4 Tips Perawatan Setelah Sunat Agar Cepat Sembuh

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 18 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
Bagikan sekarang

Bila Anda atau putra Anda baru saja menjalani sunat di dokter, Anda perlu memahami perawatan apa saja yang harus diberikan agar masa pemulihannya jadi lebih cepat. Memberikan perawatan setelah sunat yang tepat juga bisa mencegah infeksi atau komplikasi-komplikasi lainnya. Langsung saja simak informasi penting seputar perawatan setelah sunat berikut ini.

Berapa lama harus istirahat di rumah setelah sunat?

Di samping seberapa sakit rasanya disunat, pertanyaan ini mungkin jadi salah satu hal yang paling sering dikhawatirkan anak atau pria dewasa. Setelah sunat, Anda atau putra Anda memang akan diminta oleh dokter untuk beristirahat di rumah dan menghindari aktivitas fisik yang terlalu berat. Masa pemulihan setelah sunat bisa berbeda-beda, mulai dari tujuh sampai sepuluh hari.

Akan tetapi, setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda sehingga Anda sebaiknya bertanya langsung pada dokter berapa lama waktu yang dibutuhkan sampai sembuh. Pasalnya, sunat pada pria dewasa kadang bisa memakan waktu hingga tiga minggu. Selama masa pemulihan sebaiknya hindari berolahraga dan melakukan aktivitas seksual (bercinta atau masturbasi).  

Perawatan setelah sunat agar cepat sembuh

Agar masa pemulihan jadi lebih cepat dan Anda terbebas dari risiko infeksi, perhatikan panduan perawatan setelah sunat di bawah ini.

1. Meredakan nyeri

Setelah sunat, Anda mungkin akan merasa tidak nyaman atau sakit pada area penis. Biasanya dokter meresepkan obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau paracetamol. Ikutilah anjuran dari dokter atau apoteker untuk mengonsumsi obat-obatan ini.

Sebagai obat pereda nyeri alami, Anda bisa mencoba minum kunyit. Kalau tidak suka rasanya, campurkan kunyit pada makanan atau sup. Kunyit punya khasiat pereda nyeri alami sekaligus bisa mencegah infeksi. Akan tetapi, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum minum kunyit untuk meringankan sakit setelah sunat.

2. Membersihkan area penis

Hati-hati ketika membersihkan area penis Anda pascasunat. Perban biasanya akan dibuka satu sampai dua hari setelah sunat. Setelah itu Anda bisa membersihkannya dengan air suam-suam kuku. Anda tak perlu pakai sabun. Namun, jika memang ingin membersihkan dengan sabun, pilih sabun yang bebas dari bahan kimia yang terlalu keras seperti antiseptik, pewangi, dan pengawet. Keringkan dengan handuk lembut dengan cara menepuk-nepuk pelan, jangan digosok.

3. Pakai baju dan celana yang longgar

Hindari baju atau celana yang terlalu ketat saat Anda atau putra Anda sedang memulihkan diri. Selain bisa menekan dan menyebabkan sakit, sirkulasi udara dan darah ke area penis pun akan terhambat. Akibatnya, penis sembuhnya jadi lebih lama.

4. Oleskan petroleum jelly

Anda bisa mengoleskan petrolatum (petroleum jelly) pada ujung dan batang penis secukupnya. Petrolatum bisa mencegah bekas luka akibat sunat menempel pada pakaian dalam atau celana.

Kapan harus segera periksa ke dokter?

Sunat bisa menimbulkan komplikasi atau risiko tertentu. Apabila Anda mengalami hal-hal berikut ini, segera hubungi dokter atau kunjungi pusat layanan kesehatan terdekat secepatnya.

  • Demam dan lemas
  • Mual, muntah, dan pusing
  • Muncul gejala infeksi pada penis seperti pembengkakan yang tak kunjung membaik, kulit jadi kemerahan, muncul garis merah pada batang penis, perdarahan hebat, atau rasa sakit yang tak kunjung hilang atau mereda setelah minum obat
  • Tidak bisa buang air kecil, sakit ketika buang air kecil, keluar darah saat buang air kecil, atau urin jadi keruh dan bau menyengat

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Berbagai Pilihan Pengobatan untuk Atasi Tipes

Gejala tipes umumnya dapat diobati di rumah. Selain minum obat dari dokter, apa saja cara mengobati tipes lainnya di rumah?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fajarina Nurin
Penyakit Infeksi, Demam Tifoid (Tifus) 20 Januari 2021 . Waktu baca 8 menit

4 Penyebab Buah Zakar Anda Gatal dan Ingin Terus Digaruk

Menggaruk alat kelamin terkadang sudah menjadi kebiasaan, tapi bisa juga karena memang terasa gatal. Apa saja penyebab buah zakar gatal? Apakah berbahaya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Pria, Penyakit pada Pria 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

6 Cara Menghangatkan Tubuh Saat Sedang Kedinginan

Mengenakan selimut dan pakaian tebal merupakan salah satu cara menghangatkan tubuh saat kedinginan. Apakah ada cara lainnya?

Ditulis oleh: Arinda Veratamala
Kesehatan, Informasi Kesehatan 20 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Hati-hati, 8 Suplemen Herbal Ini Tak Boleh Dikonsumsi Sebelum Masuk Ruang Operasi

Meski bermanfaat bagi kesehatan, beberapa suplemen herbal dapat berisiko komplikasi berbahaya jika diminum menjelang operasi. Apa saja itu?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Pengobatan Herbal dan Alternatif, Herbal A-Z 20 Januari 2021 . Waktu baca 3 menit

Direkomendasikan untuk Anda

sakit kepala setelah makan

Sakit Kepala Setelah Makan? Ini 4 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya

Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
strategi menahan lapar

Cara Menahan Rasa Lapar Saat Melakukan Diet

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
skincare anti-aging usia 50 tahun

Baru Pakai Skincare Antiaging Usia 50 Tahun ke Atas, Bermanfaatkah?

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
minum kopi sebelum olahraga

3 Manfaat yang Bisa Didapat dari Minum Kopi Sebelum Olahraga

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 21 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit