home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Beragam Manfaat Beta Glucan untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Beragam Manfaat Beta Glucan untuk Tumbuh Kembang si Kecil

Ada beragam nutrisi yang perlu dikonsumsi si kecil. Namun jangan lupakan beta glucan, salah satu serat yang punya manfaat penting untuk kesehatan anak. Beta glucan sangat mudah ditemukan dalam makanan yang sering Anda dan anak konsumsi.

Nah, sekarang mari kita kulik apa manfaat beta glucan ini bagi kesehatan tubuh anak.

Mengetahui manfaat beta glucan untuk anak

manfaat beta glucan untuk susu

Beta glucan dikenal sebagai serat solubel atau serat yang larut air. Serat ini bekerja dengan menyerap air dan membuat makanan berformulasi menjadi bentuk gel. Serat punya fungsi untuk melancarkan sistem pencernaan.

Beta glucan bisa diperoleh dari makanan yang berserat, di antaranya:

Beta glucan memiliki beragam manfaat untuk kesehatan si kecil. Mungkin belum banyak ibu yang tahu apa peran beta glucan di dalam tubuh dan manfaatnya untuk tumbuh kembang si kecil. Berikut ketahui penjelasannya.

1. Meningkatkan sistem imun

kebutuhan serat untuk balita

Manfaat beta glucan untuk anak yang pertama adalah meningkatkan sistem imun. Seperti yang dikatakan laman Healthline, beta glucan membantu tubuh secara efektif dalam melawan penyakit dengan menjaga peran sistem pertahanan tubuh.

Beta glucan memiliki efek merangsang respon imun untuk melawan penyakit. Dalam sebuah penelitian dikatakan bahwa beta glucan dapat secara efektif meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi kerentanan tubuh terhadap infeksi penyakit, serta menangkal kanker.

Ketika sistem imun anak kuat dan terjaga, maka tubuhnya pun sehat dan mampu melawan infeksi penyakit, seperti flu, batuk, dan pilek terutama di cuaca yang tidak menentu. Dengan begitu, ia akan lebih berkonsentrasi saat belajar dan menikmati kegiatan bermainnya.

2. Melancarkan sistem pencernaan

balita minum kopi

Dikatakan sebelumnya bahwa beta glucan adalah serat solubel atau serat yang larut air. Anak bisa merasakan manfaat dari beta glucan karena efeknya yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan.

Formulasi gel di dalam sistem pencernaan ini dapat memperlambat transit makanan. Selain memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama. Beta glucan juga dapat memicu pergerakan usus supaya tetap lancar, sehingga BAB-nya lancar.

Efek positif ini juga menghasilkan manfaat lainnya seperti mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah dan kolesterol tubuh. Nah, kini ibu perlu memperhatikan apakah beta glucan ini sudah ikut disertakan dalam menu makanan harian anak atau belum.

Bila belum, yuk sertakan asupan di atas, seperti jamur, rumput laut, sereal gandum, dan susu kaya serat yang mengandung PDX GOS dan beta glucan dalam menu harian anak.

3. Mengontrol kolesterol

perkembangan balita 45 bulan

Di era penuh kreasi ini ada banyak makanan yang mengandung tinggi lemak yang sangat menggugah selera. Mungkin anak juga tergoda beragam jenis makanan manis-manis atau yang digoreng ini.

Ibu memang perlu membatasi asupan makanan tersebut kepada si kecil. Salah satu caranya dengan pemberian makanan bernutrisi yang mengandung beta glucan. Kandungan beta glucan memberi manfaat untuk mengontrol kolesterol pada anak.

Sebuah penelitian mengatakan konsumsi sereal gandum yang mengandung beta glucan dapat mengontrol 5% penurunan kolesterol total tubuh dan 7% pengurangan kolesterol jahat (LDL). Tak ada salahnya memberikan sereal gandum untuk makan pagi keluarga.

4. Mengontrol kadar gula darah

balita makan malam

Beberapa anak memiliki faktor risiko diabetes karena keturunan atau gaya hidupnya yang kurang sehat. Di sini, beta glucan berperan untuk mengontrol kadar gula darah.

Berdasarkan literatur penelitian, kandungan serat ini dipercaya sebagai perawatan yang tepat untuk mengelola diabetes. Jurnal Nutricion Hospitalaria mengatakan konsumsi beta glucan dapat menurunkan kadar glukosa darah pada pasien diabetes.

Sungguh banyak manfaat mengonsumsi betaglucan untuk si Kecil. Ibu bisa memulainya dengan menyajikan nutrisi yang mengandung betaglucan. Salah satu nutrisi tersebut ada di dalam susu formula yang mengandung prebiotik (PDX:GOS), Beta-glucan, dan kadar Omega 3 dan 6 tinggi.

Berbagai kandungan ini terbukti klinis meningkatkan daya tahan tubuh si Kecil. Dengan minum susu ini, Si Kecil memiliki peluang lebih baik untuk menghindari penyakit pernapasan seperti pilek, flu, sakit tenggorokan, dan penyakit lain yang menunggu di sekolah ataupun selama di rumah.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

The Benefits of Beta-Glucan. (n.d.). Retrieved April 3, 2020, from Verywell Health website: https://www.verywellhealth.com/the-benefits-of-beta-glucan-89418#citation-7

Beta Glucan: The Heart Healthy Fiber. (n.d.). Retrieved April 4, 2020, from Healthline website: https://www.healthline.com/health/beta-glucan-heart-healthy

What Is Fiber? Benefits, Food Sources, Supplements, Side Effects | Everyday Health. (n.d.). Retrieved April 3, 2020, from EverydayHealth.com website: https://www.everydayhealth.com/diet-nutrition/diet/fiber-benefits-food-sources-supplements-side-effects/

Murphy, E. A., Davis, J. M., & Carmichael, M. D. (2010). Immune modulating effects of β-glucan. Current Opinion in Clinical Nutrition and Metabolic Care13(6), 656–661. https://doi.org/10.1097/mco.0b013e32833f1afb

Henrion, M., Francey, C., Lê, K.-A., & Lamothe, L. (2019). Cereal B-Glucans: The Impact of Processing and How It Affects Physiological Responses. Nutrients11(8), 1729. https://doi.org/10.3390/nu11081729

Francelino Andrade E, Vieira Lobato R, Vasques Araújo T, Gilberto Zangerônimo M, Vicente Sousa R, José Pereira L. Effect of beta-glucans in the control of blood glucose levels of diabetic patients: a systematic reviewNutr Hosp. 2014;31(1):170-7. doi:10.3305/nh.2015.31.1.7597

Foto Penulis
Ditinjau oleh dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh Maria Amanda
Tanggal diperbarui 14/04/2020
x