Tips & Trik Menghadapi Menstruasi Pertama Di Sekolah

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 5 September 2019 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Teman saya  semuanya sudah mendapatkan haid pertama. Saya kapan? Pertanyaan ini sering kali menghantui anak perempuan yang masih menunggu kapan tiba hari besarnya. Sebagian besar remaja perempuan lain juga kerap dihinggapi perasaan cemas akan datangnya menstruasi, terutama bagi mereka yang siklus menstruasinya masih belum teratur dari waktu ke waktu.

Rasa deg-degan ini berubah menjadi kepanikan saat tiba-tiba menstruasi pertama datang di sekolah. Rok “tembus” pasti rasanya memalukan dan bikin tidak nyaman. Apalagi kalau ketahuan teman sekelas. Padahal, kita bisa berjaga-jaga, lho!

Cara mempersiapkan diri

Agar tidak panik saat menstruasi mendadak, selalu persiapkan perlengkapan cadangan. Simpan 1-2 pembalut dalam dompet, tas sekolah, atau laci meja Anda. Pembalut terbuat dari bahan penyerap cairan yang akan menempel pada celana dalam Anda. Pembalut tersebut akan menyerap darah dan menampungnya agar tidak bocor keluar.

Pilihan lainnya adalah tampon. Tampon adalah alat penyerap cairan berbentuk silinder yang dimasukkan ke dalam vagina. Menggunakan tampon akan membuat Anda lebih nyaman berolahraga atau berenang. Meskipun begitu, penggunaan tampon saat menstruasi di kalangan perempuan Indonesia memang tidak lazim karena alasan kepraktisan.

Jika Anda belum mendapat menstruasi, diskusikan dengan orang dewasa yang bisa membantu Anda mendapatkan perlengkapan “pertolongan pertama”, dengan ibu, kakak perempuan, atau siapapun yang Anda merasa nyaman untuk membicarakan hal tersebut. Jelaskan bahwa Anda ingin merasa siap ketika menstruasi akhirnya datang melanda.

Bicarakan pula dengan dokter Anda saat pemeriksaan rutin bulanan. Hanya dengan melakukan pemeriksaan singkat dan mengamati seberapa jauh Anda telah berkembang, dokter Anda dapat memberi tahu perkiraan kasar kapan Anda akan mendapat menstruasi pertama Anda.

“Si merah” datang saat Anda sedang di sekolah? Nah, lho!

Tidak semua perempuan siap dalam menghadapi menstruasi. Namun, jangan khawatir karena menstruasi mendadak biasa terjadi bahkan pada wanita dewasa sekalipun. Jika Anda sedang berada di sekolah dan tiba-tiba menstruasi datang saat Anda tidak memiliki persiapan, apa yang harus Anda lakukan?

Pergi ke klinik sekolah (UKS). Jika tidak ada perawat, hubungi guru BP. Atau, Anda dapat meminta bantuan seorang guru yang Anda merasa nyaman berbicara dengannya. Mereka dapat membantu Anda untuk mendapatkan perlengkapan yang dibutuhkan. Tidak perlu malu, katakan saja yang sebenarnya bahwa Anda baru mendapat haid pertama dan Anda tidak membawa pembalut atau pakaian cadangan. Jika Anda merasa sungkan berbicara pada guru pria, minta tolong untuk panggilkan guru wanita.

Setelah Anda mendapat pembalut di sekolah, Anda mungkin ingin menelepon orangtua Anda untuk memberi tahu apa yang terjadi, jika Anda membutuhkan pakaian ganti, dan bahwa Anda baik-baik saja.

Tidak perlu gusar saat menstruasi melanda.

Rokku “tembus”. Harus bagaimana?

Sangat jarang untuk menstruasi pertama mengeluarkan darah yang sangat banyak, sehingga Anda akan lebih mudah mengatasi kebocoran sebelum menyebar ke mana-mana. Tetapi, jika pakaian Anda ternoda darah saat menstruasi, kunjungi klinik sekolah atau guru BP. Daripada khawatir sepanjang hari mencemaskan bahwa orang-orang lain akan melihat noda ‘aneh’ di pakaian Anda, lebih baik minta bantuan guru untuk mendapatkan baju ganti yang tersedia di klinik sekolah atau telepon orangtua Anda untuk membawakannya dari rumah.

Jika teman-teman lain menyadari noda di rok seragam Anda, tidak usah panik. Katakan saja kalau Anda menumpahkan makanan atau minuman dan perlu mengganti baju.

Walaupun menstruasi di sekolah bikin resah dan tidak nyaman, selalu ingat bahwa teman dekat atau guru dapat membantu Anda. Seiring waktu, Anda akan membentuk kebiasaan untuk selalu membawa pembalut dan pakaian cadangan selama menstruasi. Persiapan yang memadai akan mempermudah Anda menghadapi menstruasi.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Untuk Para Suami, Ini 10 Trik Memanjakan Istri Agar Lebih Bergairah

    Pasangan Anda belum cukup luwes dan percaya diri saat berhubungan intim? Tenang, ini dia berbagai cara merangsang istri yang ampuh dan penuh kehangatan.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Kesehatan Seksual, Tips Seks 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

    4 Hal yang Harus Langsung Dilakukan Wanita Setelah Seks

    Tiap wanita mungkin punya kebiasaan yang berbeda. Namun, ada empat hal yang wajib wanita lakukan setelah seks, demi kesehatannya.

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Kesehatan Seksual, Tips Seks 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

    Trikomoniasis

    Definisi trikomoniasisTrikomoniasis atau trichomoniasis adalah penyakit infeksi pada alat kelamin yang disebarkan melalui hubungan seksual. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi parasit bernama Trichomonas vaginalis. Trikomoniasis ...

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Kesehatan Seksual, Trikomoniasis 2 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit

    Ejakulasi Dini

    Ejakulasi dini adalah penyakit. Cari tahu gejala, penyebab, diagnosis, pengobatan, obat, diet, serta cara mengontrol dan mencegahnya di Hello Sehat.

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Diah Ayu
    Kesehatan Pria, Impotensi 2 Januari 2021 . Waktu baca 12 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    impotensi

    Impotensi (Disfungsi Ereksi)

    Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Atifa Adlina
    Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 9 menit
    buah zakar gatal

    4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
    cara tahan lama

    Berbagai Cara Agar Pria Tahan Lama Saat Berhubungan Seks

    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Dipublikasikan tanggal: 19 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit
    arti desahan wanita

    Mengapa Wanita Lebih Sering Mendesah di Ranjang Dibanding Pria?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 18 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit