backup og meta
Kategori
Cek Kondisi
Tanya Dokter
Simpan

7 Rekomendasi Merek Mainan Anak Terbaik, Aman dan Edukatif

Fakta medis diperiksa oleh Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

7 Rekomendasi Merek Mainan Anak Terbaik, Aman dan Edukatif

Mainan merupakan bagian penting untuk mendukung tumbuh kembang anak, termasuk pada balita. Terlebih, dengan mainan edukasi yang tepat, anak balita bisa bermain sekaligus mengasah kemampuannya. Namun, penting juga bagi Anda untuk memilih merek mainan yang bagus dan aman untuk anak agar tidak menimbulkan risiko bahaya.

Untuk membantu Anda memilih merek mainan terbaik untuk si Kecil, simak beberapa rekomendasinya di bawah ini.

Cara memilih merek mainan anak yang bagus

Memilih mainan balita atau anak yang lebih besar yang bagus memerlukan beberapa pertimbangan untuk memastikan bahwa mainan tersebut aman, edukatif, dan menyenangkan.

Agar aman, sebaiknya pilih mainan yang terbuat dari bahan yang tidak beracun dan bebas dari bahan kimia berbahaya.

Selain itu, perhatikan juga desain mainan. Pastikan tidak ada bagian kecil yang mudah lepas untuk menghindari risiko anak tersedak.

Agar tahan lama, pilih mainan yang dibuat dari bahan berkualitas tinggi dan tahan lama. Mainan yang mudah rusak tidak hanya mengecewakan tetapi juga bisa berbahaya bagi anak.

Untuk lebih mudahnya, Anda bisa pilih merek mainan anak yang memiliki reputasi baik dan ulasan positif dari banyak konsumen.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat memilih mainan untuk si Kecil yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga bermanfaat bagi perkembangan anak.

Cara memastikan keamanan mainan untuk balita

Berdasarkan Badan Standardisasi Nasional, agar aman untuk si Kecil, pastikan mainan memiliki sertifikasi keamanan, seperti SNI (Standar Nasional Indonesia) atau standar internasional seperti ASTM atau EN71.

Pilihan merek mainan anak terbaik

Berikut adalah beberapa rekomendasi merek mainan edukasi anak dan balita yang terkenal dan diakui berkualitas tinggi.

1. LEGO DUPLO

Terkenal sebagai blok konstruksi berkualitas tinggi yang tahan lama, LEGO DUPLO adalah produk dari LEGO yang dirancang khusus untuk anak-anak usia 1,5 hingga 5 tahun.

Mainan anak ini diklaim terbuat dari bahan yang aman untuk anak-anak.

Bentuk mainan juga dibuat berupa balok yang lebih besar dan aman dengan ujung yang tumpul dan warna cerah.

Jenis mainan ini dipercaya bisa mendorong kreativitas, pemecahan masalah, dan keterampilan motorik halus pada anak.

2. Fisher-Price Little People

Fisher-Price Little People merupakan koleksi figur dan set bermain yang menggambarkan berbagai skenario kehidupan sehari-hari, seperti rumah, peternakan, dan kota kecil.

Jenis mainan ini dipercaya bisa membantu anak belajar tentang lingkungan mereka dan mengembangkan imajinasi.

Untuk menjaga keamanan penggunanya, mainan ini disebut dibuat dengan mematuhi standar keselamatan internasional.

3. Melissa & Doug Shape Sequence Sorting Set

Melissa & Doug Shape Sequence Sorting Set merupakan mainan kayu anak yang disebut tahan lama dan aman dengan cat yang tidak beracun.

Set ini terdiri dari 18 balok-balok kayu bentuk lingkaran, segitiga, persegi, dan persegi panjang yang berwarna-warni.

Cara mainnya dengan disusun dan dipasangkan pada batang kayu berdasarkan warna, bentuk, atau urutan tertentu.

Menyusun dan memasang balok pada batang kayu membantu anak mengembangkan koordinasi tangan-mata dan keterampilan motorik halus.

4. Hot Wheels City

Hot Wheels adalah merek mainan mobil-mobilan untuk anak yang terkenal tahan lama dan lebih detail menyerupai mobil aslinya hingga seperti replika.

Dibuat lebih sederhana dan sering kali lebih aman untuk balita, set Hot Wheels City dirancang dengan fitur yang sederhana dan interaktif.

Set ini menghadirkan berbagai tema, seperti garasi mobil, stasiun pemadam kebakaran, dan banyak lagi.

5. Play-Doh Fun Factory Set

Play-Doh merupakan merek mainan anak yang terbuat dari plastisin berkualitas tinggi yang mudah dibentuk dan tidak cepat kering.

Fun Factory Set dari Play-Doh termasuk mesin cetak yang memungkinkan anak membuat berbagai bentuk dengan mudah.

Set ini dipercaya bisa mengembangkan keterampilan motorik halus saat anak memeras dan membentuk Play-Doh, sekaligus merangsang kreativitas saat anak membuat bentuk-bentuk yang berbeda.

Meski demikian, tetap pastikan untuk mengawasi anak-anak yang lebih muda saat bermain agar tidak memasukkan Play-Doh ke dalam mulut.

6. CRAYOLA Scribble Scrubbie Glow Chest

CRAYOLA merupakan merek alat-alat mewarnai sekaligus mainan anak yang tahan lama dan berkualitas.

Scribble Scrubbie Glow Chest dari CRAYOLA mencakup beberapa patung hewan yang dapat dicuci, spidol yang dapat dicuci, dan “chest” atau kotak yang dapat menyala.

Hewan-hewan ini memiliki permukaan khusus yang memungkinkan anak untuk belajar mewarnai kemudian membersihkannya dengan mudah.

Salah satu fitur unik dari set ini adalah chest yang bisa menyala, sehingga menambahkan keseruan saat bermain di kondisi cahaya redup dan memberikan efek yang menarik pada hewan yang telah diwarnai.

7. Little Tikes Cozy Coupe

Little Tikes Cozy Coupe memiliki desain yang menyerupai mobil, lengkap dengan pintu yang dapat dibuka dan ditutup, serta roda yang berputar bebas.

Ada juga tempat untuk kaki di bagian bawah yang memungkinkan anak-anak mendorong mobil menggunakan kaki mereka.

Mainan ini terbuat dari plastik tahan lama yang dirancang untuk bertahan dalam berbagai kondisi cuaca, sehingga cocok untuk bermain di luar rumah atau dalam ruangan.

Tersedia dalam beberapa warna dan tema, termasuk edisi klasik merah dan kuning, polisi, dan putri. Setiap edisi memiliki dekorasi khusus yang sesuai dengan temanya.

Itulah beberapa rekomendasi merek mainan edukasi untuk anak. Memilih merek mainan juga bisa disesuaikan dengan minat dan kebutuhan anak.

Pastikan untuk selalu memeriksa ulasan dan rekomendasi serta memastikan bahwa mainan yang dibeli sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak.

Catatan

Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan. Selalu konsultasikan dengan ahli kesehatan profesional untuk mendapatkan jawaban dan penanganan masalah kesehatan Anda.



Fakta medis diperiksa oleh

Hello Sehat Medical Review Team


Ditulis oleh Reikha Pratiwi · Tanggal diperbarui 4 minggu lalu

ad iconIklan

Apakah artikel ini membantu?

ad iconIklan
ad iconIklan