Apa Perlu Minum Obat Pencahar Saat Sembelit

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15 November 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Apakah Anda pernah mengatasi sembelit dengan minum obat pencahar? Obat pencahar yang tergolong mudah didapat di mana-mana ini, sering jadi solusi untuk mengatasi sembelit dengan cepat. Namun apakah Anda benar-benar perlu minum obat pencahar saat sembelit? Apakah obat pencahar aman untuk dikonsumsi?

Apa penyebab sembelit dan susah BAB?

Secara umum, sembelit atau konstipasi diartikan sebagai kondisi yang terjadi jika buang air besar kurang dari 3 kali dalam seminggu.

Tetapi jangan khawatir jika Anda memiliki jadwal BAB hanya sekali dalam seminggu, bukan berarti Anda mengalami sembelit. Kenyataannya, setiap orang memiliki jadwal buang air yang berbeda-beda, hal ini disebabkan oleh sistem pencernaan serta pergerakan usus yang dipunyai masing-masing. Namun, sebagian besar orang memang mengalami 3 kali pergerakan usus – yang menandakan Anda harus buang air besar – dalam sehari hingga paling lama tiga minggu.

Lalu dari mana saya tahu bahwa saya mengalami sembelit? Sembelit terjadi jika jadwal BAB Anda datang lebih lama dari jadwal yang biasanya. Selain itu, apabila Anda mengalami sembelit, beberapa gejala lain juga akan Anda alami, seperti perut terasa penuh, sakit perut, ketika BAB berdarah, dan merasa tidak puas setelah BAB. 

Cara menyembuhkan sembelit secara alami tanpa obat pencahar

Sembelit biasanya terjadi akibat pola hidup yang tidak baik serta pemilihan makanan yang tidak sehat. Oleh karena itu, sebelum Anda beralih menggunakan obat pencahar, sebaiknya coba untuk mengubah pola hidup dan kebiasaan Anda terlebih dahulu, seperti melakukan:

Dengan perubahan pola hidup seperti itu, diharapkan sembelit akan sembuh secara alami tanpa harus dengan obat-obatan. Namun apabila sembelit terjadi dalam waktu yang lama dan tidak kunjung sembuh walaupun telah mencoba mengubah kebiasaan, maka dianjurkan untuk minum obat pencahar.

Sebelum minum obat pencahar, ketahui dulu jenisnya

Obat pencahar mempunyai fungsi utama untuk melancarkan pergerakan usus dan mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tertumpuk di dalam perut. Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat pencahar agar sembelit Anda sembuh, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dulu jenis obat pencahar yang ada:

  • Obat pencahar bulk-forming, obat ini bekerja hampir sama seperti serat yang ada di dalam tubuh, yaitu dengan cara menyerap air lebih banyak di dalam tubuh agar kotoran menjadi lebih lunak, besar, dan mudah untuk dikeluarkan. Contoh obat pencahar jenis ini yaitu psyllium (Metamucil), polycarbophil (FiberCon), dan methylcellulose (Citrucel).
  • Obat pencahar osmotik, meningkatkan kadar air di dalam usus, sehingga mempermudah gerakan usus untuk mengeluarkan kotoran. Contohnya seperti lactulose dan polyethylene glycol.
  • Obat pencahar stimulant, bekerja dengan cara merangsang gerakan usus agar lebih cepat. Selain itu, obat ini mampu memengaruhi saraf yang menggerakkan otot-otot usus sehingga kecepatan gerakan usus meningkat. Contohnya yaitu, bisacodyl, senna dan sodium picosulfate.
  • Obat pencahar lubrikan, atau pelunak kotoran yang bekerja dengan cara meningkatkan kadar air di antara permukaan dinding usus dengan kotoran, sehingga kotoran dapat lolos dengan mudah.

Obat pencahar apa yang cocok untuk saya?

Walaupun obat pencahar telah ada sejak lama, tapi sampai saat ini masih sedikit bukti ilmiah yang membuktikan terkait daya guna obat pencahar dalam mengatasi sembelit atau pun tentang jenis obat pencahar mana yang lebih baik. Namun, sebagian besar orang yang menggunakan pencahar akan memilih obat pencahar jenis bulk-forming terlebih dahulu dan biasanya obat tersebut akan langsung memberikan efek samping antara dua hingga tiga hari setelah penggunaan.

Apabila kotoran Anda susah dikeluarkan dan terasa sakit, maka obat pencahar jenis osmotik adalah obat yang tepat untuk mengatasi permasalahan Anda. Sementara, jika kotoran yang keluar bertekstur lembut tapi tetap sulit untuk dikeluarkan, lebih baik bila Anda minum obat pencahar stimulan. Namun, hal yang paling baik yang dapat dilakukan untuk menentukan obat pencahar apa yang tepat, yaitu dengan berdiskusi dengan dokter Anda agar sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda saat itu.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Menyaksikan Bullying

Anda sering melihat bullying tapi tidak tahu harus berbuat apa? Anda ingin menolong korban tapi takut? Cari tahu di sini apa yang harus Anda lakukan!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Hidup Sehat, Psikologi 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Apakah Posisi Kencing Berdiri Berbahaya untuk Kesehatan?

Kencing dengan posisi berdiri kerap dilakukan pria, tapi mereka yang mengidap gangguan saluran kemih justru dilarang. Apa alasannya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Novita Joseph
Urologi, Kandung Kemih 24 September 2020 . Waktu baca 5 menit

Kenapa Cuaca Dingin Bikin Rematik Kumat dan Bagaimana Mengatasinya?

Istilah 'dingin sampai menusuk tulang' bisa terjadi pada penderita rematik Nyeri sendi akibat rematik kambuh bisa disebabkan oleh cuaca, bagaimana bisa?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Hidup Sehat, Tips Sehat 24 September 2020 . Waktu baca 3 menit

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Terapi urine dengan minum air kencing yang terdengar menjijikkan telah dipercaya sejak berabad-abad lalu. Apakah manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Urologi, Kandung Kemih 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit

Direkomendasikan untuk Anda

obat psoriasis alami

Sederet Bahan Herbal yang Berpotensi Sebagai Obat untuk Psoriasis

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 9 menit
obat cacing kremi

Obat Paling Ampuh untuk Menghilangkan Cacing Kremi

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 5 menit
ensefalopati uremikum

Ensefalopati Uremikum, Komplikasi Gangguan Ginjal yang Menyerang Otak

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 25 September 2020 . Waktu baca 4 menit
hubungan suami istri terasa hambar

3 Hal yang Membuat Seks Tidak Lagi Terasa Memuaskan, dan Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 4 menit