5 Kiat Mudah Memanjangkan Kuku di Rumah

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 November 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Anda sebenarnya tidak perlu sampai merogoh kocek dalam-dalam untuk merawat kuku. Perawatan kuku bisa Anda lakukan sendiri selama waktu luang di rumah. Kalau Anda sedang mencari cara untuk memanjangkan kuku dan menguatkannya, simak informasi lengkapnya dalam artikel ini.

Cara sederhana memanjangkan kuku

Kuku merupakan cerminan kesehatan Anda secara keseluruhan. Kuku yang sehat dan normal memiliki tekstur permukaan yang halus, mulus, tidak beralur atau berlekuk (meskipun pada kebanyakan kasus ini hal yang biasa). Idealnya, semua warna kuku seragam dan konsisten, yaitu putih bersih dengan ujung kuku putih susu, serta terbebas dari bercak, noda, atau perubahan warna.

Kuku jemari orang dewasa yang sehat tumbuh kira-kira 3,6 mm per bulan. Pertumbuhan kuku itu sendiri juga dipengaruhi oleh seberapa baik asupan nutrisi yang Anda dapat dari makanan. Nah, jika Anda merasa kuku Anda tumbuhnya lambat, berikut ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memanjangkan kuku:

1. Pakai biotin

Biotin merupakan jenis vitamin B yang memiliki peranan sangat besar dalam reaksi biokimia di dalam tubuh, seperti mengubah makanan menjadi energi. Tidak hanya itu, dalam beberapa penelitian diketahui bahwa mengonsumsi suplemen biotin setiap hari dapat meningkatkan ketebalan kuku dan mencegah kuku jadi gampang retak dan pecah. Penelitian lain juga mengatakan bahwa dengan memberi 2,5 miligram setiap hari dapat mempercepat pertumbuhan dan memperbaiki kekuatan kuku hanya dalam beberapa minggu.

Selain dari suplemen, Anda juga bisa mendapatkan asupan biotin secara alami dari:

  • Ragi
  • telur matang
  • Sarden
  • Kacang-kacangan
  • Biji-bijian
  • Kedelai
  • Kembang kol
  • Pisang
  • Jamur

2. Hindari cairan penghapus kutek (aseton)

Para ahli dermatologi sepakat bahwa penggunaan cairan penghapus kutek atau aseton harus dihindari jika Anda ingin kuku cepat tumbuh dan sehat secara keseluruhan. Pasalnya, selain aseton bisa menyebabkan kuku Anda jadi kuning dan kusam, cairan ini pun bisa mengikis lapisan kulit kuku Anda.

Sebagai gantinya, Anda bisa menghapus kutek dengan cairan alami yang terbuat dari perasan lemon dan cuka apel. Selain lebih murah, metode ini juga aman untuk kuku Anda sehingga membuat kuku jadi lebih sehat, kuat dan bersinar.

3. Jangan potong kutikula kuku

Kutikula adalah lapisan kulit di pangkal tempat tumbuhnya kuku, yang berfungsi sebagai penghalang alami jamur dan bakteri.

Menghilangkan kutikula kuku sama saja Anda menghilangkan sistem perlindungan alami kuku Anda. Memotong kutikula juga bisa berdampak pada infeksi kuku yang akan menimbulkan ruam merah, bengkak, kuku tidak rata, bahkan kerusakan permanen pada kuku Anda.

4. Perhatikan asupan makanan

Sama halnya dengan kulit, kuku Anda pun perlu diberi asupan nutrisi agar tetap sehat. Mengonsumsi makanan seimbang yang mengandung protein, vitamin, dan mineral tidak hanya membuat tubuh Anda sehat, namun juga membuat kuku Anda terawat dan lebih kuat.

5. Perawatan lainnya

Perawatan kuku secara teratur dapat membantu meningkatkan kekuatan kuku Anda, mendorong pertumbuhannya dan mengurangi kerusakan. Selain beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa perawatan lainnya yang juga tidak kalah penting untuk Anda lakukan, yaitu:

  • Menjaga kuku agar tetap kering dan bersih, sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur di kuku Anda.
  • Saat mencuci piring, pakaian, ngepel, dan kegiatan lainnya yang bersentuhan dengan air, ada baiknya Anda pakai sarung tangan untuk mencegah air atau detergen mengenai kuku Anda dan membuatnya semakin rapuh.
  • Oleskan tangan dan kuku Anda dengan pelembap secara rutin.
  • Menggunting kuku secara rutin akan membuat kesehatan kuku terjaga serta terlihat bersih dan cantik. Setelah memotong kuku, cobalah untuk menghaluskan bagian ujung kuku dengan kikir.
  • Saat melakukan perawatan kuku, jangan lupa memberikan pelembap untuk merawat bagian kutikula. Tapi ingat, jangan menggosok terlalu kencang atau bahkan mengupas kutitula bisa membuat kuku terkena infeksi.
  • Hindari melakukan kebiasaan menggigit kuku.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

4 Minyak Oles untuk Menguatkan Kuku yang Rapuh

Kuku yang mudah patah alias rapuh, merupakan ciri-ciri kuku yang tidak sehat. Anda bisa pakai 4 minyak oles alami ini untuk kuku jadi lebih kuat.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 18 November 2019 . Waktu baca 3 menit

Tinggalkan Kebiasaan Menggigiti Kuku, Jika Tak Mau Alami 7 Bahaya Ini

Ternyata, bahaya dari menggigit kuku sendiri dapat mengganggu kesehatan Anda. Mulai dari kesehatan mulut dan gigi hingga infeksi kulit.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 19 Mei 2019 . Waktu baca 4 menit

3 Kiat Ampuh Mengatasi Jari Bengkak Akibat Infeksi Kulit di Sekitar Kuku (Paronikia)

Paronikia adalah infeksi pada kulit sekitar kuku yang membuat jari bengkak dan meradang. Intip cara mengatasi jari bengkak akibat paronikia disini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Kulit, Penyakit Infeksi Kulit 15 Maret 2019 . Waktu baca 4 menit

Tips Merawat Kuku Agar Tetap Sehat dan Kuat

Kuku yang sehat seharusnya kuat dan tidak mudah patah, permukaannya rata dan halus, dan berwarna jernih. Simak tips merawat kuku supaya tetap sehat di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Kulit, Perawatan Kuku 12 Januari 2019 . Waktu baca 4 menit



Direkomendasikan untuk Anda

makanan untuk kuku

6 Makanan untuk Membuat Kuku Kuat dan Sehat

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 4 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
kuku yang kuat

Nutrisi dan Makanan untuk Kuku Kuat

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Rr. Bamandhita Rahma Setiaji
Dipublikasikan tanggal: 21 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
penyebab cantengan; kuku cantengan

Pilihan Cara dan Obat untuk Mengatasi Cantengan

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 8 Juli 2020 . Waktu baca 8 menit
cara membersihkan gunting kuku

Cara Membersihkan Gunting Kuku yang Tepat dan Mudah

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 11 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit