Bolehkah Memandikan Bayi yang Sedang Demam?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Desember 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Demam atau panas mungkin adalah salah satu kondisi kesehatan yang sering terjadi pada bayi Anda. Demam merupakan tanda bahwa tubuh sedang bertarung dengan infeksi yang menyerang tubuh. Ini merupakan salah satu respon dari sistem kekebalan tubuh Anda. Terkadang orangtua sangat khawatir saat mengetahui bayinya terserang demam.

Memang, diperlukan penanganan khusus untuk dapat meredakan demam pada bayi. Salah satu yang biasa dilakukan untuk meredakan demam pada bayi adalah dengan memandikannya air hangat. Namun, apakah boleh bayi mandi saat demam? Benarkah mandi dapat menurunkan demam?

Apakah boleh bayi mandi saat demam?

Sebenarnya tidak ada yang melarang bayi mandi saat demam. Bahkan para ahli terdahulu merekomendasikan agar bayi mandi saat demam. Namun begitu, tidak lagi untuk sekarang. Jika diperlukan, bayi demam boleh saja dimandikan dan boleh saja tidak dimandikan.

Bayi demam boleh dimandikan dengan syarat air yang dipakai haruslah air hangat. Jangan memandikan bayi yang sedang demam dengan air dingin karena ini akan membuat bayi menggigil. Air juga tidak boleh terlalu panas. Air yang terlalu panas dapat membuat kulit bayi terluka dan juga dapat membuat bayi menggigil sesudah dimandikan.

Jika bayi terlihat menggigil saat dimandikan, sebaiknya segera angkat bayi dari bak mandi dan memakaikannya pakaian hangat (tapi jangan terlalu tebal dan banyak lapisan). Jangan biarkan bayi mandi dalam waktu lama sampai menggigil saat demam. Menggigil hanya akan meningkatkan suhu tubuh bayi bukan membantu menurunkan suhunya. Atau, Anda juga bisa memandikan bayi dengan cara hanya membasuhnya dengan waslap yang telah dicelupkan air hangat. Cara ini mungkin lebih aman dilakukan.

Apakah mandi dapat menurunkan demam pada bayi?

Walaupun di masa lalu orang mempercayai bahwa mandi dapat membantu menurunkan suhu tubuh bayi yang panas, namun ternyata ini bukan cara yang terbaik untuk dilakukan. Bayi bisa saja menggigil saat mandi. Untuk mencegah hal ini, maka sebaiknya Anda memberikan obat penurun panas terlebih dahulu kepada bayi sebelum bayi mandi air hangat, seperti paracetamol atau ibuprofen. Konsultasikan dengan dokter atau baca petunjuk pemakaian untuk mengetahui dosis yang harus diberikan kepada bayi Anda.

Setelah diberikan obat penurun panas, bayi Anda mungkin tidak akan menggigil setelah dimandikan. Sehingga, kombinasi dari pemberian obat penurun panas dan mandi air hangat dapat membantu menurunkan demam bayi lebih baik. Bayi yang tidak diberikan obat sebelum mandi mungkin akan menggigil karena tubuhnya akan mencoba untuk menaikkan suhunya lagi. Sehingga, hal ini dapat membuat demam menjadi lebih buruk.

Kapan bayi yang demam harus segera dibawa ke dokter?

Jika bayi masih sangat muda, di mana sistem kekebalan tubuhnya masih belum matang, sebaiknya segera bawa bayi ke dokter jika bayi mulai demam. Jangan coba-coba untuk memandikan bayi. Demam pada bayi yang masih sangat muda dapat menjadi sangat mengkhawatirkan. Anda mungkin tidak bisa menangani demam bayi sendiri di rumah.

Jika demam bayi sudah mencapai suhu seperti di bawah ini, sebaiknya segera bawa bayi Anda ke dokter:

  • Bayi usia kurang dari 3 bulan: suhu tubuh 38°C atau lebih
  • Bayi usia 3-6 bulan: suhu tubuh 38,3°C atau lebih
  • Bayi usia lebih dari 6 bulan: suhu tubuh 39,4°C atau lebih

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Kejang Demam (Step) pada Anak, Apa yang Harus Dilakukan?

Wajar bila orangtua panik saat bayi atau balitanya mendadak step alias kejang saat demam. Tapi sebenarnya, kondisi ini tak seburuk kelihatannya, kok.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Parenting, Tips Parenting 21 Juli 2020 . Waktu baca 6 menit

Agar Tidak Bingung, Berikut Cara Memandikan Bayi Baru Lahir

Sebagai orangtua baru, tak perlu takut saat memandikan bayi, Berikut panduan atau cara memandikan bayi baru lahir untuk Anda praktikkan.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25 Juni 2020 . Waktu baca 9 menit

Ruam Popok

Bayi yang keseringan pakai popok, memang rentan terkena ruam popok. Jangan khawatir, ikuti cara berikut ini untuk mengobati dan mengatasi ruam popok.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Bayi, Perawatan Bayi, Parenting 25 Juni 2020 . Waktu baca 13 menit

Mimpi Buruk Saat Demam Tinggi? Inilah Penyebabnya

Waktu kecil atau bahkan saat dewasa, Anda mungkin pernah mengalami mimpi buruk saat demam atau sakit. Pasti sangat mengganggu, kan? Nah, ini dia alasannya!

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Hidup Sehat, Fakta Unik 14 Juni 2020 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

bisul atau abses

Bisul

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 9 November 2020 . Waktu baca 10 menit
imunisasi bayi dan anak

Penjelasan Lengkap Imunisasi, Mulai dari Pengertian, Manfaat, Sampai Jenisnya

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 2 Oktober 2020 . Waktu baca 7 menit
cara alami mengatasi demam pada anak

Cara Alami Atasi Demam Anak Sebelum Pergi ke Dokter

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki
Dipublikasikan tanggal: 21 Juli 2020 . Waktu baca 4 menit
bayi demam naik turun

Penyebab Demam Naik Turun Pada Bayi (dan Cara Mengatasinya)

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 21 Juli 2020 . Waktu baca 3 menit