backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

Lakukan Self Care dengan Memaksimalkan Perawatan Kulit

Ditinjau secara medis oleh dr. Erika Nurhandayani Zoulba, Sp.KK · Spesialis Kulit dan Kelamin · Prossi Clinic Kebayoran Lama


Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 07/10/2022

    Lakukan Self Care dengan Memaksimalkan Perawatan Kulit

    Saat mendengar kata self care, mungkin Anda berpikir tentang cara menjadi sehat secara fisik, misalnya mengonsumsi makanan bergizi. Namun, di antara itu, perawatan kulit juga menjadi bagian self care yang penting dan bermanfaat untuk tubuh Anda.

    Nah, sebagai bagian dari self care, apa manfaat perawatan kulit ini? Langkah perawatan kulit apa saja yang bisa dilakukanSimak ulasan ini untuk tahu jawabannya.

    Manfaat dan pentingnya perawatan kulit untuk self care 

    Anda tentu sudah tahu bahwa kulit merupakan lapisan terluar dari tubuh Anda. Lapisan ini melindungi tubuh Anda dari berbagai zat atau elemen luar, seperti sinar UV, polusi, atau asap rokok.

    Sebagai pelindung, lapisan luar tubuh ini menjadi lebih rentan rusak akibat paparan tersebut. Kulit Anda bisa menjadi iritasi, berjerawat, muncul bintik hitam, atau mengalami kerusakan kulit yang permanen.

    Bahkan, risiko kanker kulit pun meningkat bila Anda tidak melakukan perawatan kulit. Ini artinya, manfaat melakukan perawatan kulit lainnya juga bisa membuat Anda lebih sehat secara fisik yang tentu merupakan bagian dari self care itu sendiri.

    Bukan cuma itu, perawatan kulit, terutama wajah, juga mendatangkan manfaat lainnya. Salah satunya membuat Anda lebih percaya diri dan tampil menawan.

    Adapun hal-hal tersebut dapat membantu Anda mengurangi stres serta mendapatkan kebahagiaan. Anda pun bisa menjadi lebih berenergi, sehingga dapat menjalankan aktivitas sebaik mungkin.

    Di sisi lain, langkah-langkah self care lainnya juga bisa memberi manfaat untuk kesehatan kulit Anda. Mengontrol stres, makan makanan bergizi, serta rutin berolahraga bisa membuat kulit terlihat lebih muda dan terhindar dari berbagai masalah kulit yang mungkin timbul.

    Tips melakukan perawatan kulit sebagai bagian dari self care 

    klinik perawatan kulit

    Cara termudah untuk melakukan self care dan mencintai diri sendiri adalah dengan mensyukuri dan mengoptimalkan tubuh Anda tanpa perlu mengubah bentuk dan fungsinya. Hal ini diungkapkan oleh Dokter Spesialis Kulit dr. Erika Nurhandayani Zoulba, Sp.KK.

    Dokter Erika menjelaskan, tidak semua orang terlahir dengan fisik yang sempurna menurut pandangan banyak orang, seperti kulit putih, rambut lurus, hidung mancung, badan langsing, dan sebagainya.

    “Tapi semua orang bisa memunculkan sisi terbaik masing-masing. Kalau kulitnya nggak putih, ya minimalnya nggak kusam. Kalau dari lahirnya sudah gemuk, minimalnya nggak obesitas,” katanya saat di acara perayaan ulang tahun ke-3 Prossi Clinic di Twin House Cipete pada 25 Oktober 2022.

    Setidaknya, lanjut dr. Erika, seseorang harus memenuhi standar kriteria kulit yang sehat. Apalagi, sebagai organ terluar, kulit merupakan bagian tubuh yang paling terlihat.

    Di samping itu, artis sekaligus politikus Wanda Hamidah berbagi pengalamannya dalam melakukan perawatan kulit. Menurutnya, ia telah menjaga kesehatan diri sejak berusia 30 tahun dengan tidak memforsir fisik, cukup istirahat, menjaga pola makan, dan rutin berolahraga.

    “Sebagai seorang anak, ibu, dan istri, ada orang-orang yang harus kita rawat. Gimana kita bisa merawat orang lain kalau kita nggak memulai dengan merawat diri sendiri,” ucapnya.

    Untuk menjaga kesehatan kulitnya, Wanda menceritakan bahwa dirinya melakukan tindakan pencegahan sebelum masalah kulit muncul. Misalnya dengan melakukan injeksi DNA Salmon, IPL (Intense Pulse Light) Hair Removal, dan PRP (platelet rich plasma).

    “Itu sudah terasa untuk regenerasi kulit saya. Jadi walaupun masuk ambang usia, tapi tidak kalah dengan ponakan,” tambah Wanda.

    Tips perawatan kulit lainnya

    Di samping tips-tips dari dr. Erika dan Wanda di atas, Anda juga bisa mendapat manfaat perawatan kulit dan self care dengan melakukan beberapa langkah lainnya, seperti berikut ini.

  • Gunakan sunscreen setiap hari sebelum beraktivitas di luar rumah.
  • Berhenti atau tidak merokok.
  • Menggunakan produk skin care sesuai kondisi dan kebutuhan kulit Anda.
  • Bersihkan kulit wajah setiap bangun dan sebelum tidur serta jika berkeringat.
  • Melakukan perawatan kulit di klinik kecantikan atau dokter kulit.
  • Jangan menggaruk kulit yang teriritasi, termasuk berjerawat.
  • Minum cukup air putih.
  • Makan makanan yang kaya akan antioksidan, vitamin A, C, dan E, serta lemak baik, seperti omega 3 dan omega 6.
  • Mendapatkan manfaat perawatan kulit lewat akupunktur

    terapi akupunktur untuk meningkatkan kesuburan

    Selain cara-cara di atas, akupunktur ternyata juga dapat menjadi rangkaian dari perawatan kulit sebagai bentuk self care Anda. Pasalnya, pengobatan yang diadaptasi dari kedokteran Cina ini dapat memberikan manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit Anda.

    “Akupunktur dapat dilakukan dengan tujuan kecantikan dengan cara memasukkan jarum ke jaringan kulit lalu masuk ke elastin untuk menambah kekenyalan kulit,” ujar dr. Prinsa Raudha Acna, Sp.AK sebagai spesialis akupunktur.

    Bukan cuma untuk kulit, self care dengan akupunktur dapat memberi manfaat untuk kesehatan tubuh Anda secara menyeluruh.

    Sebab, jenis pengobatan ini dapat membantu menghalangi rasa nyeri punggung dan pinggang serta mengurangi kadar asam lambung untuk mengatasi maag dan migrain.

    Untuk mendapatkan berbagai jenis perawatan kulit, Anda bisa mendatangi Prossi Clinic yang berlokasi di Tebet, Kebayoran Lama, dan Bintaro. Datang langsung ke lokasi klinik atau booking Prossi Clinic terlebih dahulu melalui Hello Sehat.

    Catatan

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Erika Nurhandayani Zoulba, Sp.KK

    Spesialis Kulit dan Kelamin · Prossi Clinic Kebayoran Lama


    Ditulis oleh Ihda Fadila · Tanggal diperbarui 07/10/2022

    advertisement iconIklan

    Apakah artikel ini membantu?

    advertisement iconIklan
    advertisement iconIklan