Olahraga untuk Anak Sebaiknya Mengutamakan Aerobik, Latihan Otot, Atau Keduanya?

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Olahraga penting dilakukan untuk semua orang, terlepas dari jenis kelamin ataupun usia. Semua orang bisa merasakan manfaat dari olahraga, termasuk anak-anak. Banyak pilihan olahraga untuk anak yang bisa dilakukan. Namun, adakah kriteria atau fokus olahraga tertentu yang sebaiknya dilakukan anak? Olahraga yang seperti apa yang harus dilakukan?

Manfaat olahraga untuk anak

Kebiasaan hidup aktif yang dilakukan sejak dini dapat memberikan segudang manfaat kesehatan di sepanjang hidupnya kelak.

Membiasakan anak berolahraga sangat penting bagi kesehatannya kini dan nanti. Aktivitas fisik akan mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan otot anak, meningkatkan kebugaran dan kekebalan tubuh, mengasah kemampuan motorik, hingga mencegah anak dari risiko penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, dan bahkan kanker.

Olahraga membuat anak lebih banyak bergerak, sehingga dapat menurunkan risiko obesitas pada anak. Juga, olahraga yang dilakukan secara pada anak dapat meningkatkan fungsi kognitif.

Selain manfaat fisik yang didapatkan dari olahraga, anak juga bisa mendapatkan manfaat psikologis seperti meningkatkan rasa percaya diri, mengurangi perasaan tegang, mengurangi tingkat depresi pada anak, dan mengurangi tingkat ketidakpuasan hidup.

Olahraga juga melatih anak tidak hanya sehat dan bugar tapi juga memiliki kepribadian yang baik, diantaranya dispilin, gigih, rendah hati, kerjasama dan sprotif.

ayah anak laki-laki bermain bola

Bebaskan anak memilih cabang olahraga yang disukai

Banyak pilihan olahraga untuk anak yang bisa dilakukan. Namun, apakah anak harus fokus pada satu tujuan olahraga atau satu jenis olahraga? Jawabannya adalah tidak.

Seperti dijelaskan oleh Ketua Asosiasi Nutrisionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI), Mury Kuswari, S.Pd, M.Si, “Tidak perlu membatasi anak harus fokus pada latihan membentuk otot, harus latihan kardio, atau harus melatih keseimbangan. Pokoknya olahraganya lebih general. Kalau mau fokus pada aspek tertentu, biasanya hanya dilakukan untuk anak yang ingin menjadi atlet.”

Lebih jauh, Mury Kuswari juga menyarankan orangtua agar tidak membatasi olahraga untuk anak hanya dengan satu jenis saja, agar kemampuan motorik anak semakin baik. Jadi sebaiknya jangan paksa anak untuk main badminton terus, misalnya, karena anak bisa jadi jenuh.

“Biarkan anak memilih sendiri olahraga yang disukainya, jangan dibatasi.” Bapak Mury yang ditemui tim Hello Sehat di Hotel Fairmont Senayan pada Rabu (3/10) melanjutkan bahwa semakin banyak anak melakukan olahraga, maka semakin baik juga kemampuan gerak anak. Sehingga nantinya anak bisa semakin mudah mempelajari gerak baru.

aktivitas-fisik-anak

Apa saja jenis olahraga untuk anak?

Banyak olahraga untuk anak yang bisa dilakukan dan memiliki manfaat untuk kesehatan fisik anak. Berikut beberapa pjenis olahraga untuk anak yang baik dan direkomendasikan.

Sepakbola

Sepakbola membantu meningkatkan keseimbangan dan ketangkasan kaki. Juggling bola sambil mencari teman satu tim akan meningkatkan ketangkasan kaki. Berjalan stabil akan bermanfaat bagi kesehatan jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Berenang

Berenang termasuk salah satu olahraga yang disenangi anak, karena anak cenderung senang bermain dengan air. Dengan berenang, anak Anda akan lebih terhibur dan tetap aktif.

Bola basket

Olahraga bola basket dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata anak. Gerakan dasar seperti menggiring bola dengan tangan dan dengan cepat harus melewati lawan, inilah yang memberikan manfaat untuk motorik anak .

Bersepeda

Bersepeda adalah olahraga yang dapat meningkatkan keseimbangan anak. Meski jarang langsung bisa menjaga keseimbangan dengan sepeda roda dua, tapi anak Anda akan mendapatkan manfaat dari proses belajar sepeda.

Biasanya Anda akan mengajarkan sepeda mulai dari roda tiga atau roda empat. Kemudian perlahan dilepaskan hingga anak sudah mulai bisa menjaga keseimbangannya.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca