Mengenal Norovirus, Kondisi yang Dapat Memengaruhi Penderita Diabetes

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Norovirus adalah bentuk dari virus perut yang dapat menyebabkan muntah, diare, dan dehidrasi parah. Meski cenderung menyebabkan gejala yang ringan, namun norovirus yang terjadi pada pengidap diabetes bisa menyebabkan kadar gula darah melonjak.  Mengapa bisa begitu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Norovirus adalah infeksi virus berbahaya

Norovirus adalah infeksi virus yang dapat menyebabkan peradangan di sistem pencernaan, seperti lambung dan usus. Kondisi ini dapat dialami pada anak-anak maupun orang dewasa. Tanda paling jelas yang akan anda alami jika mengalami norovirus adalah:

  • Mual
  • Muntah
  • Dehidrasi
  • Diare

Gejala lainnya yang menyertai gejala di atas, termasuk:

  • Sakit kepala
  • Sakit perut
  • Nyeri otot lengan dan kaki
  • Demam (di atas 38 derajat Celcius)

Gejala infeksi norovirus umumnya muncul sekitar 12 hingga 48 jam setelah seseorang terpapar virus. Meski begitu, beberapa orang mungkin tidak mengalami gejala sama sekali. Biasanya gejala akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari, tetapi sangatlah mungkin bagi gejalanya untuk bertahan lebih lama pada beberapa orang.

Anda dapat terkena infeksi ini dari makanan dan benda yang terkontaminasi, serta kontak langsung dengan orang yang terinfeksi. Bahkan, seseorang yang sudah dinyatakan sembuh dapat menularkan penyakitnya ke orang lain.

Tidak ada perawatan khusus untuk kondisi ini. Namun secara umum, kunci perawatan norovirus adalah banyak istirahat dan memastikan bahwa Anda mendapatkan asupan cairan yang cukup untuk mengurangi risiko dehidrasi. Norovirus yang tidak ditangani dengan baik dapat membuat gejala yang semulanya ringan akan bertambah buruk dan bahkan menimbulkan berbagai komplikasi.

Lantas apa pengaruh norovirus pada pasien diabetes?

kadar gula darah tinggi

Saat Anda terserang infeksi virus, tubuh mengalami stres fisik yang luar biasa sebagai upaya melawan infeksi. Bagi orang yang sehat, efek yang ditimbulkan mungkin tidak seberapa.

Namun pada orang dengan diabetes, efek ini mungkin berlipat ganda, mengingat diabetes itu sendiri merupakan kondisi yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Hal ini diperparah karena tubuh Anda menghasilkan lebih banyak glukosa sebagai bagian dari proses pertarungan infeksi. Nah, glukosa ekstra dalam aliran darah ini dapat menyebabkan lonjakan kadar gula darah yang berbahaya.

Muntah dan mual yang disebabkan norovirus juga akan membuat Anda kehilangan cairan dan akibatnya Anda rentan mengalami dehidrasi. Selain itu, karena infeksi dapat meningkatkan glukosa, maka tubuh akan menghasilkan lebih banyak urin. Akibatnya, dehidrasi menjadi lebih parah.

Pastikan untuk tetap cek gula darah teratur

baca hasil cek gula darah

Sangat penting bagi orang dengan diabetes untuk memeriksakan kadar glukosanya sepanjang hari meski sedang dalam keadaan yang tidak fit. Hal ini dilakukan guna mencegah kadar glukosa meningkat atau menurun secara drastis.

Pastikan jika gula darah Anda di bawah 200 mg/dL. Bila kadar gula darah di atas 300 mg/dL, segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk melihat ada tidaknya keton dalam darah atau air kencing.

Adanya keton dalam urin menunjukkan tanda Anda mengalami ketoasidosis diabetik, yaitu kondisi berbahaya yang disebabkan oleh penumpukan asam karena gula darah tinggi.

Anda juga harus memerhatikan asupan makanan Anda. Bila Anda tidak nafsu makan, berusahalah untuk tetap mendapatkan asupan makanan bagaimanapun caranya.

Pasalnya, saat Anda sakit dan tidak nafsu makan, sistem kekebalan tubuh secara otomatis akan memicu produksi gula darah lebih pesat. Nah, bila Anda tidak makan, tetapi terus menyuntikkan insulin, hal ini justru dapat memicu hipoglikemia yang berbahaya bagi kesehatan Anda.

Hipoglikemia sendiri adalah kondisi rendahnya kadar gula darah yang menyebabkan jantung berdetak terlalu cepat, gemetar, rasa lapar, cemas, bahkan kejang hingga koma.

Selain itu, Anda juga tetap harus menyuntikkan insulin atau minum obat diabetes secara teratur. Namun ingat, tetap imbangi suntikan insulin dengan asupan makanan agar tidak menyebabkan hipoglikemia seperti yang dijelaskan di atas.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Apa Saja Camilan yang Boleh Dimakan Penderita Diabetes dalam Sehari?

Memilih camilan untuk penderita diabetes tidak boleh sembarangan. Selain perlu memperhatikan kandungan nutrisinya, jumlahnya pun tidak kalah penting.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Panduan Makan untuk Orang yang Punya Riwayat Diabetes

Risiko diabetes pada orang dengan riwayat keluarga akan meningkat sehingga perlu upaya untuk mencegah diabetes dengan menjaga dan memilih makanan sehat.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Panduan Lengkap Mengukur Tekanan Darah Anak di Rumah

Anak-anak mungkin mengalami tekanan darah tinggi. Orangtua dapat mengukur tekanan darah anak di rumah dengan panduan berikut ini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

Apakah Neuropati pada Diabetesi Bisa Disembuhkan?

Meski belum ada pengobatan untuk menyembuhkan neuropati diabetik, pengidap diabetes dapat meringankan gejala dan menghambatnya menjadi lebih parah.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Direkomendasikan untuk Anda

gerimis bikin sakit

Benarkah Gerimis Lebih Bikin Sakit Daripada Hujan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 31/05/2020
diagnosis hiv

Apa Bedanya Stres dan Depresi? Kenali Gejalanya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 26/05/2020
diabetesi

Tunda Dulu ke Rumah Sakit Selama Wabah, Ini Tips untuk Diabetesi Selama di Rumah

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 30/04/2020
manfaat jalan kaki bagi penderita diabetes

6 Manfaat Jalan Kaki untuk Penderita Diabetes

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 26/04/2020