Rekomendasi Camilan Kreatif untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Anak

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 2 Februari 2021 . Waktu baca 5 menit
Bagikan sekarang

Anak sudah mulai bosan dengan variasi makanan yang Anda berikan setiap harinya? Tak perlu cemas, Anda dapat berkreasi dengan makanan ringan atau camilan yang tak hanya lezat, tapi juga dapat meningkatkan imunitas anak. Simak ulasan mengenai daftar nutrisi penting dan rekomendasi makanan ringan penambah daya tahan tubuh anak berikut ini.

Nutrisi penambah daya tahan tubuh anak yang harus ada dalam makanan ringan

Nutrisi berperan penting untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Pemberian nutrisi yang tepat tak hanya dapat mendukung kecerdasan anak untuk belajar, tapi juga membantu memperkuat imunitas tubuhnya dalam melawan infeksi penyakit. Berikut adalah nutrisi penambah daya tahan tubuh anak yang harus ada dalam makanan anak Anda:

  • Vitamin C: berperan sebagai antioksidan untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan dan meningkatkan sistem imunitas tubuh.
  • Vitamin E: melindungi jaringan dan sel-sel tubuh dari kerusakan, serta menjaga kesehatan sel darah merah.
  • Zinc: membantu pertumbuhan sel dan metabolisme, serta mencegah stunting.
  • Vitamin D: menguatkan tulang dan gigi, serta menyerap kalsium yang dibutuhkan tubuh.
  • Selenium: menjaga kesehatan pembuluh darah, jantung, otot dan jaringan kulit, serta mencegah kanker.
  • Betakaroten: sebagai sumber vitamin A yang penting untuk fungsi kekebalan tubuh, kesehatan kulit, dan penglihatan.
  • Protein: berfungsi untuk membentuk dan memelihara jaringan tubuh, seperti otot, organ hingga sistem kekebalan tubuh.
  • Prebiotik: berperan sebagai makanan untuk bakteri baik (probiotik) di saluran cerna dan meningkatkan jumlah bakteri baik sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

Rekomendasi makanan ringan penambah daya tahan tubuh anak

camilan sehat untuk balita

Dilansir dari Eat Right, anak dapat diberikan camilan selama 1-2 kali sehari. Namun, Anda harus tetap memperhatikan jadwal makan anak sebelum memberikan camilan agar tidak berpengaruh pada nafsu makannya saat waktu makan tiba.

Idealnya, berikan camilan untuk anak beberapa jam setelah waktu makan berakhir, dan sekitar satu hingga dua jam sebelum waktu makan berikutnya.

Berikut adalah rekomendasi makanan ringan atau camilan lezat yang juga berperan sebagai penambah daya tahan tubuh anak yang bisa Anda buat di rumah:

1. Ubi panggang dengan ghee

Makanan penambah daya tahan tubuh anak pertama yang mudah dibuat adalah ubi panggang dengan ghee (mentega murni). Cukup iris ubi jalar menjadi potongan-potongan kecil. Lalu, olesi dengan ghee dan panggang ke dalam oven hingga matang.

Ghee merupakan sumber lemak yang memiliki efek anti-inflamasi. Sementara, ubi jalar kaya akan serat yang dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh anak.

2. Pisang dengan mentega almon

Kombinasi antara pisang dengan mentega almon merupakan camilan prebiotik yang lezat. Anda hanya perlu memotong pisang dan mengoleskan satu sendok mentega almon di atasnya. Lalu, tambahkan sedikit parutan jahe atau bubuk jahe sebagai tambahan nutrisi anti-inflamasi yang mudah dibawa ke mana saja.

3. Kimchi

Kudapan dari sawi putih dan kol yang difermentasi ini juga merupakan makanan penambah daya tahan tubuh anak yang dapat dijadikan pilihan sebagai camilan.  Kimchi mengandung vitamin A, B dan C, serta bakteri baik untuk mencegah infeksi jamur dan kanker.

4. Smoothie yoghurt

Selain kaya akan protein dan kalsium, yoghurt rendah lemak juga mengandung banyak bakteri baik untuk meningkatkan sistem kekebalan dan pencernaan tubuh anak.

Biasanya, yoghurt rendah lemak terasa hambar. Maka dari itu, tambahkan buah segar dan madu, lalu campurkan agar menjadi smoothie buah yang lezat. Agar lebih disukai anak, bekukan smoothie dan sajikan dalam bentuk es loli.

Anda dapat mengganti yoghurt dengan kefir (susu kambing fermentasi) yang juga merupakan sumber probiotik. Cukup tambahkan buah beri agar terasa manis, dan kacang kenari sebagai sumber serat prebiotik.

5. Popcorn

Popcorn termasuk makanan penambah daya tahan tubuh anak karena tinggi akan serat dan biji-bijian. Alih-alih memilih popcorn yang sudah dicampur dengan mentega, belilah biji jagung khusus popcorn secara terpisah. Lalu, masak di dalam panci, dan campur dengan sedikit minyak zaitun. Untuk tambahan nutrisi yang lebih baik, Anda dapat mengganti mentega dengan taburan keju parmesan.

6. Trail mix

Trail mix merupakan camilan padat energi yang terdiri dari kacang-kacangan, buah kering tanpa gula dan sereal rendah gula. Anda juga dapat mencampurkan pretzel gandum atau granola rendah lemak ke dalam trail mix kesukaan anak Anda. Camilan ini sangat mudah dibuat dan merupakan kudapan praktis untuk anak di sekolah atau saat berada di perjalanan.

7. Camilan protein

Untuk camilan protein yang sangat praktis, cukup sajikan keju rendah lemak yang telah dipotong di atas tusuk gigi. Anda juga dapat membuat tortilla gandum yang digulung dengan sedikit keju dan aneka sayuran seperti selada, tomat dan paprika.

Anda juga dapat melengkapi nutrisi harian anak sekaligus mengoptimalkan daya tahan tubuhnya melalui pemberian susu pertumbuhan. Pilihlah susu dengan kandungan nutrisi esensial seperti prebiotik PDX:GOS yang dikombinasikan dengan betaglucan.

Prebiotik PDX:GOS memiliki peran untuk menjaga kesehatan saluran anak. Sementara, betaglucan merupakan nutrisi yang merangsang sel imun agar menjadi aktif dan meningkatkannya. Kombinasi antara kedua nutrisi ini dapat mengoptimalkan imunitas anak di masa pertumbuhannya.

Alat Pengingat Jadwal Imunisasi

Anda baru punya anak? Mau tahu informasi lengkap soal jenis vaksin dan jadwal pemberiannya? Atau butuh pengingat agar tidak lupa?

Cek Di Sini!
parenting

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

5 Ide Camilan Praktis dan Tinggi Protein untuk Para Vegetarian

Seorang vegetarian rentan mengalami kekurangan protein dari daging. Jangan khawatir, 5 pilihan camilan untuk vegetarian ini bisa penuhi asupan protein Anda!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Tips Makan Sehat, Nutrisi 31 Januari 2019 . Waktu baca 4 menit

4 Resep Jajanan Pasar untuk Camilan Sore yang Mengenyangkan

Hobi jajan kue tradisional alias jajanan pasar? Sesekali, Anda bisa, kok, membuatnya sendiri di rumah. Yuk, contek pilihan resepnya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Resep Sehat, Nutrisi 1 Juli 2018 . Waktu baca 5 menit

8 Pilihan Kudapan Sehat yang Aman untuk Penderita Kolesterol Tinggi

Memiliki masalah kolesterol tinggi bukan berarti Anda tidak bisa ngemil selamanya. Yuk, intip berbagai camilan rendah kolesterol yang bisa Anda pilih disini

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Nutrisi, Hidup Sehat 11 Mei 2018 . Waktu baca 6 menit

4 Resep Camilan Sehat yang Ampuh Mengganjal Perut

Makan snack atau camilan justru disarankan untuk melengkapi menu makanan Anda. Yuk, intip resep camilan sehat yang bisa Anda coba di rumah pada artikel ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Resep Sehat, Nutrisi 27 Maret 2018 . Waktu baca 5 menit

Direkomendasikan untuk Anda

Konten Bersponsor
anak yang sering sakit dan cara meningkatkan imun

Kenali 5 Tanda Anak Mudah Sakit serta Nutrisi yang Bisa Mencegahnya

Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 30 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
cemilan bayi

Aneka Pilihan Camilan dan Finger Food untuk Bayi yang Bergizi Tinggi dan Lezat

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Karinta Ariani Setiaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Oktober 2020 . Waktu baca 10 menit
buah untuk anak

Buah Tinggi Serat yang Cocok Jadi Camilan Si Kecil

Ditulis oleh: Maria Amanda
Dipublikasikan tanggal: 16 September 2019 . Waktu baca 4 menit
camilan anak yang sakit ginjal

3 Ide Camilan Sehat dan Praktis untuk Anak Pengidap Gangguan Ginjal

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nita Azka Nadhira, S.Gz
Dipublikasikan tanggal: 31 Agustus 2019 . Waktu baca 4 menit