Selain Pengobatan, Ini 7 Rutinitas Sehat yang Bisa Bantu Sembuhkan Anda dari Kanker Paru

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum

Memang, peluang keberhasilan pengobatan kanker, termasuk kanker paru, tergantung dengan jenis dan stadiumnya. Namun, gaya hidup Anda nyatanya juga punya andil dalam hal ini. Jika Anda disiplin menerapkan pola hidup sehat, maka peluang sembuh dari kanker paru akan semakin besar. Lantas, pola hidup sehat yang seperti apa yang mesti dijalani pasien kanker paru? 

Pola hidup sehat selama pengobatan kanker paru

Selain mengandalkan pengobatan, gaya hidup Anda juga bisa meningkatkan peluang kesembuhan kanker paru. Ada berbagai kebiasaan hidup sehat yang sebenarnya sangat mudah dilakukan demi cepat pulih dari kanker paru.

1. Berhenti merokok

mencegah penggunaan rokok dan narkoba pada anak

Seperti yang sudah kita semua ketahui, rokok mengandung banyak zat kimia yang berbahaya bagi tubuh, terutama paru-paru. Walaupun tidak semua penyebab kanker paru berasal dari rokok, kebiasaan ini sangat membahayakan paru dan memberikan efek buruk bagi kesehatan Anda.

Tidak pernah ada kata terlambat jika Anda berhenti sekarang. Menurut British Medical Journal, jika Anda menghentikan kebiasaan ini, peluang keberhasilan pengobatan kanker Anda pun meningkat.

2. Pola makan yang baik

nutrisi untuk kusta

Ternyata, kanker sangat berpengaruh terhadap nafsu makan Anda. Pada saat menjalani pengobatan, seringkali porsi makan Anda berkurang drastis. Walaupun begitu, Anda tetap harus menjaga asupan kalori Anda dan memperhatikan nutrisi yang diperoleh. Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang tidak menjaga pola makannya, memiliki peluang kesembuhan yang lebih kecil.

Oleh karena itu, selama perawatan, Anda memerlukan protein yang cukup. Cobalah ikan yang mudah dicerna, kalkun, atau kambing. Selain itu, pilihlah makanan yang mengandung indeks glikemik yang rendah. Nah, sebelum memilih program diet, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda, agar mengetahui asupan nutrisi yang tepat selama pengobatan berlangsung.

3. Latihan pernapasan

latihan pernapasan

Kebanyakan penderita kanker paru-paru memiliki kesulitan bernapas. Gangguan ini pada akhirnya menyebabkan mereka mudah lelah karena tidak dapat menjaga elektrolit sehat pada tubuh mereka. Nah, latihan pernapasan sebenarnya sungguh membantu ketika perawatan kanker paru-paru berlangsung.

  • Tarik napas melalui hidung
  • Kemudian tarik napas melalui mulut setidaknya dua kali lebih lama dengan bibir yang mengerucut

Cara ini dapat menjaga saluran pernapasan Anda terbuka lebih lama dan meningkatkan aliran udara ketika beraktivitas.

4. Berolahraga

manfaat jalan mundur

Selain dapat menjaga kesehatan secara keseluruhan, berolahraga juga dapat mengurangi potensi demam, memperbaiki suasana hati, dan menjaga berat badan Anda. Mulailah dengan jalan pagi agar Anda bisa bernapas lebih dalam, sehingga mendapatkan sirkulasi udara dengan baik. Selain itu, olahraga juga bisa meningkatkan nafsu makan karena Anda sering bergerak.

5. Minum air putih yang cukup

kebutuhan minum air putih untuk perokok

Jagalah tubuh Anda untuk tetap terhidrasi dengan baik. Hal ini disebabkan tubuh Anda bekerja lebih keras untuk mengganti kerusakan selama perawatan berlangsung, sehingga dehidrasi tidak dapat terelakkan. Cobalah meminum air dengan gelas yang cukup besar pada pagi hari. Sop dan kaldu pun juga baik untuk para penderita kanker paru yang sedang menjalani perawatan.

6. Mengelola stres

gangguan psikosomatis

Stres memang tidak dapat dihindari, tetapi setidaknya Anda dapat mengelolanya. Oleh karena itu, pasien dan para pendampingnya selalu diingatkan untuk menjaga kesehatan fisik dan emosional mereka.

Selama pengobatan kanker paru-paru berlangsung, hal ini dipastikan dapat menambah beban di pikiran Anda. Nah, biasanya rumah sakit menyediakan konseling, terapi pijat, akupuntur, dan segala fasilitas yang berguna untuk mengelola stres Anda.

7. Tidur yang cukup

gangguan tidur pada kanker

Tidur yang cukup memang sangat penting bagi semua orang, terutama para penderita kanker yang sedang menjalani perawatan. Pada malam hari, perbaikan DNA dan sel-sel tubuh terjadi. Pola tidur malam sangat berpengaruh terhadap pengelolaan stres Anda. Nah, berikut beberapa tips agar tidur Anda lebih baik.

  • Usahakan untuk tidur di kamar yang sejuk dan tidak berisik
  • Gunakan selimut berbahan bulu karena membantu pertukaran sirkulasi udara dan bisa menjaga kehangatan Anda.
  • Kurangi penggunaan barang elektronik sebelum tidur
  • Hindari konsumsi kafein sebelum tidur
  • Cobalah menggunakan sebotol minyak esensial lavender di samping tempat tidur Anda. Hal tersebut bisa menenangkan dan membantu Anda untuk tidur lebih lelap.

Penerapan hidup sehat selama perawatan kanker paru berlangsung memang sangat berpengaruh terhadap kualitas kesehatan Anda. Oleh karena itu, upayakan untuk dapat mengikuti tips-tips di atas. Jangan lupa untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter Anda, terutama sebelum memulai rutinitas olahraga.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca