasa tubuh tidak sebugar biasanya, sebaiknya persiapkan vitamin dan obat.

    Alangkah lebih baiknya lagi, jika Anda menunda perjalanan jauh hingga kondisi tubuh membaik dan sehat agar lebih siap melakukan perjalanan jauh.

    2. Cukupi kebutuhan cairan

    Asupan cairan menjadi salah satu faktor penting agar tubuh tetap bugar dan dapat melakukan aktivitas dengan baik.

    Jika tubuh kekurangan cairan, Anda cenderung susah konsentrasi dan mengalami lemas selama di perjalanan.

    Anda tak perlu khawatir jika akan sering buang air kecil akibat terlalu banyak minum air putih.

    Anda bisa membuat jadwal minum air putih setiap beberapa jam selama perjalanan agar waktu buang air kecil jadi lebih teratur.

    Selain itu, pastikan juga untuk selalu menyempatkan ke toilet agar hasrat buang air kecil tidak terlalu mengganggu perjalanan Anda.

    3. Sedia bekal sehat

    Selama dalam perjalanan, pastikan Anda tidak memilih makanan dan minuman secara sembarangan.

    Guna menjaga asupan makanan selama bepergian, sebaiknya bawalah bekal pribadi yang terdiri dari makanan bergizi dan camilan sehat seperti buah atau kacang-kacangan.

    Selain terjamin kebersihannya, bekal makanan sehat dapat membantu menguatkan tubuh agar tidak mudah lelah dan sakit.

    Membawa bekal pribadi pun dapat membantu menghemat pengeluaran Anda selama bepergian.

    4. Lakukan protokol kesehatan

    Meski perjalanan jauh sudah mulai diperbolehkan kembali, Anda tetap diwajibkan untuk menerapkan protokol kesehatan.

    Pastikan Anda selalu menggunakan masker dan sedia masker cadangan selama bepergian, serta menjaga jarak dengan orang lain.

    Selain itu, selalu pastikan kebersihan diri Anda dengan rajin mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, serta sedia hand sanitizer selama di perjalanan.

    Lengkapi dosis vaksin dan booster Covid-19 agar terhindar dari risiko penularan virus.

    5. Sedia herbal untuk daya tahan tubuh

    Guna menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh selama bepergian, tak ada salahnya jika Anda mengonsumsi bahan herbal alami yang aman dan praktis untuk dikonsumsi.

    Anda bisa memilih produk herbal yang mengandung bahan-bahan berkhasiat untuk memelihara daya tahan tubuh.

    Dikutip dari Elsevier Public Health Emergency Collection, bahan-bahan herbal yang bisa membantu menjaga daya tahan tubuh, yaitu:

    • Kunyit,
    • Temulawak,
    • Kayu manis,
    • Jahe, dan
    • Kencur.

    Bahan-bahan tersebut bisa Anda dapatkan secara mudah dan praktis dalam sediaan kapsul seperti Sido Muncul HerbaMix5.

    Varian herbal dari Sido Muncul Natural yang memiliki kandungan 5 in 1 Formula yaitu kunyit, temulawak, kayu manis, jahe, dan kencur.

    Sido Muncul HerbaMix5 hadir sebagai Inovasi Empon-empon Nusantara yang memiliki perpaduan 5 herbal untuk membantu memelihara kesehatan dan daya tahan tubuh.

    Sido Muncul HerbaMix5 bisa dikonsumsi 2 x 1 kapsul sehari, mudah dan praktis untuk membantu menjaga daya tahan tubuh selama bepergian.

    Sido Muncul sebagai perusahaan jamu terbesar di Indonesia, telah berpengalaman lebih dari 70 tahun dalam memproduksi produk herbal.

    Proses produksi dilakukan di pabrik modern dan higienis berstandar GMP (Good Manufacturing Practices), serta telah melalui uji laboratorium bersertifikasi ISO.

    Tahapan ekstraksi dilakukan dengan suhu rendah di bawah 60 derajat celsius agar zat aktif yang terkandung tetap stabil.

    Selain itu, semua produk sudah memiliki sertifikat halal. Ini merupakan komitmen Sido Muncul untuk memastikan agar semua produk terjamin kualitasnya.

    sido muncul herbamix5

    Selain Sido Muncul HerbaMix5, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat kesehatan lewat varian herbal unggulan dari Sido Muncul Natural seperti Sambiloto, Sari Kunyit, Garlic, Bilberry Carrot, Ginkgo Biloba, dan Tolak Angin Mint Soft Capsule. Sido Muncul Natural juga memiliki beragam varian suplemen seperti Vitamin D3, Vitamin E, Fish Oil, dan Coenzyme Q10.

    Sido Muncul HerbaMix5 dan rangkaian produk Sido Muncul Natural lainnya bisa Anda dapatkan di Watsons, Boots, Apotek Wellings, Ranch Market, Farmers Market, AEON Supermarket, Viva Health, dan apotek terdekat.

    Bila Anda ingin berbelanja online, produk ini tersedia di website e-commerce resmi Sido Muncul di www.sidomunculstore.com atau marketplace via Official Store Sido Muncul di Tokopedia, Shopee, Blibli, Bukalapak, Lazada, dan JD.id.

    Selalu perhatikan daya tahan tubuh terutama saat melakukan perjalanan jauh. Yuk, lakukan tips tersebut agar Anda tetap bugar selama bepergian!

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Herbal plants as immunity modulators against COVID-19: A primary preventive measure during home quarantine. (2022). Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC8340568/ 

    Liburan Aman Di masa Pandemi. (2020). Retrieved from https://promkes.kemkes.go.id/liburan-aman-di-masa-pandemi 

    Overseas travel – health tips. (2022). Retrieved from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/travel-health-tips 

    Staying healthy when travelling overseas. (2019). Retrieved from https://www.health.nsw.gov.au/Infectious/factsheets/Pages/staying-healthy-when-travelling-overseas.aspx 

    Survival guide to safe and healthy travel | Travelers’ health | CDC. (2020). Retrieved from https://wwwnc.cdc.gov/travel/page/survival-guide 

    Travel health advice. (2022). Retrieved from https://www.healthdirect.gov.au/travel-health-advice

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh Diva Mosaik Lintang Diperbarui Aug 18
    Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto