Ingin berbagi cerita soal anak? Ikut komunitas Parenting sekarang!

home

Artikel Bersponsor

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Mengapa PDX GOS Baik untuk Kesehatan Saluran Cerna?

Mengapa PDX GOS Baik untuk Kesehatan Saluran Cerna?

Dalam menjaga kesehatan anak, orang tua memerlukan pengetahuan yang cukup agar siap menghadapi segala kondisi. Untuk masalah penyakit seperti pilek, batuk, atau flu, Anda mungkin sudah menguasai beberapa tips atau cara mengatasinya. Bagaimana dengan kesehatan saluran pencernaan anak? Perlu diingat, kesehatan pencernaan anak tidak kalah penting karena berhubungan dengan sistem imun atau daya tahan tubuh anak. Ketika daya tahan tubuh menurun, anak akan rentan mengalami infeksi oleh bakteri atau virus yang meningkatkan risiko penyakit.

Menjaga kesehatan saluran pencernaan anak

alergi anak atau masalah pencernaan

Sistem pencernaan memiliki hubungan erat dengan sistem imun karena usus merupakan salah satu tempat sistem imun berada.

Dilansir dari WebMD, terdapat formula sederhana untuk menjaga kesehatan pencernaan anak, yaitu serat, cairan, dan aktivitas fisik. Louise Goldberg, RD, LD, seorang ahli diet anak menyatakan, apabila anak melewatkan satu saja, kemungkinan besar gangguan kesehatan akan terjadi.

Berbicara mengenai sumber serat untuk anak, Anda dapat mendapatkannya dari makanan sehat, seperti sayur dan buah. Anak maupun orang dewasa membutuhkan serat setidaknya 14 gram serat dari setiap 1000 kalori yang dikonsumsi.

Artinya, anak usia 1-3 tahun perlu 19 gram serat per hari, dan usia 4-8 tahun perlu sekitar 25 gram per hari.

Namun, terkadang makanan tidak selalu berhasil memenuhi kebutuhan anak. Oleh sebab itu, butuh asupan suplemen untuk membantu menjaga kesehatan anak contohnya susu formula yang mengandung manfaat untuk pencernaan.

Salah satu kandungan susu formula yang bermanfaat bagi pencernaan di antaranya adalah PDX/GOS (polydextrose dan galactooligosaccharides). Apa itu PDX/GOS?

Mengenal PDX/GOS dan manfaatnya bagi pencernaan anak

susu penambah berat badan anak balita

Dari beberapa kandungan tersebut, mungkin Anda belum mengenal PDX/GOS (polydextrose dan galactooligosaccharides).

Polydextrose atau biasa disingkat PDX adalah kandungan yang cukup umum digunakan dalam industri makanan yang tidak dapat dicerna (non-digestible). Bukan tanpa alasan, PDX memiliki fungsi yang sama dengan serat makanan dan telah terbukti berpotensi sebagai prebiotik.

Perlu Anda ingat, prebiotik bermanfaat untuk pencernaan anak dengan cara meningkatkan pertumbuhan dan aktivitas bakteri baik dalam usus. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah studi pada tahun 2008.

Serat prebiotik dapat berdampak pada sistem imun secara positif. Contohnya yaitu meningkatkan resistensi terhadap sejumlah infeksi.

Lalu untuk galactooligosaccharides (GOS), sebuah penelitian di Cina dan Jepang yang meneliti susu formula yang ditambah GOS menemukan, suplementasi GOS dengan jumlah kecil dalam formula anak dapat meningkatkan frekuensi feses dan meningkatkan bakteri baik dalam usus.

Manfaat ini sama seperti yang ditemukan pada ASI (Air Susu Ibu). Masing-masing kandungan tersebut dapat memberikan manfaat untuk kesehatan pencernaan dengan meningkatkan bakteri baik dalam usus anak.

Ditambah lagi, penelitian lain memeriksa kombinasi antara keduanya (PDX dan GOS). Hasilnya, anak yang diberikan susu formula yang mengandung PDX/GOS memiliki feses yang lebih lembut dan efek bifidogenik (menjaga pertumbuhan bakteri baik dalam usus). Ini hampir mendekati manfaat dari ASI dibandingkan dengan susu formula yang tidak mengandung PDX/GOS.

Kesehatan pencernaan anak perlu menjadi salah satu prioritas orang tua. Alasannya jelas, dengan saluran cerna yang sehat, sistem imun pun ikut mendapat dampaknya. Anak tidak akan mudah jatuh sakit akibat infeksi bakteri atau virus yang masuk ke dalam sistem pencernaan.

Oleh karena itu, selain menyediakan makanan sehat dan seimbang, pertimbangkan untuk menambah asupan nutrisi dari susu formula agar kesehatan pencernaan anak selalu terjaga dan dalam kondisi terbaik.

Pusing setelah jadi orang tua?

Ayo gabung di komunitas parenting Hello Sehat dan temukan berbagai cerita dari orang tua lainnya. Anda tidak sendiri!


Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Shaw, G. (2012, January 21). A Nutritionist Speaks: How to Promote Your Child’s Digestive Health. Retrieved April 8, 2020, from https://www.webmd.com/children/features/digestive-health#1

Cai, J.-W., Lu, Y.-D., & Ben, X.-M. (2008). Effects of infant formula containing galacto-oligosaccharides on the intestinal microflora in infants. Zhongguo Dang Dai Er Ke Za Zhi = Chinese Journal of Contemporary Pediatrics10(5), 629–632. Retrieved April 8, 2020, from https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18947487

Matsuki, T., Tajima, S., Hara, T., Yahagi, K., Ogawa, E., & Kodama, H. (2016). Infant formula with galacto-oligosaccharides (OM55N) stimulates the growth of indigenous bifidobacteria in healthy term infants. Beneficial Microbes7(4), 453–461. https://doi.org/10.3920/BM2015.0168

do Carmo, M., Walker, J., Novello, D., Caselato, V., Sgarbieri, V., Ouwehand, A., … dos Santos, E. (2016). Polydextrose: Physiological Function, and Effects on Health. Nutrients8(9), 553. https://doi.org/10.3390/nu8090553

Scalabrin, D. M. F., Mitmesser, S. H., Welling, G. W., Harris, C. L., Marunycz, J. D., Walker, D. C., … Vanderhoof, J. A. (2012). New prebiotic blend of polydextrose and galacto-oligosaccharides has a bifidogenic effect in young infants. Journal of Pediatric Gastroenterology and Nutrition54(3), 343–352. https://doi.org/10.1097/MPG.0b013e318237ed95

Meyer, D. (2008, May). Prebiotic dietary fibres and the immune system. Retrieved April 8, 2020, from https://www.researchgate.net/publication/215804101_Prebiotic_dietary_fibres_and_the_immune_system

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Roby Rizki Diperbarui 16/08/2021
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto