home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Adakah Orang yang Tidak Pernah Mimpi Saat Tidur?

Adakah Orang yang Tidak Pernah Mimpi Saat Tidur?

Setiap orang pasti pernah merasakan mimpi saat tertidur, beberapa mimpi mungkin merupakan hal yang indah atau bahkan buruk. Namun ternyata ada beberapa orang yang dalam tidurnya tidak pernah mengalami bermimpi.

Adakah orang yang tidak pernah mimpi?

Mimpi telah menjadi sumber daya tarik dan misteri untuk para peneliti dan masyarakat umum. Pada dasarnya semua orang bermimpi saat tidur, namun tidak semua orang ingat tentang mimpi mereka ketika mereka terbangun dari tidur.

Sebuah studi baru menjawab sejumlah pertanyaan yang banyak diperbincangkan terkait mengapa banyak orang yang tidak ingat dengan mimpinya. Meskipun para peneliti tidak dapat mengatakan dengan pasti apakah orang dipastikan bermimpi setiap malam, namun studi yang dipublikasikan dalam Journal of Sleep Research, menunjukkan bahwa kita bermimpi lebih sering dari yang kita sadari.

Untuk mendapatkan tanda objektif bahwa orang bermimpi, para peneliti menggunakan 289 orang yang dijadikan sampel penelitian dengan gangguan tidur REM (Rapid Eye Movement) yaitu ditandai dengan pergerakan mata yang cepat dan merupakan tahap di mana mimpi terjadi. Selama fase ini, tubuh lumpuh sehingga seseorang tidak bertindak menuruti mimpinya dalam tidur.

Setelah mereka terbangun, penulis studi tersebut memberi kuesioner meminta orang-orang menjawab apakah mereka bermimpi atau tidak. Bahkan ketika mereka mengatakan mereka tidak bermimpi, setiap satu dari peserta menunjukkan tanda-tanda bahwa mereka mengalaminya.

Ketika kita bermimpi, kita menduga ini adalah pengalaman subjektif dari masing-masing orang. Studi juga menemukan jika aktivitas otak dari orang-orang yang mengingat mimpi mereka berbeda dari orang-orang yang tidak ingat mimpi apa semalam. Tetapi perbedaan itu terkait pada memori, bukan pada mimpi itu sendiri. Jadi kemungkinan besar dalam tidur kita bermimpi walaupun kita tidak mengingat hal tersebut saat bangun.

Bagaimana caranya agar kita bisa mengingat mimpi kita?

Berikut ini adalah beberapa cara agar Anda lebih sadar terhadap apa saja yang terjadi pada alam bawah sadar Anda ketika tidur:

1. Peka terhadap lingkungan sekitar

Hasil penelitian menunjukkan jika orang yang memiliki daya ingat tinggi mungkin lebih reaktif terhadap rangsangan seperti suara yang bisa membuat mereka lebih mudah bangun. Hal ini membuat orang tersebut lebih mungkin akan ingat mimpi mereka saat mereka terbangun.

2. Si tukang tidur

Orang yang sering terbangun pada malam hari juga lebih mudah untuk mengingat mimpi mereka agar mendapat tidur malam yang baik setiap hari. Namun dalam kasus ini, lebih baik jika memperbaiki siklus tidur agar mendapatkan kualitas tidur yang baik.

3. Hindari meminum obat tidur

Berbagai macam obat seperti obat ambeien mempengaruhi berapa banyak waktu yang Anda habiskan jika mengalami gangguan tidur REM (fase tidur saat mimpi terjadi), sehingga dalam kasus ini, kurangnya daya ingat dan memori benar-benar bisa sesuai dengan ketidakhadiran mimpi itu sendiri.

4. Membuat catatan

Jika Anda benar-benar serius untuk mengeksplor dengan alam bawah sadar Anda, Anda dapat mencoba membuat sebuah catatan mimpi yang ditulis setiap kali Anda terbangun dari tidur. Jika Anda malas untuk menulis, Anda bisa merekam menggunakan ponsel Anda untuk menceritakan tentang mimpi Anda. Hal ini ampuh membantu Anda mengingat tentang mimpi Anda ketika Anda bangun.

5. Mengaktifkan alarm saat tidur

Anda bisa saja lupa tentang mimpi Anda karena terkejut dari bunyi alarm. Hal ini membuat Anda berada dalam keadaan setengah tertidur di mana Anda terbangun dengan impian Anda masih dalam pikiran seperti mengawang-ngawang.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Foto Penulis
Ditulis oleh Risky Candra Swari
Tanggal diperbarui 18/03/2017
x