backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

1

Tanya Dokter
Simpan

Catat, Ini 4 Cara Mengatasi Hipotiroid Secara Alami Tanpa Obat

Ditinjau secara medis oleh dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H. · General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Ocha Tri Rosanti · Tanggal diperbarui 17/05/2022

Catat, Ini 4 Cara Mengatasi Hipotiroid Secara Alami Tanpa Obat

Hampir semua pasien hipotiroid dianjurkan untuk minum obat hipotiroid setiap hari. Sayangnya, tidak sedikit pasien yang sering lupa minum obat sehingga gejalanya jadi sering kambuh. Jika Anda termasuk salah satunya, sebaiknya pertimbangkan untuk mengatasi hipotiroid secara alami dengan cara menerapkan gaya hidup sehat.

Apa saja hal yang harus Anda perhatikan dan bagaimana cara mengawalinya? Simak informasinya berikut ini.

Cara alami mengatasi gejala hipotiroid yang kambuh

tanda dan gejala hipotiroidisme

Meskipun bisa membantu mengendalikan gejala, perubahan gaya hidup sehat tetap tidak bisa menggantikan obat hipotiroid yang diberikan oleh dokter Anda.

Anda tetap dianjurkan untuk minum obat hipotiroid secara teratur, mengonsumsi makanan untuk pengidap hipotiroid, dan menyeimbangkannya dengan pola hidup sehat supaya metabolisme tubuh tetap terjaga.

Nah, berikut ini cara mengatasi hipotiroid secara alami yang bisa Anda lakukan dengan mudah.

1. Atur pola makan

Seorang ahli gizi dari New York, Natalie Rizzo, RD, mengungkapkan kepada Everyday Health bahwa gejala hipotiroid bisa sering kambuh dan semakin parah karena pola makan yang salah.

Selain itu, kebiasaan makan tidak teratur juga dapat menaikkan berat badan Anda dan memperparah gejala hipotiroid.

Nah, salah satu cara mengatasi hipotiroid secara alami ialah memilih jenis makanan yang tepat. Inilah daftar makanan yang harus dikonsumsi dan hindari untuk mengatasi hipotiroid secara alami.

Makanan yang dianjurkan

diet tinggi serat

Sebenarnya, tidak ada makanan khusus yang bisa membantu kelenjar tiroid dalam memproduksi hormon ataupun mengobati masalah kesehatan ini hingga tuntas.

Namun, memang ada beberapa makanan yang harus dikonsumsi oleh pengidap penyakit tiroid supaya gejalanya lebih mudah dikendalikan.

Caranya dengan memperbanyak makan sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, omega-3, dan serat. Semua jenis makanan ini dapat membantu menguatkan sistem imun sehingga Anda terhindar dari berbagai penyakit.

Makanan tinggi serat dapat membantu penyerapan obat hipotiroid jadi lebih maksimal di dalam tubuh. Sementara itu, sayuran dan buah-buahan kaya akan antioksidan yang efektif melawan stres oksidatif pada pengidap hipotiroid.

Makanan yang harus dihindari

Bukan hanya fokus pada makanan yang harus dikonsumsi, Anda juga harus membatasi makanan tertentu sebagai cara mengobati gejala hipotiroid secara alami.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang perlu Anda batasi.

  • Sayuran berbonggol (cruciferous) contohnya pakcoy, brokoli, dan kubis. Sayuran ini mengandung senyawa goitrin yang dapat mengganggu sintesis hormon tiroid.
  • Makanan tinggi garam, misalnya kentang goreng dan makanan instan. Orang dengan hipotiroid berisiko tinggi terkena hipertensi sehingga harus membatasi asupan garam dari makanan.
  • Makanan yang terbuat dari kedelai seperti kacang kedelai, tepung kedelai, susu kedelai, dan edamame. Kedelai dapat menurunkan efektivitas obat tiroid sehingga tidak dapat diserap secara maksimal.

2. Olahraga teratur

keuntungan yoga

Olahraga teratur juga penting dilakukan. Pasalnya, olahraga berperan layaknya obat stres alami yang juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke kelenjar tiroid.

Anda bisa memilih jenis olahraga apa pun yang disukai. Entah itu jalan kaki, jogging, berenang, basket, yoga, dan sebagainya. Namun, sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kesehatan Anda, ya.

Cara mengatasi hipotiroid secara alami ini dapat Anda mulai dengan olahraga yang ringan terlebih dahulu seperti jogging atau yoga, setidaknya 150 menit per minggu (setengah jam setiap hari, lima hari seminggu).

Jika tubuh Anda sudah mampu menyesuaikan diri dengan ritmenya, barulah Anda bisa mencoba olahraga intensitas sedang atau berat secara bertahap.

Penting untuk berkonsultasi lebih dulu ke dokter sebelum Anda mulai olahraga. Dokter akan menilai kondisi kesehatan Anda terlebih dahulu dan menyarankan jenis olahraga yang sesuai dengan kesehatan Anda.

3. Hindari merokok

Sudah bukan rahasia lagi bila rokok berdampak buruk bagi tubuh sehingga wajib dihindari. Bagaimana tidak, rokok sudah jelas mengandung banyak zat berbahaya yang dapat merusak setiap organ tubuh secara perlahan, bahkan berisiko menyebabkan kematian.

Dalam kasus hipotiroid sendiri, bahan kimia dalam rokok dapat mengganggu produksi hormon tiroid. Selain itu, kandungan zat berbahaya dalam rokok juga dapat menghambat penyerapan obat tiroid sehingga jadi kurang efektif.

4. Kendalikan stres

Stres sedikit saja bisa memperlambat metabolisme tubuh Anda sehingga gejala hipotiroid jadi tidak terkendali dan semakin parah.

Anda bisa mengatasi gejala hipotiroid secara alami dengan cara meluangkan waktu untuk menenangkan diri dari stres berkepanjangan.

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres, misalnya jalan-jalan, mendengarkan musik, menonton film, meditasi, yoga, dan melakukan hal-hal favorit Anda.

Semakin mudah Anda mengendalikan stres fisik maupun pikiran, produksi hormon tiroid dalam tubuh jadi semakin lancar. Alhasil, tubuh Anda pun jadi lebih sehat dan kuat meski mengidap hipotiroid.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Mikhael Yosia, BMedSci, PGCert, DTM&H.

General Practitioner · Medicine Sans Frontières (MSF)


Ditulis oleh Ocha Tri Rosanti · Tanggal diperbarui 17/05/2022

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan