Sering Menguap Tiba-Tiba? Coba Lakukan Tips Sederhana Ini

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda sering menguap tiba-tiba? Menguap adalah hal alami yang dapat terjadi setiap saat. Kegiatan ini sering Anda tidak sadari karena termasuk kegiatan involuntary dan diatur langsung oleh pusat saraf. Menurut beberapa penelitian, menguap juga tidak melulu karena Anda kurang tidur – walaupun memang penyebab utamanya karena hal tersebut – tetapi juga bisa terjadi karena beberapa hal, misalnya otak kekurangan oksigen, atau berbagai penyakit lain juga bisa ditandai dengan menguap.

Karena tidak disadari dan datang tiba-tiba, menguap sering kali muncul saat momen-momen penting terjadi, seperti ketika sedang rapat bersama atasan atau saat melakukan presentasi penting di depan orang banyak. Tentu saja hal ini akan membuat Anda malu dan orang-orang di sekitar Anda menjadi tidak nyaman. Lalu bagaimana cara untuk mencegah agar Anda tidak sering menguap atau menguap tiba-tiba di waktu yang tidak tepat?

Bagaimana cara mencegah agar tidak sering menguap di depan orang banyak?

1. Menarik napas dalam-dalam

Ambil napas melalui hidung dan keluarkan melalui mulut. Beberapa peneliti menyatakan bahwa orang yang menguap disebabkan karena kekurangan oksigen. Oleh karena itu, menarik napas dalam-dalam memberikan kesempatan tubuh Anda untuk mendapatkan oksigen dalam jumlah yang lebih banyak.

2. Sempatkan diri untuk minum minuman yang dingin

Seperti yang telah dijelaskan bahwa sering menguap atau menguap tiba-tiba merupakan respon tubuh untuk mendinginkan otak. Sehingga, jika Anda merasa Anda akan menguap, segeralah minum minuman yang dingin. Tetapi jika Anda berada di ruangan atau kondisi yang tidak mengizinkan Anda minum, maka memegang botol minum yang dingin juga dapat mencegah Anda menguap.

3. Makan makanan ringan yang dingin

Konsepnya hampir sama dengan minum minuman dingin. Makanan yang dingin dapat mencegah Anda menjadi sering menguap. Coba untuk mendinginkan beberapa makanan seperti buah-buahan atau yogurt, kemudian mengonsumsinya ketika Anda merasa ingin menguap.

4. Menggunakan kompres dingin

Jika minuman dan makanan yang dingin tidak berhasil mencegah Anda sering menguap, maka cobalah untuk mengompres kepala Anda dengan kompres dingin dan lihat apakah kebiasaan menguap Anda berhenti atau tidak.

Dari beberapa tips yang disebutkan memang yang bisa Anda lakukan ketika berada di depan umum adalah mengambil napas dalam-dalam lalu mengeluarkannya melalui mulut dan memegang botol air dingin. Tetapi jika Anda menyadari bahwa Anda sering menguap, berarti Anda harus mengubah pola hidup Anda agar tidak menguap terus-menerus, apalagi menguap di saat yang tidak tepat.

Mengubah pola hidup dapat mencegah Anda sering menguap di waktu yang tidak diinginkan

Pertama, berlatih bernapas. Hal ini penting dilakukan agar tubuh bisa maksimal mendapatkan oksigen. Menguap terjadi karena tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Hal yang Anda harus lakukan adalah:

  • Mencari posisi yang nyaman untuk berlatih, lalu tempatkan satu tangan Anda di bagian dada dan satu tangan lainnya di bagian perut.
  • Kemudian tarik napas dalam-dalam. Saat mengambil napas, Anda harus memastikan bahwa tangan yang ada di bagian perut akan secara otomatis bergerak naik mengikuti otot perut, sementara tangan yang di bagian dada harus tetap dan tidak bergerak.
  • Ulangi hal ini lima sampai sepuluh kali dan lakukan setiap hari.

Kedua, tidur dengan jadwal yang teratur. Biasakanlah untuk tidur selama 7-8 jam per malam, lalu jadwalkan kapan Anda harus tidur dan bangun setiap harinya. Hal ini akan membuat tubuh memiliki jadwalnya sendiri.

Ketiga, olahraga secara rutin. Gaya hidup sedentari – tidak melakukan aktivitas sama sekali – justru meningkatkan kelelahan pada tubuh. biasakanlah untuk melakukan olahraga 30 menit dalam satu hari.

Keempat, mengonsumsi makanan sehat. Makanan mempengaruhi jumlah energi di dalam tubuh. Terlalu sedikit atau banyak makan akan membuat tubuh menjadi kekurangan energi dan kemudian lelah. Hal ini tentu saja akan membuat Anda menjadi sering menguap.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kuku Pendek vs Kuku Panjang: Mana yang Lebih Baik untuk Kesehatan?

Memanjangkan kuku seringkali menjadi pilihan bagi kaum hawa untuk mempercantik diri. Namun, kuku yang panjang ternyata memiliki segelintir risiko.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 22 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Deodoran Tidak Mempan Kurangi Bau Badan? Atasi Dengan Bahan Alami Berikut Ini

Masalah bau badan tak sedap bikin kurang pede? Tenang, dua bahan alami ini bisa membantu mengurangi bau badan ketika deodoran saja tidak mempan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Marsha Desica Arsanta
Kebersihan Diri, Hidup Sehat 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

6 Kesalahan Saat Olahraga Lari yang Wajib Dihindari

Berlari tidak boleh sembarangan. Ada sejumlah kesalahan saat lari yang patut dihindari supaya waktu berolahraga Anda tak terbuang sia-sia.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Olahraga Kardio, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan di Malam Hari

Olahraga malam hari bisa membantu Anda tidur nyenyak dan menghindarkan diri dari sengatan sinar matahari. Berikut 4 olahraga untuk dilakukan di malam hari.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Olahraga Lainnya, Kebugaran 21 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

polip hidung

Penyebab dan Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Alias Mampet

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit
mencium bau

Sering Mencium Sesuatu Tapi Tak Ada Wujudnya? Mungkin Anda Mengalami Phantosmia!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit
penis bengkok

Bisakah Penis yang Bengkok Diluruskan Kembali?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 22 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit