Manfaat Mengonsumsi Minuman Energi Saat Bepergian Jauh

    Manfaat Mengonsumsi Minuman Energi Saat Bepergian Jauh

    Melakukan perjalanan jauh yang biasanya bisa memakan waktu selama berjam-jam, dapat membuat tubuh kita menjadi kelelahan dan energi berkurang, di saat tingkat energi berkurang, kita akan merasa lelah, kurang semangat dan kemampuan berpikir atau konsentrasi menjadi menurun. Tak heran jika sebagian orang mengonsumsi minuman energi untuk perjalanan jauh. Namun, benarkah ada manfaatnya? Berikut ulasannya.

    Penggunaan minuman energi untuk perjalanan jauh

    Minuman energi merupakan jenis minuman yang mengandung sebagian besar zat stimulan seperti kafein dan asam amino taurin dan vitamin.

    Kandungan dalam minuman ini umumnya dikonsumsi untuk memberikan energi ekstra pada tubuh sehingga bisa meningkatkan daya fokus dan daya konsentrasi.

    Selain itu, vitamin di dalamnya juga dapat menjaga metabolisme tubuh selama beraktivitas.

    Anda bisa saja menjadikan minuman energi sebagai salah satu pilihan asupan berupa suplemen yang dikonsumsi selama melakukan perjalanan jauh.

    Asalkan, Anda tidak memiliki masalah medis tertentu dan diminum sesuai anjuran yang ditentukan.

    Manfaat minuman energi untuk perjalanan jauh

    Selama dikonsumsi dalam takaran yang benar, minuman energi dapat memberikan sejumlah manfaat untuk Anda saat melakukan perjalanan jauh.

    1. Menambah tenaga agar tidak mudah lelah

    Sebagian besar orang merasakan sensasi tubuh segar setelah mengonsumsi minuman energi.

    Efek menyegarkan pada minuman energi ini sebenarnya lebih disebabkan oleh adanya kandungan kafein di dalamnya.

    Oleh karena itu, minuman berenergi tak hanya dapat memberikan efek menyegarkan, tapi juga diklaim dapat mengurangi kelelahan pada saat bekerja keras, bahkan melakukan perjalanan jauh.

    Selain itu, minuman berenergi kaya akan kandungan vitamin B, seperti vitamin B3, B6, Provitamin B5, dan B12.

    Vitamin-vitamin tersebut berperan dalam proses perubahan lemak menjadi energi di tubuh.

    Oleh karena energi yang diproduksi tubuh lebih banyak, kinerja dan produktivitas sehari-hari pun dapat meningkat dan tubuh tidak mudah lelah.

    2. Meningkatkan daya fokus dan konsentrasi

    Kandungan kafein di dalam minuman energi merupakan salah satu jenis senyawa antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan.

    Efek ini tentu saja bermanfaat untuk Anda yang sedang bepergian jauh agar tetap fokus selama berada di dalam perjalanan.

    Namun, manfaat kafein di dalam minuman energi akan bekerja dengan baik jika Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

    Oleh karena itu, pastikan Anda mengonsumsinya sesuai takaran yang dianjurkan dan tidak mengonsumsinya bersamaan dengan asupan berkafein lainnya, agar Anda tidak mengalami overdosis kafein.

    3. Menjaga produktivitas

    Selain diperkaya kandungan kafein dan vitamin B, minuman energi umumnya juga memiliki kandungan taurin.

    Kandungan taurin di dalam minuman energi mampu meningkatkan performa fisik saat berolahraga atau bekerja sehingga orang yang mengonsumsinya bisa lebih produktif.

    Hal ini bisa saja berlaku juga saat Anda melakukan perjalanan jauh. Mengonsumsi minuman energi selama bepergian bisa membantu menambah asupan energi Anda sehingga produktivitas bisa terjaga selama perjalanan.

    4. Mendukung metabolisme tubuh

    Kandungan vitamin B dan taurin bekerja dalam proses metabolisme tubuh sehingga membantu menjaga kebugaran.

    Tak hanya vitamin B dan taurin saja, kandungan inositol dalam minuman energi nyatanya juga dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh.

    Hal ini baik agar tubuh Anda tetap bugar selama melakukan perjalanan jauh.

    Cara tepat mengonsumsi minuman energi

    Minuman berenergi memang dapat memberi sejumlah manfaat bagi tubuh, termasuk ketika Anda sedang bepergian.

    Namun, fungsi minuman energi juga dapat menurun jika dikonsumsi terlalu banyak. Sebaiknya jangan mengonsumsi minuman energi melebihi satu atau dua porsi per hari.

    Anda juga sangat tidak disarankan untuk mencampurnya dengan minuman alkohol.

    Selain itu, carilah merek minuman energi yang merupakan suplemen kesehatan dan menyediakan informasi bahan dan nutrisi pada label kemasannya.

    Hal ini bertujuan agar Anda dapat memastikan apa saja kandungan di dalamnya sebelum dikonsumsi.

    Jika Anda memiliki masalah kesehatan tertentu, misalnya seperti penyakit jantung, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengonsumsi minuman energi.

    Anda juga disarankan untuk mengimbangi konsumsi minuman energi dengan asupan cairan yang cukup serta makanan yang bergizi dan bernutrisi.

    Hal tersebut perlu dilakukan supaya tubuh tetap terhidrasi dengan baik dan tetap mendapatkan asupan energi dari makanan.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Sumber

    Energy Drink Consumption: Beneficial and Adverse Health Effects. (2015). Retrieved from https://pdfs.semanticscholar.org/e762/012537e522cb6e32a4e2033ab8116032d824.pdf?_ga=2.82698640.724231711.1661318831-314478448.1661318831 

    Energy drink consumption: Beneficial and adverse health effects. (2015). Retrieved from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4682602/ 

    Energy drinks. (2022). Retrieved from https://youngmenshealthsite.org/guides/energy-drinks/ 

    Overseas travel – health tips. (2022). Retrieved from https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/healthyliving/travel-health-tips 

    Travel health advice. (2022). Retrieved from https://www.healthdirect.gov.au/travel-health-advice

    Foto Penulisbadge
    Ditulis oleh dr. Anton Tanjung Diperbarui Sep 29