Masa bayi adalah masa di mana bayi mengalami banyak perubahan dalam hal pertumbuhan juga perkembangan. Salah satu pertumbuhan yang paling bisa dilihat pada masa bayi adalah pertumbuhan gigi bayi. Usia 6 bulan merupakan usia rata-rata gigi bayi mulai tumbuh. Namun, bagaimana kalau bayi belum tumbuh gigi pada usia ini, apakah normal?

Kapan biasanya anak mulai tumbuh gigi?

Sebenarnya, gigi bayi sudah mulai tumbuh sejak masih dalam kandungan. Namun, gigi bayi ini masih tersembunyi di bawah gusi, belum muncul ke permukaan gusi. Baru pada usia sekitar 4-7 bulan gigi pertama anak mulai muncul ke permukaan gusi.

Nah, pada saat mulai tumbuh gigi ini, biasanya anak akan mengeluarkan air liur lebih banyak dari biasanya. Anak juga mungkin akan lebih rewel dari biasanya, menolak makanan, sampai susah tidur.

Beberapa orangtua juga menyangka bahwa demam atau diare merupakan tanda-tanda gigi mulai tumbuh pada bayi. Padahal demam atau diare tidak ada hubungannya dengan pertumbuhan gigi pada bayi, ini bukanlah gejala yang normal. Sebaiknya segera periksakan ke dokter jika anak mulai demam tinggi atau diare.

Apakah normal jika anak usia lebih dari 6 bulan belum tumbuh gigi?

Merupakan suatu hal yang normal jika pertumbuhan dan perkembangan anak Anda berbeda dengan anak lainnya. Pertumbuhan dan perkembangan anak bukanlah suatu hal yang selalu sama antar anak.

Jadi, jika anak Anda belum tumbuh gigi di usianya yang sudah menginjak lebih dari enam bulan, ini merupakan suatu hal yang normal. Sebagian besar bayi akan mendapatkan gigi pertamanya pada usia enam bulan. Namun, beberapa bayi juga ada yang tumbuh gigi lebih cepat, yaitu pada usia empat bulan, sementara ada juga bayi yang baru mempunyai gigi pertama di usia tujuh belas bulan.

Tumbuh gigi di usia bayi yang menginjak tujuh belas bulan bukan menjadi patokan bahwa ada masalah dalam perkembangan bayi secara keseluruhan, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan hal ini. Namun, jika bayi Anda belum tumbuh gigi di usianya yang sudah menginjak 18 bulan, sebaiknya periksakan hal ini ke dokter. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan darah dan rontgen untuk mencari tahu penyebabnya.

Apa yang harus dilakukan saat gigi bayi mulai tumbuh?

Saat gigi bayi mulai tumbuh, sebaiknya berikan bayi sesuatu untuk dikunyah, seperti finger food (makanan yang mudah digenggam oleh bayi dan bertekstur agak keras). Hal ini bisa mengurangi ketidaknyamanan bayi pada gusinya. Anda juga bisa memberikan makanan yang dingin seperti yogurt, untuk membantu mengurangi rasa nyeri pada gusi bayi.

Selain itu, Anda juga bisa menggosok jari Anda di atas gusi bayi dengan lembut untuk mengurangi rasa nyeri pada gusi bayi sementara waktu. Jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu sebelum melakukan hal tersebut.

Saat gigi bayi sudah mulai muncul ke permukaan gusi, sebaiknya jaga kebersihan gigi bayi secara rutin. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menggosok gigi bayi dengan sikat gigi khusus bayi atau bisa juga dengan cara mengusap atau menyeka gigi bayi dengan kain lembut setelah bayi makan atau minum susu.

Baca Juga:

Sumber
Arinda Veratamala, S.Gz Gizi Ibu dan Anak
Arinda Veratamala adalah ahli gizi lulusan program studi Ilmu Gizi dari Universitas Indonesia. Bakatnya di bidang penulisan mendorongnya untuk menelurkan buku berjudul "Gizi Anak dan Remaja" bersama dengan kedua dosennya di 2017. Kecintaannya pada dunia gizi, terutama gizi untuk ibu, bayi, anak, sampai remaja, membuatnya ingin terus menghasilkan karya tulisan yang bisa bermanfaat bagi banyak orang. Hal ini karena ia sadar bahwa fase ibu dan anak adalah fondasi awal untuk menciptakan generasi yang hebat.
Selengkapnya
Artikel Terbaru