Tips Memilih Alat Ukur Gula Darah yang Terbaik untuk Anda

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Orang dengan diabetes pasti sudah akrab dengan alat ukur gula darah. Pasalnya, alat ini sangat penting untuk memantau kadar glukosa darah Anda. Banyak jenis alat ukur gula darah yang tersedia di pasaran. Jika Anda bingung, berikut adalah panduan untuk memilih satu yang cocok untuk Anda pakai sehari-hari.

Apa itu alat ukur gula darah?

baca hasil cek gula darah

Alat ukur gula darah adalah perangkat komputerisasi berukuran kecil yang berfungsi untuk mengukur dan menampilkan kadar glukosa darah Anda.

Pemantauan kadar glukosa darah akan memberikan informasi berharga untuk Anda dan dokter tentang bagaimana makanan, olahraga, obat-obatan, stres, dan faktor-faktor lain memengaruhi naik turunnya gula darah dalam tubuh Anda. Dari angka yang tertera di alat ukur, nantinya akan membantu Anda dan dokter menyusun rencana perawatan lebih baik.

Ada banyak jenis alat ukur gula darah yang tersedia di pasaran, dari model dasar yang hanya membaca hasil pemeriksaan gula darah, ke versi yang lebih canggih yang menawarkan fitur seperti memori untuk menyimpan informasi.

Hal tersebut tentu berdampak pada biaya dari setiap alat. Tergantung merek dan teknologi yang ditawarkan, alat ukur yang standar mungkin harganya murah. Namun alat ukur dengan metode canggih tentu menawarkan harga yang lebih mahal.

Pelajari pilihan apa saja yang tersedia sebelum memilihnya. Pertimbangkan biaya awal (berapa biaya untuk membelinya) dan biaya jangka panjang (seberapa mahal strip pengujian dan perlengkapan lainnya). Kemudian, diskusikan dengan dokter Anda dan belajar bagaimana cara pakai alat ukur gula darah dengan benar.

Hal-hal yang harus dipertimbangkan

cek gula darah diabetes

Sebelum memutuskan untuk membeli satu perangkat pengujian gula darah untuk di rumah, pertimbangkan beberapa hal berikut ini.

1. Berapa biaya totalnya?

Beberapa pengukur memiliki harga yang mahal, namun masalahnya bukan hanya pada harga. Sejumlah perangkat memiliki strip yang dijual secara terpisah atau harus diisi ulang, dan biaya ini harus Anda pertimbangkan juga.

2. Apakah alat ini mudah digunakan?

Prosedur pengujian bervariasi untuk masing-masing alat, dan beberapa alat membutuhkan prosedur yang lebih rumit dibanding yang lain. Pertimbangkan juga berapa banyak darah yang dibutuhkan untuk setiap tes, apakah Anda dapat melihat hasil tes di layar dengan mudah, dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk membaca hasilnya.

3. Apakah perawatannya mudah?

Apakah alat ini mudah untuk dibersihkan? Apakah alat ini perlu dikalibrasi (di-setting ulang setiap akan digunakan) dengan cepat dan mudah?

4. Apakah alat ini dapat menyimpan hasil riwayat tes sebelumnya?

Karena penyimpanan hasil tes Anda sangat penting untuk perawatan jangka-panjang, penting untuk selalu mencatat hasil tes Anda setiap kali melakukan pengecekkan. Jika Anda merasa nyaman dengan menuliskan hasil tes Anda di buku jurnal, Anda bisa memiliki alat standar yang hanya bisa membaca hasil tanpa menyimpannya.

Namun, jika Anda sering bepergian atau malas mencatat di  jurnal, carilah alat yang memiliki memori. Beberapa alat dapat menyimpan data yang bisa Anda lihat ulang dan pindahkan ke jurnal nantinya.

Bahkan ada yang lebih canggih, beberapa alat memiliki fasilitas file download jika dihubungkan dengan komputer Anda dan bisa mengirimnya lewat email ke dokter.

5. Apakah saya membutuhkan fitur khusus?

Jika Anda sering bepergian dan akan sering membawa alat ini dengan Anda, Anda mungkin sebaiknya memilih alat yang lebih kecil dan mudah dibawa-bawa. Orang dengan gangguan penglihatan dapat memilih untuk menggunakan monitor yang memiliki layar yang mudah dibaca. Sementara untuk anak-anak, pilihan yang berwarna-warni. Fitur khusus lainnya termasuk:

  • Kemampuan audio, untuk orang dengan gangguan pendengaran 
  • Layar yang menyala untuk membantu melihat jika berada pada lingkungan minim cahaya
  • Berbagai kapasitas memori untuk menyimpan hasil tes Anda
  • Fitur lain seperti memiliki outlet USB

Faktor-faktor yang memengaruhi hasil pengecekan gula darah

cek kadar gula darah

Keakuratan hasil tes tergantung pada sejumlah faktor, termasuk kualitas alat dan strip, dan seberapa baik Anda  mengoperasikan alat ini. Berikut adalah faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi pembacaan glukosa Anda:

1. Teknik penggunaan

Kesalahan penggunaan masih menjadi alasan nomor satu untuk error dalam pengujian. Pastikan untuk mencari tahu bagaimana menggunakan alat tersebut untuk menguji glukosa darah Anda dengan bertanya pada dokter atau penyedia layanan kesehatan.

2. Kulit tempat pengujian kotor

Makanan, minuman, atau losion yang tersisa di tangan Anda dapat memengaruhi pembacaan glukosa darah Anda. Jadi, pastikan untuk mencuci dan mengeringkan tangan Anda sebelum Anda mengujinya. Jika Anda membersihkan kulit dengan kapas beralkohol, pastikan lokasi kulit yang akan ditusuk sudah benar-benar kering.

3. Lingkungan

Ketinggian, kelembapan, dan suhu kamar, semua dapat memengaruhi hasil glukosa Anda dengan memengaruhi tubuh Anda atau strip yang Anda gunakan. Beberapa pengukur dilengkapi petunjuk tentang cara untuk mendapatkan hasil yang tepat dalam situasi-situasi tertentu.

4. Test strip tidak sesuai

Strip uji bisa menjadi sangat mahal, sehingga Anda mungkin tergoda untuk mencoba strip merek lain atau strip generik yang lebih murah untuk menghemat uang. Namun, alat pengukur Anda mungkin tidak dirancang untuk menggunakan strip ini, sehingga hasil tes Anda mungkin akan terpengaruh. Pastikan Anda membeli strip uji alternatif yang sesuai dengan mesin Anda.

5. Perubahan pada alat atau strip

Produsen dapat membuat perubahan pada mesin atau strip, dan produsen strip merek lain atau produsen strip generik tidak selalu sadar akan hal ini.

Maka dari itu, strip pengujian dapat menjadi tidak sesuai dengan meteran. Jika Anda tidak yakin apakah strip pengujian tertentu akan bekerja atau tidak dengan alat pengukur Anda, hubungi produsen alat ukur gula darah Anda.

6. Cara memastikan alat pengukur gula darah bekerja dengan baik

Untuk memastikan hasil pembacaan yang akurat, bacalah petunjuk yang disediakan oleh dalam kemasan. Jika Anda memiliki pertanyaan, hubungi penjual. Anda juga bisa membawa alat pengukur Anda ke dokter dan memintanya mengajarkan penggunaan dasar alat ini.

Saat Anda berada di ruang pemeriksaan dokter, bandingkanlah hasil tes mesin Anda dengan mesin di kantor dokter Anda. Hal ini akan membantu Anda untuk melihat apakah mesin Anda dikalibrasi dengan benar atau tidak.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca