Apakah Alergi Seafood Bisa Dicegah Sedini Mungkin?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 15/11/2019 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Makanan laut alias seafood adalah makanan favorit banyak orang karena rasanya yang lezat dan menggugah selera. Namun sayangnya, ada beberapa orang yang tidak bisa menikmatinya karena mengalami alergi seafood. Setiap jenis alergi tentu bisa diobati, tapi apakah alergi seafood ini bisa dicegah sejak kecil? Berikut penjelasannya.

Apakah alergi seafood bisa dicegah?

Alergi bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena makan seafood. Menurut Australian Society of Clinical Immunology and Allergy (ASCIA), sekitar 1 persen populasi di dunia punya alergi seafood. Bahkan, risiko alergi ini bisa meningkat sekitar 20 persen seiring dengan bertambahnya usia.

Penyebab alergi pada seafood diduga berasal dari zat histamin yang ada di dalam makanan tersebut. Kandungan histamin pada ikan, udang, cumi, kerang, kepiting, dan hewan laut lainnya termasuk tinggi, apalagi jika tidak terjamin kesegarannya.

Selain itu, protein di dalam kerang dan makanan laut lainnya cenderung sama dan memberikan respon alergi yang sama pula. Maksudnya jika Anda mempunyai alergi udang, maka Anda biasanya akan mengalami reaksi alergi yang sama setelah makan kerang, kepiting, atau lobster.

Biasanya, kulit gatal atau ruam yang muncul akibat alergi seafood dapat diobati dengan salep gatal atau obat oral antihistamin. Namun yang jadi pertanyaan, mungkinkah jenis alergi ini dicegah sedini mungkin?

Meskipun Anda memiliki riwayat alergi, Anda sebetulnya masih bisa mencegah alergi tersebut kambuh di lain waktu, lho. Ya, Anda juga bisa mencegah alergi seafood bahkan dimulai sedini mungkin.

Terlebih, tidak semua kasus alergi makanan pasti akan diturunkan dari orangtua ke anaknya. Ini artinya, bila Anda mengalami alergi pada seafood, maka belum tentu anak Anda juga akan memiliki alergi yang sama. Jadi, masih ada harapan bagi Anda untuk mencegah alergi pada si kecil.

Bagaimana cara mencegah alergi seafood?

makan pedas saat menyusui

Salah satu cara paling mudah untuk mencegah alergi pada anak adalah melakukan tes tusuk kulit. Melalui tes ini, Anda akan tahu seberapa besar risiko anak Anda mengalami jenis alergi yang sama dengan Anda.

Bila si kecil berisiko tinggi mengalami alergi pada seafood, jangan biarkan anak Anda menyentuh atau bahkan memakan makanan laut sedikitpun. Entah itu udang, kerang, kepiting, dan jenis krustasea lainnya.

Meskipun Anda punya alergi terhadap seafood, Anda sebetulnya bisa mencegah si kecil terkena alergi yang sama. Alergi akibat keturunan ternyata dapat dicegah atau dikurangi risikonya melalui pemberian ASI.

Dilansir dari wawancara yang dilakukan Antaranews, dokter spesialis anak sub-spesialis alergi imunologi dari RSCM, Dr. dr. Zakiudin Munasir, SpA(K), mengungkapkan bahwa pemberian ASI adalah cara paling sederhana dan efektif untuk mencegah alergi pada anak. Bila Anda tidak ingin si kecil terkena alergi yang sama, berikan ASI eksklusif dan maksimalkan hingga dua tahun untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Baca Juga:

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"

Yang juga perlu Anda baca

6 Penyebab Otak Anda Sulit Mengingat dan Mudah Lupa

Baru kenalan 5 menit yang lalu, sudah lupa namanya? Ada janji nanti sore, tapi Anda tak ingat? Ini berbagai penyebab sulit mengingat yang Anda alami.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 4 menit

5 Hal yang Sering Jadi Penyebab Mati Rasa pada Kaki dan Tangan

Mati rasa sering terasa pada jari, tangan, kaki, lengan, maupun telapak kaki Anda. Apa sebenarnya yang menjadi penyebab mati rasa?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

5 Manfaat Buah Melon yang Menyehatkan Tubuh

Suka makan buah melon? Tapi, tahukah Anda kalau manfaat buah melon sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia? Apa saja manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Hidup Sehat, Fakta Unik 22/07/2020 . Waktu baca 3 menit

5 Jenis Makanan yang Bikin Kita Sering Kentut

Bila dalam satu hari rasa ingin buang angin datang terlalu sering, lama-lama Anda tentu kewalahan. Apa saja makanan pemicu sering kentut?

Ditulis oleh: Theresia Evelyn
Hidup Sehat, Fakta Unik 21/07/2020 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

manfaat virgin coconut oil minyak kelapa dara; virgin coconut oil

Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan

Ditulis oleh: Ajeng Quamila
Dipublikasikan tanggal: 04/08/2020 . Waktu baca 4 menit
minum madu

Minum Madu Setelah Minum Obat, Boleh atau Tidak?

Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 27/07/2020 . Waktu baca 3 menit

Tidur yang Sehat, Dengan Lampu Menyala atau Mati?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit
apa itu power nap

Menguak Manfaat Power Nap dan Bedanya Dengan Tidur Siang Biasa

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 23/07/2020 . Waktu baca 4 menit