Beragam Jenis Makanan yang Ampuh Cegah Herpes Genital Kambuh Lagi

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019
Bagikan sekarang

Herpes genital termasuk penyakit kambuhan yang bisa muncul sewaktu-waktu. Ya, walaupun Anda sudah mengonsumsi obat-obatan dari dokter, gejala herpes tetap bisa muncul kapan saja karena virusnya bisa bertahan seumur hidup di dalam tubuh. Apalagi kalau Anda punya kebiasaan makan-makanan yang tak sehat. Memangnya, makanan apa saja yang bisa memicu dan mencegah herpes genital kambuh?

Gejala herpes genital bisa kambuh akibat makan sembarangan

cokelat dan kecerdasan

Anda sudah menjaga kesehatan organ intim dengan baik, tapi, kok, gejala penyakit herpes masih saja kambuh? Awas, bisa jadi hal ini disebabkan oleh makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Anda mungkin mengira bahwa makanan yang selama ini Anda nilai sehat bisa membantu mengatasi gejala herpes. Alih-alih meringankan gejala, yang terjadi justru sebaliknya. Gejala herpes genital malah jadi sering kambuh karena salah pilih makanan.

Melansir dari The New Zealand Herpes Foundation, orang dengan herpes genital dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung arginin. Arginin adalah jenis asam amino semi-esensial yang sebetulnya baik untuk tubuh. Namun pada saat yang bersamaan, virus herpes menjadikan arginin ini sebagai sumber energi untuk tumbuh dan memicu gejala herpes.

Contoh makanan yang mengandung arginin di antaranya cokelat, kacang tanah, kacang almond, selai kacang, biji-bijian, oat, dan gandum. Oleh karena itu, sebaiknya batasi atau bahkan hindari makanan tersebut guna mencegah herpes genital kambuh.

Makanan yang mengandung karbohidrat olahan dan gula juga memberikan efek serupa. Karbohidrat olahan seperti pasta dan roti putih dapat menekan sistem imun dan justru membuat tubuh semakin rentan sakit.

Begitu juga ketika Anda makan makanan manis, kandungan gulanya akan melawan vitamin C dalam tubuh. Akibatnya, tubuh jadi kewalahan untuk melawan virus herpes dan membuat Anda terkena herpes genital berulang.

Daftar makanan sehat yang bisa mencegah herpes genital kambuh

Selain menghindari makanan tertentu, Anda juga harus tahu makanan apa saja yang harus dikonsumsi untuk mencegah herpes genital kambuh. Berikut daftarnya.

1. Makanan mengandung lisin

makanan mencegah uban
Sumber: Nutrition News

Lysine atau lisin adalah asam amino esensial yang dapat mengurangi jumlah virus herpes dalam tubuh. Jenis asam amino ini bekerja dengan cara menghambat kerja arginin, sehingga gejala herpes genital bisa ditekan supaya tidak kambuh.

Kandungan asam amino lisin ini bisa Anda dapatkan dengan memperbanyak makan sayuran, telur, seafood, daging sapi, dan daging ayam. Bagi Anda yang mengalami intoleransi atau alergi terhadap makanan tersebut, Anda bisa beralih ke produk-produk susu seperti yogurt, keju, dan mentega.

2. Sayuran tinggi antioksidan

menu buka puasa sehat dengan sayur

Sebetulnya, tubuh kita sudah bisa menghasilkan antioksidan sendiri secara alami. Akan tetapi, jumlahnya mungkin tidak cukup banyak untuk melawan radikal bebas dan berbagai penyakit dari luar.

Itulah sebabnya, Anda masih membutuhkan asupan antioksidan tambahan dari makanan untuk mencegah herpes genital berulang. Antioksidan ini bisa Anda dapatkan dari sayur dan buah, di antaranya kembang kol, bayam, kandung, dan tomat.

Selain itu, beragam jenis sayur dan buah tersebut juga mengandung vitamin, mineral, dan lebih banyak lisin daripada arginin. Dengan begitu, sistem kekebalan tubuh Anda akan semakin kuat dan mencegah herpes genital datang lagi.

3. Probiotik

probiotik makan yogurt

Probiotik dikenal sebagai bakteri baik yang dapat melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, probiotik ternyata juga terbukti efektif mencegah herpes genital kambuh, lho!

Probiotik adalah bakteri baik yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik dalam usus. Semakin banyak jumlah bakteri baik pada saluran pencernaan, maka bakteri ini akan mendorong kerja sistem imun tubuh dalam melawan penyakit.

Anda dapat menemukan probiotik di berbagai jenis makanan dan minuman, salah satunya yang paling umum adalah yogurt. Sekarang ini juga sudah banyak suplemen yang menawarkan kandungan probiotik di dalamnya.

Jangan lupa terapkan gaya hidup sehat

Mengonsumsi makanan saja ternyata tidak cukup untuk mencegah herpes genital kambuh. Usaha Anda ini bisa jadi sia-sia jika pola hidup Anda masih berantakan dan tidak sehat. Entah itu dengan merokok, malas olahraga, atau minum alkohol.

Selain mengatur pola makan sebaik mungkin, jangan lupa seimbangkan juga dengan gaya hidup sehat. Mulai dari olahraga teratur, berhenti merokok, dan mengurangi atau bahkan berhenti minum alkohol.

Kebiasaan-kebiasaan tersebut dapat meningkatkan sistem imun tubuh Anda. Daya tahan tubuh yang baik akan membuat Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit, termasuk juga herpes genital.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

3 Rumus Menjalani Lebaran Sehat

Di antara silaturahmi dan makan di banyak rumah, dikelilingi sajian Lebaran penuh lemak dan kolesterol, kita bisa tetap menjalaninya dengan sehat, lho.

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Maizan Khairun Nissa
Hari Raya, Ramadan 21/05/2020

3 Resep Menu Makan Sahur untuk Diet Keto Tanpa Ribet

Sedang diet keto, tapi bingung mau sahur pakai apa? Tenang, berbagai resep menu sahur untuk diet keto berikut mungkin bisa jadi inspirasi Anda esok hari. 

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Hari Raya, Ramadan 16/05/2020

Mengulik Manfaat Kacang Brazil bagi Kesehatan

Kacang brazil kaya akan lemak sehat, selenium, serat, dan antioksidan. Ini sederet manfaat kacang brazil bagi kesehatan Anda.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Diah Ayu
Nutrisi, Hidup Sehat 15/05/2020

Kenapa Kita Mudah Marah Saat Sedang Lapar?

Saat lapar, rasanya hanya ingin marah sampai Anda mendapat yang Anda mau. Tapi, kok bisa begitu, ya? Kenapa kita mudah marah saat kelaparan?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Hari Raya, Ramadan 10/05/2020

Direkomendasikan untuk Anda

makan di luar rumah saat pandemi

Amankah Makan di Luar Rumah di Tengah Pandemi?

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 02/06/2020
sakit tangan main hp

Mengatasi Sakit Tangan Akibat Terlalu Sering Main HP

Ditinjau secara medis oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Rizki Pratiwi
Dipublikasikan tanggal: 01/06/2020
resep membuat bakwan

4 Resep Membuat Bakwan di Rumah yang Enak Tapi Sehat

Ditinjau secara medis oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
makan nasi merah setiap hari

Bolehkah Makan Nasi Merah Setiap Hari?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020