Kulit Kering Bikin Gatal? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 1 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Apa tipe kulit Anda? Apakah Anda cenderung memiliki kulit yang berminyak, kering, atau kombinasi? Saat Anda memiliki kulit yang berminyak, permasalahan yang Anda hadapi dapat berupa kulit berjerawat. Sedangkan pada kulit kering, permasalahan yang biasa dihadapi dapat berupa kulit gatal. Ya, kulit kering sering dikaitkan dengan gatal-gatal. Tapi gatal juga tidak hanya disebabkan oleh kulit kering, gatal bisa juga terjadi karena seseorang memiliki alergi. Kalau sudah begitu bagaimana cara mengatasi gatal karena kulit kering?

Seseorang yang memiliki tipe kulit kering memang rentan terhadap iritasi, belum lagi penggunakan produk perawatan yang salah. Saat iritasi terjadi, gejala yang Anda rasakan dapat berupa rasa gatal, panas, dan terbakar. Sadar atau tidak sadar, Anda mungkin akan menggaruk yang iritasi tersebut, sehingga menjadi parah. Kalau sudah begitu, Anda rentan terkena eksim dan dermatitis.

Bagaimana cara mengatasi rasa gatal karena kulit kering?

Mengobati suatu penyakit, Anda perlu mengobati akar permasalahannya. Contohnya asma Anda kambuh karena udara dingin, maka Anda harus mengatasi udara dingin terlebih dahulu, buat tubuh menjadi hangat. Sama halnya dengan kulit gatal, akar pemasalahannya adalah kulit kering.

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kulit kering:

  1. Jangan lupa untuk selalu menjaga kelembapan kulit Anda, misalnya dengan menggunakan krim pelembap atau lotion. Agar lebih aman, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, krim apa yang cocok untuk kondisi kulit gatal dan kering. Namun saat Anda sudah menemukan krim pelembap yang cocok tanpa harus ke dokter, lanjutkan saja.
  2. Jangan menggaruk kulit yang gatal dan kering. Awalnya Anda memang tidak tahan dengan rasa gatal tersebut, tapi menggaruknya dapat menyebabkan luka. Akhirnya jadi iritasi dan meradang, sebab kuku Anda merupakan sumber bakteri juga.
  3. Jika gatal, cobalah untuk meredakannya dengan es batu atau air es. Caranya bungkus es batu dengan kain flanel atau lap yang bersih. Bisa juga dengan cara celupkan kain yang bersih ke air dingin. Lalu kompreskan pada kulit yang gatal.
  4. Kalau memang gatal Anda parah, sebaiknya kunjungi dokter. Obat yang direkomendasikan dapat berupa antihistamin dan steroid yang dioleskan pada kulit. Antidepresan juga bisa direkomendasikan untuk meredakan rasa gatal.
  5. Selain air dingin, Anda juga bisa berendam di air hangat (suam-suam kuku). Mandi dengan sabun yang mengandung banyak pelembap, lalu oleskan lagi lotion setelah mandi.



Apa saja yang dapat menyebabkan kulit kering?

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kulit gatal karena kering seperti faktor usia yang tidak lagi muda. Penuaan dapat membuat perubahan pada jaringan sel kulit. Selain kehilangan elastisitasnya, kulit juga mulai kehilangan kelembapannya.

Kulit kering juga bisa disebabkan oleh penggunaan AC atau pemanas ruangan jangka panjang. Ada lagi, ini pasti membuat Anda kaget, ternyata mencuci (baju dan piring) serta mandi yang terlalu sering juga dapat menyebabkan kulit Anda kering.

Bagaimana cara mencegah kulit gatal dan kering?

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, akar permasalahan kulit gatal adalah karena kulit kering. Maka, Anda harus merawat kulit kering Anda, seperti dengan cara:

1. Gunakan sarung tangan saat bersih-bersih

Serius?  Ya, Anda harus melindungi tangan saat melakukan pekerjaan rumah, seperti mencuci piring dan baju. Sabun detergen dapat menyebabkan kulit kering dan iritasi, apalagi bagi Anda yang memiliki tipe kulit kering. Jika tangan Anda tetap terkena sabun, usahakan untuk memakai lotion setelahnya, agar tangan tetap lembap. Usakan pilih sarung tangan yang tidak terbuat dari lateks.

2. Mengonsumsi minyak ikan

Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada dokter, apakah Anda bisa menambahkan minyak ikan sebagai suplemen sehari-hari. Kulit bisa disebabkan oleh berbagai macam, seperti faktor usia dan lingkungan. Minyak ikan mengandung asam lemak yang dapat melembapkan kulit Anda. Selain baik untuk kesehatan kulit, asam lemak juga baik untuk kesehatan jantung, sehingga Anda mendapat manfaat lebih dalam mengatasi faktor-faktor tadi.

3. Oleskan petroleum jelly

Petroleum jelly dikenal sangat ampuh untuk mengatasi kulit kering. Berdasarkan riset American Academy of Dermatology, yang dikutip oleh webMD, petroleum jelly dapat melembutkan seluruh tubuh, mulai dari bibir hingga kaki Anda.

4. Oatmeal

Benarkah? Bagaimana bisa? Penelitian terbaru yang dikutip webMD menyebutkan bahwa gandum memiliki zat yang disebut avenanthramides, zat ini dapat meredakan peradangan dan kemerahan pada kulit. Bagaimana caranya? Anda bisa berendam dengan taburan oatmeal. Pertama, giling atau blender oatmeal , setelah itu taburkan pada bak atau tub dengan air mengalir. Berendamlah selama 15 menit.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Hati-hati Penggunaan Obat Kortikosteroid Berlebihan

Sering disebut "obat dewa" karena bisa menyembuhan alergi, gatal-gatal, hingga flu, obat kortikosteroid juga bisa berbahaya jika dipakai berlebihan.

Ditulis oleh: dr. Angga Maulana
Hidup Sehat, Tips Sehat 28 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

7 Bahan Dalam Krim Anti-Aging yang Perlu Anda Tahu

Produk krim wajah yang populer saat ini adalah jenis anti-aging. Tapi apa saja bahan krim anti-aging yang bisa mencegah penuaan pada kulit Anda?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Kecantikan 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit

3 Bahan Alami yang Bisa Mengusir Biang Keringat

Tidak menggunakan krim yang menyumbat saluran keringat, mungkin bisa jadi solusi. Namun tahukah Anda, ada bahan alami yang bisa mengusir biang keringat?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Tips Sehat 13 Juli 2020 . Waktu baca 3 menit

Ini Akibatnya Jika Bayi Memakai Popok Terlalu Lama

Kadang, ibu tidak memperhatikan kapan harus mengganti popok dan cenderung membiarkan bayinya memakai popok terlalu lama. Ini akibatnya pada bayi Anda.

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Penyebab dan pemicu penyakit psoriasis

Penyebab Psoriasis dan Faktor-Faktor Risiko yang Perlu Dihindari

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Dipublikasikan tanggal: 24 September 2020 . Waktu baca 8 menit
terapi urine minum air kencing

Terapi Urine dengan Minum Air Kencing, Benarkah Efektif?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 23 September 2020 . Waktu baca 8 menit
penyebab mengatasi kulit mengelupas

5 Cara Merawat Kulit yang Mengelupas

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 11 September 2020 . Waktu baca 5 menit
bibir gatal

7 Penyebab Bibir Hitam untuk Anda yang Tidak Merokok

Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 12 Agustus 2020 . Waktu baca 3 menit