Trombolisis Intra-Arterial untuk Pengobatan Stroke

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 21 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Terapi endovaskuler merupakan jenis pengobatan stroke untuk keadaan darurat. Ini adalah jenis pengobatan intervensional, yang artinya bahwa perawatan ini berupa prosedur alias tindakan medis, bukan pengobatan yang berupa pil ataupun infus.

Apa saja metode pengobatan umum untuk stroke?

Sejauh ini, pengobatan darurat yang sering digunakan untuk stroke adalah TPA, yang ditetapkan sekitar 20 tahun lalu. TPA adalah obat yang disebut sebagai aktivator jaringan plasminogen, suatu pengencer darah kuat yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah, biasanya di bagian lengan.

Obat dengan cepat mengalir menuju otak di mana obat akan bekerja dengan melarutkan gumpalan darah yang menyebabkan stroke iskemik.

Jenis terapi stroke yang terbaru serta lebih kuat dinamakan intra-arterial trombolisis, sejenis prosedur endovaskuler intervensional yang digunakan untuk mencegah stroke membentuk gumpalan darah baru.

Apa yang dimaksud dengan terapi endovaskuler?

Terapi endovaskuler adalah sejenis prosedur yang dilakukan dengan cara menempatkan sebuah tabung bernama kateter ke dalam pembuluh darah. Maksud terapi intra-arterial adalah menempatkan kateter ke dalam arteri, yakni pembuluh darah yang tersumbat akibat stroke. Sementara itu, trombolisis adalah proses penghancuran gumpalan darah.

Apa itu trombolisis intra-arterial?

Prosedur trombolisis intra-arterial untuk menangani stroke harus dilakukan dengan sangat cepat, biasanya dalam waktu 6-12 jam setelah gejala awal stroke muncul. Pada umumnya, trombolisis intra-arterial memerlukan studi scan awal, seperti MRI/MRA pada otak untuk menentukan lokasigumpalan darah.

Kemudian, kateter dimasukkan ke dalam arteri, seperti pada lengan atau pangkal paha. Kateter berisi obat pengencer darah kuat disebut alteplase. Kateter kemudian secara hati-hati dan progresif menyusup sepanjang jalan menuju arteri otak yang tersumbat hingga mencapai gumpalan darah. Seketika itu pula pengencer darah akan melarutkan gumpalan darah yang ada.

Dokter yang berpengalaman harus melakukan prosedur rumit ini beserta persiapannya dengan melibatkan tim yang terdiri atas ahli saraf, ahli radiologi dan kemungkinan ahli bedah.

Apa itu MR CLEAN?

The Dutch Heart Foundation beserta organisasi lainnya membantu pendanaan percobaan penelitian terbaru yang disebut MR CLEAN di Belanda. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas serta keamanan metode trombolisis intra-arterial untuk pengobatan stroke. Hasil uji coba telah diterbitkan Januari 2015 oleh New England Journal of Medicine, yang melibatkan 500 pasien stroke dari 16 pusat kesehatan di Belanda.

Dari 500 pasien stroke, 233 orang di antaranya menjalani trombolisis intra-arterial dan 267 orang menjalani perawatan stroke biasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang menjalani trombolisis memiliki hasil fungsional yang lebih baik dengan tolak ukur skor Rankin termodifikasi—suatu sistem penilaian yang mengacu pada kemandirian seseorang setelah stroke. Kelompok trombolisis intra-arterial tidak mengalami efek samping yang berlebih dibandingkan kelompok yang tidak menjalani trombolisis.

Apa pentingnya pengobatan ini bagi saya?

Apabila Anda mengalami stroke, trombolisis intra-arterial merupakan satu-satunya pilihan jika Anda tiba di rumah sakit beberapa jam setelah gejala awal stroke muncul. Terdapat aturan ketat mengenai prosedur trombolisis intra-arterial karena alasan keamanan. Jika Anda memenuhi syarat untuk menjalani trombolisis intra-arterial, Anda atau anggota keluarga harus memberikan persetujuan untuk prosedur tersebut. Namun demikian, tidak ada banyak waktu untuk ragu dalam pengambilan keputusan sebab saat rentang waktu yang terbatas itu seudah berlalu, perawatan tidak lagi efektif dan kemungkinan akan lebih berbahaya.

Jika Anda telah menjalani trombolisis intra-arterial, Anda pasti butuh waktu untuk sembuh. Beberapa pasien sembuh total tanpa mengalami efek samping, sementara yang lain mengalami efek samping ringan akibat stroke.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Yang juga perlu Anda baca

Abses Hati

Abses hati adalah kantung nanah yang terbentuk di hati karena infeksi dan dapat mengancam jiwa jika tidak ditangani segera.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Pencernaan, Penyakit Hati (Liver) 6 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Uretrotomi

Uretrotomi adalah sebuah prosedur untuk memperlancar aliran urine. Pelajari lebih lanjut tentang definisi, proses, dan risikonya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Urologi, Kandung Kemih 5 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Pilihan Obat yang Digunakan untuk Meredakan Nyeri Tulang

Nyeri tulang dapat menggangu aktivitas Anda dan harus diobati dengan baik. Berikut adalah berbagai obat yang bisa digunakan untuk mengobati nyeri tulang.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Kesehatan Muskuloskeletal, Gangguan Muskuloskeletal 5 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

Azoospermia (Air Mani Tidak Mengandung Sperma)

Sekiranya 15% pria yang tidak subur disebabkan oleh azoospermia. Jika Anda belum juga punya momongan setelah tahunan berusaha, bisa jadi ini penyebabnya.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Atifa Adlina
Masalah Kesuburan, Kesuburan, Kehamilan 4 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

penyakit degeneratif

Mengenali Jenis-jenis Penyakit Degeneratif yang Umum Terjadi

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Gangguan Kesehatan Akibat Duduk Terlalu Lama

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 12 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Alfa-Amilase

Alfa-Amilase

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 11 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Anion Gap

Anion Gap

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
Dipublikasikan tanggal: 9 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit