home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Sering Menguap Tiba-Tiba? Coba Lakukan Tips Sederhana Ini

Sering Menguap Tiba-Tiba? Coba Lakukan Tips Sederhana Ini

Apakah Anda sering menguap tiba-tiba? Menguap adalah hal alami yang dapat terjadi setiap saat. Kegiatan ini sering Anda tidak sadari karena termasuk kegiatan involuntary dan diatur langsung oleh pusat saraf. Menurut beberapa penelitian, menguap juga tidak melulu karena Anda kurang tidur – walaupun memang penyebab utamanya karena hal tersebut – tetapi juga bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya otak kekurangan oksigen, atau berbagai penyakit lain juga bisa ditandai dengan menguap.

Karena tidak disadari dan datang tiba-tiba, menguap sering kali muncul saat momen-momen penting terjadi, seperti ketika sedang rapat bersama atasan atau saat melakukan presentasi penting di depan orang banyak. Tentu saja hal ini akan membuat Anda malu dan orang-orang di sekitar Anda menjadi tidak nyaman. Lalu bagaimana cara untuk mencegah agar Anda tidak sering menguap atau menguap tiba-tiba di waktu yang tidak tepat?

Bagaimana cara mencegah agar tidak sering menguap di depan orang banyak?

1. Menarik napas dalam-dalam

Ambil napas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Beberapa peneliti menyatakan bahwa orang yang menguap disebabkan karena kekurangan oksigen. Oleh karena itu, menarik napas dalam-dalam memberikan kesempatan tubuh Anda untuk mendapatkan oksigen dalam jumlah yang lebih banyak.

2. Sempatkan diri untuk minum minuman yang dingin

Seperti yang telah dijelaskan bahwa sering menguap atau menguap tiba-tiba merupakan respon tubuh untuk mendinginkan otak. Sehingga, jika Anda merasa Anda akan menguap, segeralah minum minuman yang dingin. Tetapi jika Anda berada di ruangan atau kondisi yang tidak mengizinkan Anda minum, maka memegang botol minum yang dingin juga dapat mencegah Anda menguap.

3. Makan makanan ringan yang dingin

Konsepnya hampir sama dengan minum minuman dingin. Makanan yang dingin dapat mencegah Anda menjadi sering menguap. Coba untuk mendinginkan beberapa makanan seperti buah-buahan atau yogurt, kemudian mengonsumsinya ketika Anda merasa ingin menguap.

4. Menggunakan kompres dingin

Jika minuman dan makanan yang dingin tidak berhasil mencegah Anda sering menguap, maka cobalah untuk mengompres kepala Anda dengan kompres dingin dan lihat apakah kebiasaan menguap Anda berhenti atau tidak.

Dari beberapa tips yang disebutkan memang yang bisa Anda lakukan ketika berada di depan umum adalah mengambil napas dalam-dalam lalu mengeluarkannya melalui mulut dan memegang botol air dingin. Tetapi jika Anda menyadari bahwa Anda sering menguap, berarti Anda harus mengubah pola hidup Anda agar tidak menguap terus-menerus, apalagi menguap di saat yang tidak tepat.

Mengubah pola hidup dapat mencegah Anda sering menguap di waktu yang tidak diinginkan

Pertama, berlatih bernapas. Hal ini penting dilakukan agar tubuh bisa maksimal mendapatkan oksigen. Menguap terjadi karena tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Hal yang Anda harus lakukan adalah:

  • Mencari posisi yang nyaman untuk berlatih, lalu tempatkan satu tangan Anda di bagian dada dan satu tangan lainnya di bagian perut.
  • Kemudian tarik napas dalam-dalam. Saat mengambil napas, Anda harus memastikan bahwa tangan yang ada di bagian perut akan secara otomatis bergerak naik mengikuti otot perut, sementara tangan yang di bagian dada harus tetap dan tidak bergerak.
  • Ulangi hal ini lima sampai sepuluh kali dan lakukan setiap hari.

Kedua, tidur dengan jadwal yang teratur. Biasakanlah untuk tidur selama 7-8 jam per malam, lalu jadwalkan kapan Anda harus tidur dan bangun setiap harinya. Hal ini akan membuat tubuh memiliki jadwalnya sendiri.

Ketiga, olahraga secara rutin. Gaya hidup sedentari – tidak melakukan aktivitas sama sekali – justru meningkatkan kelelahan pada tubuh. biasakanlah untuk melakukan olahraga 30 menit dalam satu hari.

Keempat, mengonsumsi makanan sehat. Makanan mempengaruhi jumlah energi di dalam tubuh. Terlalu sedikit atau banyak makan akan membuat tubuh menjadi kekurangan energi dan kemudian lelah. Hal ini tentu saja akan membuat Anda menjadi sering menguap.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Medlineplus. (2017). Yawning – excessive: MedlinePlus Medical Encyclopedia. [online] Medlineplus.gov. Available at: https://medlineplus.gov/ency/article/003096.htm  [Accessed 25 Jan. 2017].

Science, L. (2017). Why Do I Yawn When I’m Not Tired? | Tips to Prevent Yawning. [online] Live Science. Available at: http://www.livescience.com/36110-yawn-contagious.html  [Accessed 25 Jan. 2017].

wikiHow. (2017). How to Stop a Yawn. [online] Available at: http://www.wikihow.com/Stop-a-Yawn  [Accessed 25 Jan. 2017].

WebMD. (2017). Why We Yawn. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/brain/news/20110923/why-we-yawn  [Accessed 25 Jan. 2017].

 

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M
Tanggal diperbarui 27/01/2017
x