Mungkinkah Mendidik Bayi Sejak Masih Dalam Kandungan?

Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 3 Desember 2019 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Apakah anak dalam kandungan benar-benar dapat belajar atau mengerti kata-kata yang diucapkan oleh orang tuanya?

Hal ini tergantung pada siapa Anda bertanya. Beberapa ahli mengatakan bahwa bayi dapat mendengar suara pada minggu ke-23 kehamilan. Jika bayi Anda rutin mendengar suara yang sama sejak masih dalam kandungan Anda, ia akan mengenalinya saat dia telah lahir.

Contohnya, jika Anda sering membacakan dongeng pada janin, anak Anda nantinya akan merasa familiar dengan ritme dari cerita tersebut ketika Anda membacakan dongeng tersebut sebelum tidur.

Namun, bayi Anda tidak hanya melulu mendengarkan suara ketika ia masih berada di rahim Anda. Ia juga akan membentuk rasa familiaritas dengan suara yang ia dengar. Dia akan menyadari bagaimana Anda bereaksi pada suara, mempelajari reaksi Anda dan bagaimana suara dapat diproduksi. Contohnya, ketika dia lahir, besar kemungkinan ia akan merasa rileks ketika mendengar soundtrack dari acara TV kesukaan Anda.

Jadi, apakah bayi dapat memahami jika Anda membuat jadwal belajar untuk anak Anda yang masih berada dalam kandungan?

Beberapa ahli merasa bahwa anak Anda sudah memiliki caranya sendiri dalam bertumbuh dan berkembang selama di kandungan Anda. Mendengarkan lagu klasik, puisi, atau mendengarkan percakapan intelek tidak terbukti dapat meningkatkan kecerdasan anak maupun mengembangkan selera seni yang tinggi.

Faktanya, bayi Anda hanya dapat merasakan kehidupan di dalam rahim Anda. Hal ini sangat berbeda dengan dunia di sekitar Anda. Karena janin Anda belum mengenal keadaan sekitarnya, sangat sedikit hal yang dapat Anda ajarkan padanya.

Anda dapat mengajari bayi Anda tentang segala hal selagi Anda melakukan rutinitas sehari-hari. Meskipun Anda tidak membacakan dongeng malam dengan rutin pada bayi dalam kandungan, suara Anda saat bercakap-cakap dengan orang lain di keseharian Anda tetap menjadi stimulan yang baik untuk janin Anda.

Jika Anda ingin mengajari janin Anda secara aktif, Anda dapat mencoba mengenalkan suara yang berbeda ketika Anda berada dalam suasana hati tertentu. Contohnya, Anda dapat memutarkan musik Mozart ketika Anda rileks, atau membaca puisi tertentu sebelum tidur.

Melakukan sejumlah hal di atas tidak secara khusus akan meningkatkan kemampuan janin dalam belajar, namun janin Anda akan belajar menghubungkan kondisi sebab-akibat dari asosiasi yang Anda buat.

Ada beberapa rumor yang mengatakan bahwa ketika janin mendengarkan sebuah bahasa tertentu, ini dapat membuatnya lebih mudah mempelajari bahasa tersebut saat tumbuh dewasa. Rumor ini ternyata didukung oleh sejumlah studi yang menunjukkan bahwa ketika bayi mendengar bahasa tertentu baik dalam rahim maupun beberapa minggu dan bulan setelah kelahiran, akan mudah baginya mempelajari bahasa tersebut saat sudah besar nanti.

Tetapi, studi ini dilakukan hanya berdasarkan pada keakraban atau rasa kedekatan dengan bahasa tersebut, baik sebelum atau setelah dilahirkan. Tidak ada bukti memadai bahwa mendengarkan kaset bahasa asing saat hamil akan memberikan efek yang sama.

Beberapa ahli juga mengatakan bahwa bayi Anda dapat menikmati beberapa rasa tertentu ketika berada dalam kandungan. Makanan yang Anda makan akan mengubah rasa dari cairan amniotik, jadi saat Anda memakan buah dan sayur, ada kemungkinan bahwa anak Anda akan menyukainya juga. Jadi jika Anda ingin anak Anda menyukai makanan sehat, biasakan makan makanan tersebut sepanjang kehamilan.

Anda tidak dapat meningkatkan kecerdasan anak dengan menstimulasi janin Anda dengan lagu klasik atau cerita. Namun, tidak ada salahnya melakukan hal ini. Mendengarkan musik bersama dapat menjadi momen yang luar biasa antara ibu dan anak.

Bisa dibilang, pendekatan terbaik untuk janin Anda adalah mengikuti insting ibu. Jika Anda merasa ingin berbicara dengan bayi Anda saat beraktivitas di rumah atau menyanyikannya lagu saat berendam, tidak masalah. Hal tersebut dapat memperdalam hubungan antara ibu dan anak. Dan hal ini juga berlaku pada calon ayah.

Bahkan jika Anda idak berinteraksi langsung dengan bayi Anda, janin Anda akan mendengar Anda, pasangan Anda, dan teman mengobrol Anda dalam keseharian Anda. Setelah bayi Anda lahir, Anda berdua dapat berkomunikasi, dan Anda memiliki waktu yang panjang untuk menyempurnakan kemampuan berbicaranya.

Sekarang, hal yang paling penting adalah menghindari stress dan membuat suasana yang rileks kapan pun Anda bisa. Hal ini termasuk mendengarkan musik, membaca, yoga, atau bahkan pergi ke gym. Janin Anda dapat merasakan tingkat stress ibunya. Jadi manjakan diri dan janin Anda dengan waktu yang tenang dan membuat Anda rileks.

Jika Anda ingin memainkan musik yang menenangkan untuk bayi Anda sekarang, cobalah dengan musik ninabobo!

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Nutrisi yang Harus Dipenuhi Ibu Hamil di Trimester Ketiga

    Di trimester ketiga, janin masih banyak melakukan perkembangan sehingga asupan nutrisi perlu dipenuhi. Apa saja nutrisi trimester ketiga untuk ibu hamil?

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit

    Apa Akibatnya Jika Ibu Mengandung Bayi Besar?

    Tak ada ibu yang ingin bayinya lahir dengan berat rendah. Tapi, tahukah Anda bahwa bayi yang terlalu besar dalam kandungan juga bisa menimbulkan bahaya?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Masalah Kehamilan, Kehamilan & Kandungan, Kehamilan 25 November 2020 . Waktu baca 5 menit

    Berapa Kali Hamil dan Melahirkan yang Aman Bagi Kesehatan?

    Untuk wanita, adakah batasan maksimal berapa kali hamil dan melahirkan? Apa ada dampak tertentu jika hamil dan melahirkan hingga lebih dari 5 kali?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Novita Joseph
    Perawatan Ibu, Perawatan Setelah Persalinan, Kehamilan 25 November 2020 . Waktu baca 4 menit

    10 Ide Resep Makan Siang Gluten Free

    Baik karena Anda memiliki penyakit Celiac, atau hanya ingin mencoba diet baru, berikut ini 10 resep gluten free yang sehat dan mengenyangkan.

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Ajeng Quamila
    Nutrisi, Hidup Sehat 24 November 2020 . Waktu baca 12 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    5 Penyebab Bayi Kurus

    5 Hal Utama yang Jadi Penyebab Bayi Kurus

    Ditulis oleh: Theresia Evelyn
    Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 4 menit
    hamil di usia 20-an

    Kelebihan dan Kekurangan Hamil di Usia 20-an

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Lika Aprilia Samiadi
    Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 5 menit
    bersepeda saat hamil

    Apakah Bersepeda Saat Hamil Aman Bagi Janin?

    Ditulis oleh: Arinda Veratamala
    Dipublikasikan tanggal: 2 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
    waktu bermain video game

    Berapa Lama Waktu Bermain Video Game yang Pas untuk Anak?

    Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 26 November 2020 . Waktu baca 4 menit