4 Tips Membantu Pasien Kanker Usus Besar Mengatasi Rasa Sakit

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Nyeri kanker usus besar dapat menyebabkan sakit punggung dan kram perut yang luar biasa, hingga bahkan kelelahan ekstrem. Namun, ada banyak cara yang Anda dan anggota keluarga lainnya untuk membantu orang tercinta di rumah mengatasi sakit kanker yang dialaminya.

Bantu dia merasa senyaman mungkin

Telah terbukti bahwa cara duduk atau berbaring bisa memperburuk rasa sakit perut akibat kanker usus besar. Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan aktivitas sehari-harinya dan membantunya mencari posisi istirahat yang nyaman. Jika mereka ingin mengubah posisi, Anda bisa mencoba membantu dan mengamati posisi apa yang dirasa nyaman oleh olehnya. Selain itu, posisi yang sesuai akan mengurangi kondisi sakit pada kulit akibat berada dalam satu posisi untuk waktu yang lama.

Anda juga sebaiknya membantu merapikan atau mengganti sprei tempat tidur orang yang Anda cintai. Tempat tidur dengan sprei yang bersih akan membantunya merasa lebih baik dan siapkan juga matras dan bantal khusus jika diperlukan. Anda bisa menempatkan bantal berbentuk “v” atau bantalan di kursinya untuk membantu mengurangi sakit punggung dan sakit leher. Dalam beberapa kasus, Anda bisa mempertimbangkan membeli peralatan yang tepat untuk membantunya bergerak dan duduk, yang bisa membantunya menghilangkan sebagian rasa sakit.

Tawarkan untuk mencoba terapi musik atau seni

Terapi musik atau seni baik dalam melawan kecemasan, yang bisa membuat orang yang Anda cintai merasa santai. Ini akan membantunya mengungkapkan perasaannya dengan cara yang kreatif. Ini bukan berarti ia harus berjiwa musik atau artistik. Terapis musik atau seni yang akan membantunya. Anda harus melakukan sedikit penelitian untuk menemukan terapis musik dan seni yang terkenal atau pusat yang dapat diandalkan di sekitar tempat tinggal Anda sehingga Anda bisa mengantarkan orang tercinta Anda ke kelas-kelas tersebut, mungkin di rumah sakit.

Bantu alihkan perhatiannya dari rasa sakit kanker yang dialami

Saat orang yang Anda cintai mencoba mengatasi rasa sakit kanker yang dialaminya, Anda bisa mengajaknya melakukan hal-hal lain sehingga dia bisa mengalihkan perhatiannya dari apa yang sedang mereka rasakan. Misalnya, ajak ia menonton serial TV atau film seru, membaca novel, corat-coret menggambar, bermain game komputer, mendengarkan musik, bermain dengan hewan peliharaan (atau ke shelter hewan terdekat), atau ngobrol ngalor-ngidul tentang apa saja yang terlintas di pikiran. Cara-cara ini digunakan untuk membuatnya memikirkan hal yang lain, yang membuatnya melupakan rasa sakitnya untuk sementara.

Pasien kanker kolorektal yang biasanya duduk di kursi atau berbaring di tempat tidur tanpa kegiatan apapun bisa menjadi depresi, juga membuatnya hanya berfokus pada rasa sakit. Makanya, Anda harus mengingatkannya untuk mendapatkan hiburan untuk waktu singkat, yang akan membuatnya merasa lebih baik dan mengatasi rasa sakitnya dengan lebih baik. Dorong dia untuk pergi keluar dan menemui orang lain, sehingga Anda berdua bisa menikmati aktivitas untuk membantu mengalihkan perhatiannya dari rasa sakit, dan membantunya merasa sebaik mungkin. Ngobrol dengan teman, dan kerabatnya juga bisa membantu.

Sediakan makanan bergizi untuknya

Gejala kanker usus besar dan pengobatannya terkadang bisa menyebabkan efek samping, seperti sariawan atau mual, yang membuat pasien tidak nafsu makan sehingga berat badannya makin menurun drastis. Kekurangan asupan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya dari makanan bisa menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, atau memperburuk sensasi tersebut.

Oleh karena itu, Anda harus memantau pola makannya untuk memastikan bahwa dia mendapatkan cukup nutrisi penting. Kemudian, Anda bisa menanyakan pada dokter apakah dia harus menggunakan suplemen tertentu atau mengubah pola/menu makan mereka untuk mengatasi efek samping kanker dan pengobatannya.

Jika tidak diobati, rasa sakit kanker usus besar bisa berakibat pada kecemasan atau depresi, kehilangan fungsi dan perubahan pada aktivitas sehari-hari orang yang Anda cintai. Anda bisa melakukan beberapa hal untuk mendukungnya dalam mengatasi rasa sakitnya sehingga ia dapat menikmati dan meningkatkan kualitas hidupnya. Jika ia menunjukkan rasa sakit berkelanjutan yang tidak dapat diringankan oleh pengobatan rumahan, maka dianjurkan untuk berkonsultasi pada dokter.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

7 Cara Mengatasi Sering Buang Air Kecil yang Mengganggu

Poliuria membuat Anda sering buang air kecil sehingga bisa mengganggu kegiatan sehari-hari. Ini cara mudah mengatasi sering buang air kecil akibat poliuria.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Nokturia, Penyebab Sering Buang Air Kecil pada Malam Hari

Nokturia adalah kondisi yang membuat Anda sering kencing pada malam hari. Pelajari gejala, penyebab, dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Kandung Kemih bagi Pria dan Wanita?

Hati-hati, tidak menjaga kesehatan kandung kemih membuat Anda rentan kena berbagai gangguan sistem kemih seperti infeksi saluran kencing hingga kanker.

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Urologi, Kandung Kemih 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit

Prostatitis

Prostatitis adalah penyakit pembengkakan dan peradangan yang terjadi pada daerah prostat. Apa gejalanya? Bagaimana mengatasi kondisi ini?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Urologi, Prostat 05/08/2020 . Waktu baca 10 menit

Direkomendasikan untuk Anda

rileksasi tubuh

5 Cara Sederhana untuk Relaksasi Sehabis Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 07/08/2020 . Waktu baca 4 menit
cara menghilangkan varises dengan skleroterapi

Sering Menggoyang-goyangkan Kaki Saat Tidur? Ini Penyebabnya

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 3 menit
pencegahan cara mencegah kanker ovarium

Hal-hal yang Dapat Dilakukan untuk Mencegah Kanker Ovarium

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 6 menit
makanan buah dan sayur yang baik dan bagus untuk pasien kanker ovarium

Aturan dan Jenis Makanan yang Disarankan untuk Pasien Kanker Ovarium

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 06/08/2020 . Waktu baca 5 menit