Yang Perlu Disiapkan Sebelum Anak Berolahraga

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum.

Sama seperti orang dewasa, anak-anak juga butuh olahraga secara rutin supaya bisa tumbuh sehat. Berolahraga secara rutin berguna untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan otot anak, meningkatkan kebugaran dan kekebalan tubuh, mengasah kemampuan motorik, hingga mencegah anak dari risiko penyakit kronis. Namun, sebelum anak olahraga, ada beberapa hal yang harus orangtua persiapkan. Apa saja?

1. Asupan makanan

Olahraga membutuhkan banyak tenaga. Nah, agar anak tidak kelaparan saat olahraga, penting bagi Anda untuk menyiapkan asupan makanan yang tepat agar ia bisa mendapatkan pasokan energi yang cukup untuknya.

2. Perlengkapan olahraga

Tergantung pada jenis olahraga yang akan dilakukan, memastikan kelengkapan alat olahraga anak juga penting untuk diperhatikan. Hal ini karena perlengkapan olahraga yang tepat akan melindungi anak Anda dari risiko cedera.

Misalnya, jika si kecil berencana ingin bersepeda, Anda bisa memastikan jika ia memakai helm, pelindung siku, serta lutut. Sama halnya apabila anak ingin berenang, pastikan ia menggunakan baju renang yang ukuranya pas dan tidak kebesaran sehingga tidak menyulitkannya untuk bergerak. Gunakan kacamata renang untuk mencegah mata dari iritasi akibat kaporit, dan siapkan pelampung jika anak Anda belum terlalu mahir berenang.

3. Kondisi tubuh

Sebelum anak olahraga pastikan jika ia sedang berada dalam keadaan fit. Pasalnya, berolahraga saat anak sedang sakit atau merasa tidak enak badan justru akan memperburuk keadaannya. Hal ini pun juga akan meningkatkan risiko anak mengalami cedera karena dalam kondisi yang tidak fit anak Anda jadi lebih sulit untuk berkonsentrasi.

Selain kondisi tubuh, pastikan juga jika semalam si kecil mendapatkan tidur yang cukup. Tubuh yang kurang tidur dan kelelahan juga akan membuatnya semakin berisiko cedera saat olahraga.

4. Kebutuhan cairan

Menjaga kebutuhan cairan tubuh si kecil agar tetap tercukupi merupakan salah satu hal penting yang perlu Anda perhatikan sebelum anak olaharaga. Itu sebabnya, sediakan selalu sebotol air putih saat anak olahraga. Hal ini dilakukan untuk mencegah anak dehidrasi selama olahraga.

Tidak hanya itu, selalu siap sedia sebotol air putih juga jadi salah satu cara agar anak tidak jajan sembarangan seperti minuman soda atau minuman lainnya yang justru dapat menambahkan konsumsi gula yang tidak diperlukan.

Tips memotivasi anak untuk berolahraga

Olahraga memang penting, namun jangan sampai Anda memaksakan si kecil untuk berolahraga karena justru akan membuat anak jadi tertekan. Akibatnya, ia bisa saja tidak mau untuk melakukan olahraga lagi di kemudian hari.

Nah, agar anak tertarik untuk berolahraga, Anda pun harus pintar-pintar membuat suasana olahraga jadi menyenangkan. Anda tidak perlu mengajak si kecil olahraga berat. Cukup ajak anak Anda melakukan beragam aktivitas fisik yang ringan dan menyenangkan seperti bersepeda, berenang, senam sehat, atau jalan pagi.

Ingat, anak merupakan peniru yang ulung. Itu sebabnya, jadilah panutan yang baik untuk Anda sendiri. Jika Anda ingin si kecil rutin berolahraga atau sekedar aktif bergerak, Anda pun harus melakukannya. Hal ini dilakukan agar anak Anda termotivasi dan lebih bersemangat untuk berolahraga karena mengikuti apa yang dilakukan oleh orangtuanya. Jangan lupa, tunjukkan padanya bahwa olahraga itu adalah hal yang menyenangkan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca