Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengulik PDX GOS, Prebiotik yang Mampu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Mengulik PDX GOS, Prebiotik yang Mampu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Ada banyak tipe serat yang baik untuk memelihara kesehatan usus anak, dua di antaranya PDX dan GOS. Mungkin Anda pernah mendengar kandungan ini sebagai bagian dari serat pangan yang penting.

Mengenal PDX GOS, nutrisi untuk tumbuh kembang si Kecil

PDX GOS merupakan serat prebiotik yang biasanya terkandung di dalam susu formula. Untuk anak yang tidak lagi menerima ASI membutuhkan prebiotik di dalam tubuhnya untuk menjaga kesehatan sistem pencernaannya.

ASI secara alami memiliki kandungan prebiotik yang mampu menjaga mikrobiota pada lingkungan sistem pencernaan anak.

Sebagian anak tidak menerima ASI karena memiliki alasan kesehatan atau masalah lainnya. Dalam kondisi tersebut, anak membutuhkan asupan susu formula agar tubuhnya tetap ternutrisi untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Susu formula diformulasikan untuk melengkapi asupan nutrisi anak dengan penambahan prebiotik, beberapa di antaranya PDX dan GOS. Prebiotik yang terkandung di dalam ASI ini dapat digantikan melalui kandungan tersebut yang ada pada susu formula.

kemampuan kognitif balita

Pertama, ibu perlu mengenali dulu apa itu PDX atau Polydextrose. PDX merupakan serat dan juga karbohidrat dengan kalori rendah. PDX merupakan serat solubel atau larut air yang tidak dicerna tubuh.

Saat sampai di usus besar, PDX difermentasi oleh bakteri baik atau flora usus. Di sini PDX yang merupakan serat membantu meningkatkan kesehatan sistem pencernaan dengan memperlambat transit makanan, mengumpulkan sisa makanan, dan melunakkan feses.

Sama seperti PDX, GOS atau galacto-oligosaccharides merupakan serat prebiotik yang juga berperan untuk menjaga mikroflora usus dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. GOS secara alami dapat ditemukan pada produk susu, kacang-kacangan, dan akar sayuran tertentu.

Peran prebiotik dalam meningkatkan sistem imun anak

jadwal makan balita

Kerja PDX dan GOS sebagai prebiotik, seperti yang sudah dijabarkan di atas, dapat membantu peningkatan sistem imun anak. Kandungan tersebut dapat mencegah peradangan dengan menjaga mikroflora di dalam usus.

Pada bayi, mikroflora bertugas untuk mencerna gula sehat pada ASI yang diminumnya. Hal ini berpengaruh penting untuk tumbuh kembangnya.

Mikroflora pada anak-anak dan orang dewasa bekerja untuk mencerna bakteri dari serat tertentu, guna memproduksi asam lemak rantai pendek di dalam usus. Asam lemak rantai pendek ini berperan penting dalam mengelola kesehatan dan juga memerangi beragam infeksi penyakit.

Nah, dampak baik PDX dan GOS dalam mengelola mikroflora usus membantu tubuh mengontrol sistem imun. Sel-sel sistem imun saling berkomunikasi dengan mikroflora pada usus untuk memberikan sinyal respon jika terdapat infeksi.

Ketika adanya ancaman infeksi, sistem imun akan bereaksi dan merespon untuk memberikan perlawanan terhadap infeksi dan melindungi tubuh.

berat badan ideal balita

Berikut beberapa manfaat serat prebiotik tersebut untuk kesehatan anak secara menyeluruh:

  • Menjaga kesehatan jantung
  • Mengurangi risiko diabetes tipe 2
  • Menjaga kestabilan gula darah
  • Meningkatkan kesehatan sistem pencernaan
  • Mengontrol nafsu makan anak
  • Menjaga berat badan dan mencegah obesitas

Anak bisa mendapatkan manfaat dari konsumsi susu formula dengan kandungan serat prebiotik PDX dan GOS. Kandungan tersebut dapat mendukung dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh, termasuk menjaga daya tahan tubuh anak.

Ketika anak sehat, kegiatan eksplorasi dan belajarnya pasti akan lebih menyenangkan dan bersemangat.

Ibu sekarang sudah mengetahui apa yang dimaksud dengan PDX dan GOS serta perannya di dalam tubuh si Kecil. Bila anak mengonsumsi susu formula, yuk pastikan ada kandungan serat dan nutrisi penting untuk sistem imun serta tumbuh kembangnya.

Ibu bisa memulainya dengan menyajikan nutrisi yang mengandung PDX GOS. Salah satu nutrisi tersebut ada di dalam susu yang diformulasikan secara spesial.

Susu formula ini memiliki kombinasi nutrisi unik dengan prebiotik (PDX:GOS), Beta-glucan, dan kadar Omega 3 dan 6 tinggi yang terbukti klinis meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Dengan meminum susu ini, si Kecil memiliki peluang lebih baik untuk menghindari penyakit pernapasan seperti pilek, flu, sakit tenggorokan, dan penyakit lain yang menunggu di sekolah ataupun selama di rumah.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Polydextrose (Inactive Ingredient). (n.d.). Retrieved April 4, 2020, from Drugs.com website: https://www.drugs.com/inactive/polydextrose-104.html

Ashley, C., Johnston, W. H., Harris, C. L., Stolz, S. I., Wampler, J. L., & Berseth, C. L. (2012). Growth and tolerance of infants fed formula supplemented with polydextrose (PDX) and/or galactooligosaccharides (GOS): double-blind, randomized, controlled trial. Nutrition Journal11, 38. https://doi.org/10.1186/1475-2891-11-38

Polydextrose: Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. (n.d.). Retrieved April 4, 2020, from www.webmd.com website: https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1494/polydextrose

Meissner, H. C. (2020). Can probiotics enhance immune function, prevent disease? AAP News. Retrieved from https://www.aappublications.org/news/2019/11/27/idsnapshot112719

Henrion, M., Francey, C., Lê, K.-A., & Lamothe, L. (2019). Cereal B-Glucans: The Impact of Processing and How It Affects Physiological Responses. Nutrients11(8), 1729. https://doi.org/10.3390/nu11081729

Ruairi Robertson, PhD. (2017, June 27). Why the Gut Microbiome Is Crucial for Your Health. Retrieved from Healthline website: https://www.healthline.com/nutrition/gut-microbiome-and-health#section5

Jane, M. (2016, April 2). How Short-Chain Fatty Acids Affect Health and Weight. Retrieved December 16, 2019, from Healthline website: https://www.healthline.com/nutrition/short-chain-fatty-acids-101

Vandenplas, Y., Greef, E. D., & Veereman, G. (2014). Prebiotics in infant formula. Gut Microbes5(6), 681–687. https://doi.org/10.4161/19490976.2014.972237

Galacto-Oligosaccharides (Gos): Uses, Side Effects, Interactions, Dosage, and Warning. (n.d.). Retrieved April 4, 2020, from www.webmd.com website: https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-1462/galacto-oligosaccharides-gos

Slavin, J. (2013). Fiber and Prebiotics: Mechanisms and Health Benefits. Nutrients5(4), 1417–1435. https://doi.org/10.3390/nu5041417

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Maria Amanda Diperbarui 4 minggu lalu
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto
x