backup og meta
Kategori
Cek Kondisi

2

Tanya Dokter
Simpan

10 Rekomendasi Pasta Gigi Anak yang Aman Jika Tertelan

Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto · General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 27/04/2023

Berikut adalah daftar produk yang bisa bermanfaat untuk Anda. Perlu diketahui, kami bisa saja mendapatkan sedikit komisi setiap kali Anda membeli produk via link ini. Tenang, tidak ada penambahan biaya. Pelajari lebih lanjut soal konten produk marketing kami di sini.

10 Rekomendasi Pasta Gigi Anak yang Aman Jika Tertelan

Membiasakan menyikat gigi sejak dini membantu Anda menjaga kesehatan gigi anak. Namun, ada banyak orang tua yang belum tahu bagaimana cara memilih pasta gigi yang aman untuk anak.

Simak rekomendasi kami di bawah ini agar Anda dapat menemukan produk yang tepat untuk si buah hati.

Cara kami memilih pasta gigi anak yang aman

cara menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak

Dalam memilih pasta gigi anak, kami selalu memperhatikan kandungan yang ada di dalamnya.

Penggunaan pasta gigi direkomendasikan bagi anak-anak yang gigi pertamanya telah tumbuh pada usia sekitar 18 bulan. Pastikan pasta gigi tersebut mengandung fluoride atau xylitol.

Kedua bahan aktif ini bisa menjaga kesehatan gigi anak dengan cara menghambat tumbuhnya bakteri dan plak penyebab gigi berlubang (karies).

Pilihlah juga odol anak yang tidak mengandung bahan keras seperti sodium lauryl sulfate (SLS), pewarna dan gula tambahan, serta bahan lain yang bisa memicu iritasi.

Pastikan juga merk pasta gigi yang anak Anda gunakan mengandung bahan-bahan yang food grade sehingga aman jika tidak sengaja tertelan olehnya.

10 rekomendasi merk pasta gigi anak terbaik

Penggunaan pasta gigi pada anak memang perlu dibatasi. Takaran yang biasa digunakan yakni sebesar beras untuk anak di bawah 3 tahun dan sebesar jagung untuk anak usia 3–6 tahun.

Berikut ini berbagai rekomendasi merk pasta gigi anak dengan kandungan yang aman dan bisa ditelan sehingga bisa Anda pertimbangkan.

1. Kodomo Toothpaste Juicy Orange

Siapa yang tidak kenal dengan merk pasta gigi anak Kodomo? Pasta gigi gel khusus anak-anak ini memiliki rasa buah yang segar dan dapat membantu melindungi kesehatan gigi.

Kodomo Toothpaste Juicy Orange dibekali rasa jeruk yang segar dan manis, serta mengandung active fluoride yang mampu mencegah gigi berlubang.

Produk ini juga aman digunakan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya, termasuk SLS, paraben, dan pewarna buatan.

Nomor registrasi BPOM: NA18201400057

2. Pepsodent Kids Strawberry

Umumnya, anak malas sikat gigi karena kandungan mint di dalam pasta gigi membuatnya terasa pedas.

Nah, Pepsodent Kids Strawberry dibuat khusus untuk anak-anak dengan rasa buah stroberi sehingga cocok untuk anak-anak yang baru belajar menyikat gigi.

Pasta gigi ini juga mengandung fluoride, kalsium, dan protein dan ekstrak susu yang melindungi gigi anak dari kerusakan akibat bakteri dan plak gigi.

Dengan menggunakan Pepsodent Kids Strawberry, anak-anak mampu menjaga kesehatan gigi dengan lebih mudah dan menyenangkan.

Nomor registrasi BPOM: NA18181400028

3. Jack N’ Jill Natural Toothpaste Blueberry

Jack N’ Jill Natural Toothpaste Blueberry merupakan produk pasta gigi anak yang terbuat dari bahan-bahan organik dan ramah lingkungan.

Pasta gigi ini memiliki rasa blueberry yang lembut dan nikmat. Produk pasta gigi Jack N’ Jill juga diklaim tidak mengandung tambahan, seperti gula, pewarna, dan pengawet sehingga aman jika tertelan anak.

Dengan kandungan bahan alaminya, produk pasta gigi ini cocok untuk bayi atau balita yang belum bisa berkumur. 

Nomor registrasi BPOM: NB02211400004

4. Enzim Pasta Gigi Anak-Anak Strawberry

Sesuai dengan namanya, Enzim Pasta Gigi Anak-Anak Strawberry mengandung enzim alami yang dapat membersihkan gigi dan gusi anak-anak secara efektif.

Kandungan enzim aktif berupa amyloglucosidase (AMG), glucoseoxidase (GO), dan lactoperoxidase (LPO) dapat membantu mengembalikan efek antibakteri pada air liur.

Xylitol dalam pasta gigi Enzim ini juga membantu menyeimbangkan bakteri dalam mulut tanpa menimbulkan efek samping pada anak-anak bila tidak sengaja tertelan.

Nomor registrasi BPOM: NA18131400121

5. Mama’s Choice Kids Toothpaste Bubble Gum

Mama’s Choice Kids Toothpaste Bubble Gum adalah salah satu merk pasta gigi yang bisa mencegah karies gigi anak berkat kandungan xylitol alami yang dimilikinya.

Pasta gigi Mama’s Choice ini juga mengandung hydroxyapatite (HAP) yang terbukti efektif untuk mengembalikan mineral gigi yang hilang.

Merk pasta gigi ini bebas dari fluoride, SLS, dan paraben sehingga aman digunakan untuk bayi dan anak-anak mulai usia enam bulan.

Nomor registrasi BPOM: NA18221400014

6. Cussons Kids Toothpaste Fruity Berries

Cussons Kids Toothpaste Fruity Berries memiliki tiga kali perlindungan yang dapat membantu memperkuat gigi, menjaga kesehatan gusi, dan membuat napas jadi lebih segar.

Produk odol atau pasta gigi anak untuk gigi berlubang ini juga mengandung fluoride, xylitol, dan kalsium untuk memastikan kesehatan gigi anak-anak selalu terjaga.

Dengan Cussons Kids Toothpaste Fruity Berries, anak Anda dapat mulai belajar menyikat gigi dengan gembira dan percaya diri.

Nomor registrasi BPOM: NA18161400039

7. Pure Kids Toothpaste Strawberry

Pure Kids Toothpaste Strawberry membantu merawat gigi anak agar sehat dan tidak berlubang.

Pasta gigi ini diformulasikan khusus tanpa SLS untuk mencegah iritasi mulut. Selain itu, produk ini juga tidak mengandung fluoride untuk menghindari fluorosis pada gigi anak.

Xylitol dalam produk pasta gigi Pure Kids mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab kerusakan gigi.

Selain itu, kandungan silica di dalamnya membantu membersihkan permukaan gigi dari plak agar tidak berkembang menjadi karang gigi.

Nomor registrasi BPOM: NA18191405009

8. Darlie Bunny Kids Strawberry

Darlie Bunny Kids Strawberry memiliki rasa stroberi yang menyegarkan. Pasta gigi ini diperkaya dengan kalsium dan fluoride yang membantu melawan bakteri penyebab gigi berlubang.

Produk pasta gigi Darlie ini menggunakan lebih dari 80% bahan yang memiliki formulasi food grade sehingga aman bila tidak sengaja ditelan anak-anak.

Pasta gigi gel ini juga memiliki tingkat busa yang rendah untuk meminimalkan iritasi pada mulut.

Untuk menjaga kesehatan gigi secara optimal, sebaiknya pakai Darlie Bunny Kids Strawberry secara rutin dua kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari.

Nomor registrasi BPOM: NA11211400022

9. Colgate Kids Bubble Fruit Minions

Sebagai produk perawatan gigi ternama di dunia, Colgate juga memiliki lini pasta gigi khusus anak-anak yang bisa Anda pertimbangkan, yakni Colgate Kids Bubble Fruit Minions.

Pasta gigi anak untuk karies ini mengandung fluoride yang bisa membersihkan gigi dari bakteri dan plak. Merk pasta gigi ini juga memiliki rasa buah-buahan yang menyegarkan.

Produk pasta gigi Colgate ini punya kemasan yang lucu dan menarik dengan karakter Minions yang disukai anak-anak. Ini bisa membuat mereka lebih senang menyikat gigi.

Nomor registrasi BPOM: NA49201400002

10. My Baby Kids Toothpaste Orange

My Baby Kids Toothpaste Orange diformulasikan khusus untuk anak-anak dengan rasa buah jeruk yang segar agar mereka senang menggosok gigi secara teratur.

Pasta gigi ini memiliki kombinasi Double Fluoride (SMFP dan Sodium Fluoride) dan kalsium yang membantu menjaga kesehatan serta kekuatan gigi.

Produk ini juga diperkaya dengan xylitol alami yang mampu memberikan sensasi manis dan menyenangkan pada anak-anak tanpa harus merusak giginya.

Nomor registrasi BPOM: NA18221400003

Itulah rekomendasi pasta gigi anak dengan berbagai rasa buah yang segar dan dapat membantu anak-anak menyikat gigi secara rutin.

Selain menyikat gigi, penting untuk membatasi asupan makanan manis dan membawa anak ke dokter gigi setiap enam bulan sekali untuk menjaga kesehatan gigi dan mulutnya.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Ditinjau secara medis oleh

dr. Carla Pramudita Susanto

General Practitioner · Klinik Laboratorium Pramita


Ditulis oleh Satria Aji Purwoko · Tanggal diperbarui 27/04/2023

advertisement iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

advertisement iconIklan
advertisement iconIklan