Kenapa Kemoterapi Menyebabkan Rambut Rontok?

Oleh

Kebanyakan orang berasumsi bahwa obat-obatan kemo kanker payudara akan pasti membuat rambut rontok. Padahal, beberapa alternatif obat tidak memiliki efek separah itu. Sejumlah obat-obatan sama sekali tidak membuat rambut rontok, atau hanya menyebabkan penipisan rambut sementara.

Biasanya kerontokan rambut akan terlihat dalam 2 – 3 minggu setelah Anda memulai kemoterapi. Saat kemo selesai, rambut Anda akan tumbuh kembali. Kebotakan hanya terjadi di kasus-kasus langka yang melibatkan pemberian obat tertentu dalam dosis yang sangat tinggi.

Kerontokan rambut terjadi karena kemo menargetkan semua sel yang dapat membelah dengan sangat cepat. Folikel rambut adalah struktur dalam kulit yang berfungsi menumbuhkan rambut. Folikel adalah salah satu sel dengan laju pertumbuhan tercepat dalam tubuh. Dalam keadaan normal, di luar prosedur kemo, folikel rambut akan membelah setiap 23 – 72 jam. Akan tetapi, selagi kemo bekerja untuk menghancurkan sel kanker, prosedur ini juga akan menghancurkan sel-sel rambut. Dalam beberapa minggu setelah memulai kemo, Anda mungkin akan mengalami kerontokan atau kebotakan rambut.

Saat kemo, kerontokan rambut mungkin akan terjadi secara perlahan bertahap atau dalam jumlah besar pada satu waktu sekaligus; helai rambut rontok banyak saat disisir, segelintir rambut rontok yang Anda temukan tersapu air saat mandi, atau saat tidur. Selama menjalani kemo, Anda akan membutuhkan banyak dukungan moral dan fisik dari kerabat dekat Anda. Beberapa obat kemo hanya akan memengaruhi rambut kepala Anda. Jenis kemo lainnya mungkin dapat menyebabkan kebotakan, termasuk pada bulu mata, alis, ketiak, tangan dan kaki, bahkan rambut pubis.

Tingkat keparahan kerontokan rambut tergantung dari obat dan terapi pendukung yang digunakan, dan seberapa lama terapi harus dijalankan. Setiap obat kemo yang berbeda memiliki efek yang berbeda pula.

Periode kemo juga akan memengaruhi kerontokan rambut. Beberapa tipe kemo rutin diberikan per minggu dalam dosis kecil, yang dapat meminimalisir kerontokan rambut. Terapi lainnya diberikan setiap 3 – 4 minggu sekali dalam dosis yang lebih tinggi.

Obat kemo seperti apa yang menyebabkan rambut rontok?

Beberapa kemo kanker payudara yang menyebabkan kerontokan rambut, termasuk:

  • Adriamycin (“A” dalam kemo CAF) menyebabkan kebotakan rambut kepala, biasanya selama minggu-minggu awal terapi. Beberapa pasien juga melaporkan kebotakan pada alis dan bulu mata mereka
  • Methotrexate (“M” dalam kemo CMF) mengakibatkan penipisan rambut pada sejumlah pasien namun tidak secara umum. Sangat langka bagi pasien yang menggunakan methotrexate untuk mengalami kebotakan
  • Cytoxan dan 5-fluorouracil menyebabkan penipisan rambut pada sejumlah pasien, namun beberapa telah melaporkan mengalami kerontokan rambut dalam jumlah besar
  • Taxol biasanya menyebabkan kebotakan, termasuk rambut kepala, alis, bulu mata, bulu tangan dan kaki, serta rambut pubis

Selalu konsultasikan dengan dokter Anda mengenai efek samping kemo kanker, terutama kerontokan rambut. Mintalah opini ketiga dan dukungan dari keluarga, kerabat dekat, dan perawat kesehatan. Ingatlah bahwa kerontokan akibat kemo tidak bersifat permanen dan rambut Anda akan tumbuh kembali. Tetap tegar dan percaya bahwa Anda akan bisa melewati masa-masa sulit ini.

Yang juga perlu Anda baca