4 Tips Mengatasi Gejala Hipotiroid, di Samping Pakai Obat

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 22 Januari 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Hampir semua pasien hipotiroid dianjurkan untuk minum obat hipotiroid setiap hari, bahkan sampai seumur hidup. Sayangnya, tidak sedikit pasien yang sering kelupaan minum obat sehingga gejalanya jadi sering kambuh. Jika Anda termasuk salah satunya, sebaiknya seimbangkan juga dengan gaya hidup sehat dan alami supaya gejala hipotiroid tidak semakin parah. Lantas, adakah cara mengatasi hipotiroid secara alami di samping minum obat?

Cara mengatasi hipotiroid kambuh secara alami

Meskipun bisa membantu mengendalikan gejala hipotiroid, perubahan gaya hidup sehat tetap tidak bisa menggantikan obat hipotiroid yang diberika oleh dokter Anda. Ya, Anda tetap dianjurkan untuk minum obat hipotiroid secara teratur, lalu diseimbangkan dengan pola hidup sehat supaya metabolisme tubuh Anda tetap terjaga.

Nah, berikut ini cara mengatasi hipotiroid yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan alami.

1. Atur pola makan

tinggi serat

Seorang ahli gizi dari New York, Natalie Rizzo, RD mengungkapkan kepada Everyday Health bahwa gejala hipotiroid bisa sering kambuh dan semakin parah karena pola makan yang salah. Selain itu, kebiasaan makan tidak teratur juga dapat menaikkan berat badan Anda dan memperparah gejala hipotiroid.

Nah, salah satu cara mengatasi hipotiroid alami yang paling penting untuk Anda lakukan adalah memilih jenis makanan yang tepat. Inilah daftar makanan yang harus dikonsumsi dan hindari untuk mengatasi hipotiroid.

Makanan yang dianjurkan

Sebetulnya, tidak ada makanan khusus yang bisa menaikkan kadar hormon hipotiroid dalam tubuh atau mengobati hipotiroid hingga tuntas. Namun, memang ada beberapa makanan yang harus lebih sering dikonsumsi oleh orang dengan hipotiroid supaya gejalanya lebih mudah dikendalikan.

Untuk membantu mengatasi hipotiroid kambuh, perbanyak makan sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, omega-3, dan serat. Semua jenis makanan ini dapat membantu menguatkan sistem imun Anda sehingga terhindar dari berbagai penyakit.

Makanan tinggi serat, misalnya, dapat membantu penyerapan obat hipotiroid jadi lebih maksimal di dalam tubuh. Sedangkan beberapa jenis sayuran dan buah-buahan kaya akan antioksidan yang efektif melawan stres oksidatif pada penderita hipotiroid.

Makanan yang harus dihindari

Bukan hanya fokus pada makanan yang harus dikonsumsi, Anda juga harus menghindari berbagai jenis makanan yang bisa memperparah gejala hipotiroid, yaitu:

  • Sayuran cruciferous contohnya pakcoy, brokoli, dan kubis. Sayuran ini mengandung senyawa goitrin yang dapat mengganggu sintesis hormon tiroid.
  • Makanan tinggi garam, misalnya kentang goreng dan makanan instan. Orang dengan hipotiroid berisiko tinggi terkena hipertensi sehingga harus membatasi asupan garam dari makanan.
  • Makanan yang terbuat dari kedelai seperti kacang kedelai, tepung kedelai, susu kedelai, dan edamame. Kedelai dapat menurunkan efektivitas obat tiroid sehingga tidak dapat diserap secara maksimal.

2. Olahraga teratur

keuntungan yoga

Olahraga teratur juga penting dilakukan. Pasalnya, olahraga berperan layaknya obat stres alami yang juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke kelenjar tiroid.

Anda bisa memilih jenis olahraga apa pun yang Anda sukai. Entah itu jalan kaki, jogging, berenang, basket, yoga, dan sebagainya. Namun, sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi kesehatan Anda, ya.

Mulailah dengan olahraga yang ringan terlebih dahulu seperti jogging atau yoga, setidaknya 150 menit per minggu (setengah jam setiap hari, lima hari seminggu). Jika tubuh Anda sudah mampu menyesuaikan diri dengan ritmenya, barulah Anda bisa mencoba olahraga intensitas sedang atau berat secara bertahap.

Yang terpenting, konsultasikan dulu ke dokter sebelum Anda mulai olahraga. Dokter akan menilai kondisi kesehatan Anda terlebih dahulu dan menyarankan jenis olahraga yang sesuai dengan kesehatan Anda.

3. Hindari merokok

melawan rasa ingin merokok

Sudah bukan rahasia lagi bila rokok wajib dihindari demi kesehatan. Bagaimana tidak, rokok sudah jelas mengandung banyak zat berbahaya yang dapat merusak setiap organ tubuh secara perlahan, bahkan berisiko menyebabkan kematian.

Dalam kasus hipotiroid sendiri, bahan kimia dalam rokok dapat mengganggu produksi hormon tiroid. Selain itu, kandungan zat berbahaya dalam rokok juga dapat menghambat penyerapan obat tiroid sehingga jadi kurang efektif.

4. Kendalikan stres

selera musik

Orang dengan hipotiroid rentan terkena stres dan depresi. Stres sedikit saja bisa memperlambat metabolisme tubuh Anda sehingga gejala hipotiroid jadi tidak terkendali dan semakin parah.

Coba luangkan waktu Anda untuk menenangkan diri dari stres berkepanjangan. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi stres. Misalnya dengan jalan-jalan, mendengarkan musik, menonton film, meditasi, yoga, dan melakukan hal-hal favorit Anda lainnya.

Semakin mudah Anda mengendalikan stres fisik maupun pikiran, maka aliran hormon tiroid dalam tubuh jadi semakin lancar. Alhasil, tubuh Anda pun jadi lebih sehat dan kuat meski mengidap hipotiroid.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Masalah Pada Kaki yang Umum Terjadi Seiring Bertambahnya Usia

Penyakit kaki merupakan masalah kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh lansia. Selain nyeri telapak kaki karena asam urat, ini dia penyebab lainnya.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Lansia, Perawatan Lansia 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

7 Trik Jitu Agar Tak Mudah Tergoda Makan Junk Food

Anda tidak bisa berhenti makan junk food? Tenang, ada siasat khusus untuk menghindari godaan makan makanan tak sehat. Intip caranya di sini, yuk.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Tips Makan Sehat, Nutrisi 27 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Habis Makan, Gula Darah Malah Turun Drastis? Apa Sebabnya?

Lemas habis makan mungkin masih wajar. Tapi kalau Anda gemetaran atau berkeringat, bisa jadi tanda gula darah turun. Hal ini disebut hipoglikemia reaktif.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Angelina Yuwono
Penyakit Diabetes, Gula Darah Normal 26 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Mengenal Jenis-Jenis Parasit dan Penyakit Infeksi yang Disebabkannya

Cacingan, toksoplasmosis, dan malaria adalah contoh penyakit infeksi parasit yang cukup umum di Indonesia. Bagaimana cara mengobatinya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novita Joseph
Penyakit Infeksi, Infeksi Jamur dan Parasit 26 Januari 2021 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Mengobati Panas Dalam Dengan Obat Alami dan Medis

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
obat masuk angin

5 Pilihan Obat Masuk Angin yang Manjur Meredakan Gejalanya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit
gatal setelah mandi

Gatal Setelah Mandi? Beberapa Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 28 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
tremor bisa sembuh

Apakah Tremor Bisa Disembuhkan? Apa Saja Pengobatannya?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 27 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit