Perhatikan, 5 Tanda-Tanda Si Kecil Harus Pakai Kacamata

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 10 September 2020 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Mungkin Anda pernah kaget mendapati anak Anda tahu-tahu divonis harus menggunakan kacamata yang cukup tebal. Saat masalah refraksi menimpa anak-anak, gejalanya memang sering tak terlewat karena anak yang mungkin tak mengeluh. Agar tidak kecolongan, yuk kenali ciri-ciri jika anak perlu pakai kacamata berikut ini.

Kenapa anak harus pakai kacamata?

Menurut Megan Elizabeth Collins, spesialis mata di  John Hopkins Medicine, terdapat beberapa alasan yang menyebabkan anak harus memakan kacamata, antara lain:

  • Meningkatkan kemampuan melihat pada mata yang lemah
  • Membenarkan posisi mata yang juling atau tidak lurus
  • Memberikan perlindungan jika anak memiliki penglihatan yang buruk pada salah satu mata

Sayangnya, masalah mata pada anak sering kali tidak terdeteksi. Penyebabnya yang paling umum karena anak tidak bisa mengutarakan dengan baik gejala gangguan mata apa saja yang mereka rasakan.

Bukan hanya itu, banyak pula orangtua yang mungkin belum paham apa saja ciri yang menunjukkan kalau anak perlu kacamata.

Ciri dan tanda anak perlu pakai kacamata

anak pakai kacamata

Supaya Anda lebih paham mengenai hal ini, pelajari tanda dan ciri yang ditunjukkan anak bila ia sudah memerlukan kacamata berikut ini.

1. Sering menyipitkan mata

Apa yang Anda lakukan jika melihat sesuatu yang jaraknya cukup jauh? Kebanyakan orang akan menyipitkan matanya agar lebih fokus.

Begitu pula dengan yang akan dilakukan oleh anak Anda jika ia mengalami masalah pada matanya.

Menyipitkan mata merupakan tanda bahwa mata si kecil memiliki kesulitan untuk memusatkan fokus pada objek. Bentuk mata yang awalnya bulat akan menjadi lebih sipit.

Hal tersebut dilakukan untuk membatasi pandangan yang kabur dan membatasi jumlah cahaya yang masuk ke mata sehingga tingkat fokus dan kejelasan objek bisa meningkat.

Kondisi itu akhirnya akan membuat anak terus menyipitkan mata setiap kali ingin melihat sesuatu dengan jelas. Jika Anda memergoki anak melakukan gerakan ini, kemungkinan besar ini menjadi tanda bahwa ia perlu pakai kacamata.

2. Memiringkan kepala

Memiringkan kepala bisa jadi salah satu ciri anak Anda sudah perlu pakai kacamata.

Ini bisa terjadi karena adanya kesalahan pada otot mata (strabismus) atau ptosis, yaitu kondisi kelopak mata atas yang mengendur dan mengenai garis mata. Kenapa anak memiringkan kepalanya?

Adanya gangguan pada mata tertentu dapat mengganggu keselarasan pandangan. Dengan memiringkan kepala, memungkinkan anak melihat bagian yang terhalang oleh kelopak mata.

Selain itu, gerakan kepala ini juga membantu meminimalisir terjadinya penglihatan ganda (berbayang).

3. Menutup satu mata dengan tangan

Selain memiringkan kepala, menutup sebelah mata dengan tangan juga bisa menjadi ciri anak yang perlu pakai kacamata. Biasanya ini dilakukan si kecil ketika ia membaca atau menonton sesuatu.

Menutup satu mata dilakukan untuk menghalangi pandangan tidak jelas yang mengganggu anak. Umumnya, anak yang sering melakukan tindakan ini mengalami masalah refraksi mata, seperti rabun jauh, rabun dekat, atau silinder.

4. Kesulitan untuk membaca

Anda tentu senang memiliki anak yang gemar membaca. Namun, jika mendapati anak berusaha keras untuk membaca, Anda perlu waspada.

Bisa jadi itu adalah tanda bahwa anak Anda perlu pakai kacamata. Hal ini bisa ditandai dengan kesalahan membaca paragraf atau menerka kata yang tertulis, sehingga membuat jarinya harus ikut mengarahkan tulisan.

Selain itu, kesulitan membaca juga ditunjukkan anak dengan terus-menerus mencari posisi yang tepat untuk membaca. Ini membuat gerakan kepalanya maju mundur atau ia terus memindahkan bukunya.

5. Gejala lainnya yang mungkin terjadi

Selain berusaha menutupi salah satu matanya, salah satu ciri anak perlu menggunakan kacamata yang lain adalah terus-terusan menggosok matanya.

Mata anak juga biasanya jadi sering berair dan menjadi sangat sensitif dengan cahaya.

Pada beberapa kasus, ada pula anak yang mengalami gejala migrain atau sakit kepala akibat terganggunya penglihatan mereka.

Untuk itu, setelah mengenal beberapa ciri anak Anda perlu memakai kacamata, ada baiknya Anda waspada dan segera memeriksakan diri ke dokter jika, gangguan mata mulai membuat si kecil tidak nyaman.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Buta Warna

Buta warna terjadi ketika Anda kesulitan membedakan warna merah, hijau, biru, atau campuran dari warna-warna tersebut. Umumnya, ini disebabkan keturunan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Kesehatan Mata, Gangguan Penglihatan 22 Desember 2020 . Waktu baca 9 menit

Mata Silinder (Astigmatisme)

Mata silinder (astigmatisme) bisa menyebabkan penglihatan menjadi buram. Ketahui gejala, penyebab, dan pengobatan dari kelainan refraksi mata ini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Kesehatan Mata, Gangguan Penglihatan 22 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit

6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak

Untuk memastikan mata anak terus sehat hingga ia dewasa nanti, kesehatan matanya harus dijaga sejak ia masih kecil. Bagaimana orangtua bisa membantu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Anak 6-9 tahun, Perkembangan Anak, Parenting 18 November 2020 . Waktu baca 3 menit

Segudang Penyebab yang Memicu Reaksi Alergi pada Kulit

Penyebab alergi kulit yang perlu Anda ketahui antara lain adalah air, logam, sinar matahari, kosmetik, dan cat rambut. Bagaimana ciri-cirinya?

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Alergi, Alergi Kulit 16 September 2020 . Waktu baca 7 menit

Direkomendasikan untuk Anda

10 Tanda Saatnya Anda Periksa ke Dokter Mata

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Adinda Rudystina
Dipublikasikan tanggal: 2 Maret 2021 . Waktu baca 4 menit
cara membaca resep kacamata

Begini Cara Membaca Resep Kacamata dari Dokter dan Optik Anda

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Dipublikasikan tanggal: 25 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
cara membersihkan lensa kacamata

3 Cara Mudah Membersihkan Kacamata Anda

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: dr. Laura Agnestasia Dj.
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
Membaca jarak dekat dengan kacamata plus

Kenali, Jenis Lensa Kacamata Berdasarkan Material dan Fungsinya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 22 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit