home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Panduan Melakukan Manuver Epley untuk Mengatasi Gejala Vertigo

Panduan Melakukan Manuver Epley untuk Mengatasi Gejala Vertigo

Penyakit vertigo dapat seketika melumpuhkan dan membuat Anda tak berdaya. Kondisi ini dapat menimbulkan sensasi berputar dan melayang. Bahkan, sensasi tersebut dapat menyebabkan pusing luar biasa, telinga berdenging, hingga mual dan muntah hebat. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi obat khusus vertigo. Akan tetapi, Anda juga dapat mempelajari cara alami untuk mengatasi kondisi tersebut, yaitu manuver Epley. Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Apa itu manuver Epley?

Manuver Epley adalah latihan yang dapat membantu mengatasi atau meredakan gejala dari vertigo. Anda bisa melakukan latihan ini di mana saja, termasuk saat sedang berada di rumah.

Vertigo jenis BPPV terjadi ketika posisi kepala berubah, sehingga mengaduk-aduk cairan kristal khusus yaitu kanalit yang berada pada bagian dalam kanal telinga dalam, yang bertugas membantu Anda menjaga keseimbangan.

Ketika Anda mengubah posisi dengan cepat (misalnya berbaring ke duduk), maka kristal dalam telinga ini jadi berubah posisi, sehingga menimbulkan sensasi pusing berputar yang disebut vertigo. BPPV adalah jenis vertigo yang cukup banyak ditemui. Sekitar 17 persen dari total kasus penyakit vertigo terjadi karena BPPV.

Nah, Dr. John Epley mendesain serangkaian gerakan untuk memperbaiki posisi kepala mengikuti gaya gravitasi sehingga gejala vertigo dapat mereda dengan sendirinya, tanpa konsumsi obat.

Posisi tersebut dapat menyeimbangkan keadaan cairan dalam telinga kembali normal. Manuver Epley efektif menyembuhkan lebih dari 90% kasus penyakit vertigo akibat BPPV. Penelitian menunjukkan tidak ada efek samping dari terapi ini.

Memang benar, pada awalnya, manuver Epley ini harus Anda lakukan pada rumah sakit atau klinik kesehatan. Namun, seiring perkembangan zaman, Anda kini tidak membutuhkan bantuan, sehingga bisa melakukannya secara mandiri.

Mengingat tujuannya yang sangat spesifik, para ahli tidak menyarankan untuk Anda menggunakan manuver Epley untuk mengobati jenis vertigo selain BPPV.

Oleh sebab itu, periksakan diri ke dokter terlebih dahulu terkait apa penyebab pasti dari vertigo Anda sebelum melakukan manuver ini.

Risiko menjalani manuver Epley

Sebelum melakukan latihan ini, Anda tetap perlu mencari tahu untuk memastikan ada atau tidaknya risiko dari menjalani manuver ini. Akan tetapi, pada dasarnya, manuver Epley adalah latihan yang aman.

Anda pun juga bisa melakukannya secara mandiri di rumah, meski akan lebih baik jika ada orang lain yang menemani proses latihan ini. Alhasil, Anda bisa lebih tenang untuk melakukan latihan ini.

Pasalnya, tidak menutup kemungkinan vertigo yang Anda alami menjadi semakin parah saat sedang menjalani manuver ini. Oleh sebab itu, orang-orang tertentu dengan kondisi kesehatan lain sebaiknya tidak melakukan manuver ini.

Khususnya, bagi Anda dengan kondisi yang membatasi ruang gerak Anda, contohnya masalah leher atau punggung, masalah vaskular, dan berbagai kondisi lainnya. Oleh karena itu, lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dulu untuk memastikan keamanannya untuk Anda.

Panduan melakukan manuver Epley dengan tepat

Para ahli menilai manuver ini sebagai latihan yang aman, efektif, dan efisien dalam menangani BPPV. Anda pun juga bisa melakukannya sendiri, meski akan lebih baik dan efektif jika dokter sudah pernah memandu sebelumnya.

Berikut ini adalah panduan umum dari dokter untuk melakukan manuver Epley dengan tepat:

Jika sumber vertigo datang dari sisi telinga kiri, berikut langkah Manuver Epley-nya:

  • Duduk pada bagian pinggir ranjang dengan kaki lurus ke depan.
  • Miringkan kepala hingga 45º ke kiri (jangan sampai menyentuh bahu).
  • Tempatkan bantal empuk pada bagian bawah Anda sehingga saat rebahan, bantal akan menyempil antara bahu dan bukannya pada bagian bawah kepala.
  • Dengan satu gerakan cepat, rebahan (dengan kepala pada ranjang tapi masih dalam posisi miring 45º). Bantal seharusnya ada pada bawah bahu. Posisi kepala Anda jadinya akan sedikit menggantung pada tepi bantal. Tunggu 30-120 detik sampai gejala vertigo berhenti.
  • Tengokkan kepala Anda 90º ke kanan tanpa mengangkatnya. Tunggu 30-120 detik.
  • Ubah posisi kepala dan tubuh menjadi menyamping ke kanan, sehingga Anda memandangi lantai. Tunggu 30-120 detik sampai gejalanya mereda.
  • Jika vertigo datang dari telinga kanan, ubah posisi dari instruksi tersebut.

Setelah selesai melakukan langkah-langkah dari manuver Epley tersebut, ubah posisi terakhir Anda dengan amat sangat perlahan ke posisi duduk atau posisi rebahan yang nyaman. Akan tetapi pastikan tubuh tetap tetap berada pada tempat tidur selama beberapa menit.

Ingat, gerakan cepat dan tiba-tiba dapat membuat gejala kembali kambuh. Lalu, selama beristirahat guna memulihkan diri, sangga kepala Anda dengan dua hingga tiga bantal sehingga posisi kepala dalam posisi 45 derajat.

Jika gejala vertigo masih belum mereda setelah Anda melakukan satu set manuver Epley ini, silakan untuk mengulangi latihan ini dari awal.

Setelah menjalani manuver Epley

Sebagian besar orang yang melakukan manuver ini mengaku bahwa sudah tidak merasakan gejala dari vertigo lagi. Akan tetapi, menurut John Hopkins Medicine, prosedur ini mungkin membutuhkan beberapa waktu hingga bekerja pada sebagian orang lainnya.

Bahkan, ada yang masih merasakan gejala meski sangat ringan untuk beberapa minggu berikutnya. Pada saat itu, Anda masih bisa secara rutin melakukan manuver Epley ini. Akan tetapi, jika gejala sudah hilang, Anda tak perlu lagi melakukannya.

Ahli tim medis mungkin akan menyarankan Anda untuk menghindari posisi tertentu setelah gejala vertigo hilang. Contohnya, Anda mungkin harus tidur dengan dua bantal setiap malam selama berminggu-minggu.

Selain itu, jika Anda masih mengalami gejala dari vertigo meski sudah menjalani manuver ini, hubungi ahli medis profesional yang membantu mengatasi kondisi Anda. Pasalnya, ada kemungkinan Anda melakukan latihan ini dengan langkah dan cara yang salah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Home Epley Maneuver. Retrieved 28 June 2021, from https://www.hopkinsmedicine.org/health/treatment-tests-and-therapies/home-epley-maneuver

Epley Maneuver. Retrieved 28 June 2021, from https://medlineplus.gov/ency/article/007662.htm

Epley and Semont Maneuvers for Vertigo. Retrieved 28 June 2021, from https://www.uofmhealth.org/health-library/hw205519

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Annisa Hapsari Diperbarui 23/07/2021
Ditinjau secara medis oleh dr Tania Savitri
x