Seberapa Ampuh Minyak Zaitun Ampuh Mengobati Jerawat dan Bekasnya?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum

Minyak zaitun sudah tidak asing lagi digunakan sebagai bahan memasak. Namun ternyata, sebagian orang percaya bahwa minyak zaitun juga bisa dipakai untuk mengatasi jerawat dan memudarkan bekasnya yang membandel. Benarkah demikian?

Kandungan minyak zaitun

minyak almond oil olive oil minyak zaitun
Sumber: Leaf.tv

Minyak zaitun adalah minyak alami yang diekstrak dari buah zaitun. Sekitar 14 persen kandungan minyak ini adalah lemak jenuh dan 11 persennya minyak tak jenuh ganda seperti omega 6 dan asam lemak omega 3.

Namun, asam lemak utama dalam minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat. Asam oleat membentuk sekitar 73 persen dari total kandungan minyak.

Penelitian yang diterbitkan dalam Oxidative Medicine and Cellular Longevity menunjukkan bahwa asam oleat dalam minyak zaitun bisa mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Efek antiradang ini diperantarai oleh antioksidan. Oleocanthal merupakan senyawa dalam minyak zaitun yang terbukti bekerja seperti ibuprofen (obat antiradang).

Sebuah penelitian dalam FASEB Journal, menunjukkan bahwa antioksidan dalam minyak zaitun bisa menghambat beberapa gen dan protein pemicu peradangan.

Selain itu, minyak zaitun juga mengandung antioksidan yang sangat kuat. Senyawa ini mampu mengurangi radikal bebas dalam tubuh dan menurunkan risiko terkena penyakit kronis seperti jantung.

Bisakah minyak zaitun dipakai untuk mengatasi jerawat?

Mencegah jerawat sebelum menstruasi

Jerawat muncul akibat pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Ketika bakteri menginfeksi sumbatan ini, jerawat bisa meradang hingga terasa sakit dan bengkak.

Ada yang menyatakan bahwa minyak zaitun bisa meredakan peradangan dan memudarkan bekas jerawat. Benarkah begitu? Sejauh ini belum ada bukti yang menyatakan bahwa minyak zaitun bisa digunakan untuk mengatasi jerawat dan memudarkan bekasnya.

Meski bersifat antiradang, belum ada penelitian yang bisa membuktikan efeknya juga berlaku untuk jerawat. Pasalnya, penelitian yang sudah dilakukan hanya berfokus pada organ dalam seperti jantung.

Oleh karenanya, belum bisa dikatakan secara pasti bahwa minyak zaitun bermanfaat untuk jerawat. Manfaat minyak zaitun untuk menghilangkan bekas, memudarkan noda gelap, atau mencegah jaringan parut juga belum bisa dibuktikan.

Minyak zaitun ampuh untuk membersihkan sisa kosmetik

Namun, minyak zaitun memang cukup bermanfaat untuk dijadikan sebagai makeup remover saat membersihkan riasan. Minyak ini mampu mengangkat lapisan riasan tebal yang menempel di kulit wajah Anda.

Ketika riasan diangkat dengan bersih tanpa sisa, otomatis hal ini juga membantu mencegah kemunculan jerawat setelahnya.

Membersihkan wajah dengan minyak zaitun tidak akan membuat kulit kering sehingga memproduksi lebih banyak minyak.

Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan membersihkan kulit menggunakan pembersih berbahan dasar alkohol yang bisa mengeringkan wajah. Pasalnya, ketika kulit memproduksi terlalu banyak minyak, pori-pori akan mudah tersumbat hingga menyebabkan jerawat.

Selain itu, kandungan vitamin dan antioksidannya yang tinggi juga membuat minyak zaitun bisa dijadikan pilihan saat menghapus makeup tebal. Namun, gunakan sesekali saja dan jangan terlalu sering.

Setelah membersihkan wajah dengan minyak zaitun Anda tetap perlu membilasnya dengan sabun hingga tak lagi lengket.

Risiko dan efek samping minyak zaitun untuk kulit

Bahaya memencet jerawat di area segitiga wajah

Mengoleskan minyak zaitun untuk kulit wajah meski tidak ada jerawat sebenarnya punya beberapa dampak yang tidak diharapkan, seperti:

Menyumbat pori

Minyak zaitun termasuk produk komedogenik dengan kategori ringan hingga sedang. Komedogenik artinya produk ini bisa menyumbat pori-pori dan memicu jerawat.

Oleh karena itu, ketika Anda menggunakan minyak zaitun untuk jerawat, bisa jadi Anda justru sedang memicu kemunculan jerawat yang lebih banyak.

Jika Anda menggunakan minyak sebagai pembersih makeup, bilas dengan sabun dan air setelahnya. Jangan biarkan minyak menempel di muka semalaman karena bisa memicu komedo dan jerawat. Pastikan tidak ada sisa minyak dan sabun yang menempel di wajah.

Merusak penghalang kulit alami

Siapa bilang semua minyak berfungsi melembapkan kulit? Tingginya kadar asam oleat di dalam minyak zaitun ternyata bisa melemahkan penghalang kulit alami. Pasalnya, dibandingkan dengan minyak nabati lainnya, minyak zaitun punya kadar asam oleat yang lebih tinggi.

Ketika penghalang kulit alami ini fungsinyaa menjadi lemah, kulit bisa mengalami kekeringan. Namun, hal ini tidak terjadi pada semua orang.

Sebuah penelitian yang terbit dalam jurnal Pediatric Dermatology juga memperkuat argumen ini. Hasil penelitian menyebutkan bahwa penggunaan minyak zaitun untuk pemilik kulit kering tidak dianjurkan. Hal ini berlaku untuk bayi dan orang dewasa.

Para peneliti menemukan bukti bahwa minyak zaitun bisa menyebabkan kemerahan dan kerusakan pada lapisan luar kulit pada sebagian subjek penelitian.

Memicu eksim

Faktanya, seseorang terutama anak-anak yang rentan terhadap eksim perlu menghindari pemakaian minyak zaitun. Ini karena asam oleat bisa melemahkan fungsi penghalang kulit yang sudah menjadi masalah pada orang yang rentan terhadap eksim. Akibatnya, eksim justru bisa terpicu untuk muncul dan berkembang.

Selain tidak ampuh untuk atasi jerawat dan bekasnya, minyak zaitun juga bisa memicu berbagai efek yang telah disebutkan. Untuk itu, pastikan Anda tahu kondisi kulit Anda sebelum menggunakan minyak zaitun.

Gunakan minyak zaitun berkualitas tinggi

extra virgin olive oil

Beragam fakta medis memang telah membuktikan minyak zaitun kaya akan kandungan vitamin dan antioksidan, yang berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit. Kadar antioksidan minyak zaitun bahkan lebih kuat ketimbang jenis lemak lainnya, karena mengandung konsentrasi squalene yang lebih tinggi. Ditambah lagi menurut International Olive Council dikutip dari laman Healthline, minyak zaitun kaya akan vitamin A, vitamin D dan K, serta vitamin E.

Jika Anda ingin menggunakan minyak zaitun sebagai pembersih riasan misalnya, gunakan minyak yang berkualitas baik. Pilihlah minyak zaitun murni tanpa campuran apa pun. Pasalnya, minyak yang mengandung bahan tambahan seperti zat kimia tertentu bisa mengiritasi dan merusak kulit. Apalagi jika Anda menggunakan minyak zaitun untuk wajah dan terdapat jerawat di area tersebut.

Oleh karena itu, jangan hanya tergiur harga yang murah saja. Pasalnya, minyak berkualitas baik dengan proses pengolahan yang terjaga biasanya memiliki harga yang juga cukup tinggi.

Lebih baik Anda membayar produk dengan harga lebih tinggi tetapi berkualitas baik. Daripada Anda harus membeli minyak zaitun yang harganya murah tetapi berkualitas buruk apalagi untuk kulit wajah.

Baca Juga:

Share now :

Direview tanggal: Januari 16, 2020 | Terakhir Diedit: Maret 27, 2020

Sumber
Yang juga perlu Anda baca