Artikel Bersponsor

Apa keluhan Anda?

close
Tidak akurat
Susah dipahami
Yang lainnya

Manfaat Kolin dan Zat Besi untuk Perkembangan Otak Anak

DISPONSORI OLEH:

Manfaat Kolin dan Zat Besi untuk Perkembangan Otak Anak

Saat anak lahir ke dunia, tak hanya fisik yang berubah, tapi organ dalam tubuhnya, seperti otak juga ikut berkembang. Otak anak akan berkembang pesat di usia dini, dengan ukuran 80% dari ukuran otak dewasa di usia 2 tahun. Tentu saja momen ini harus dimanfaatkan orang tua untuk memberikan dukungan hebat agar tumbuh kembang si kecil maksimal. Di fase ini, fungsi kolin dan zat besi untuk otak anak sangat dibutuhkan. Namun tak hanya itu, yuk cari tahu apa saja hal yang harus diperhatikan untuk dukung perkembangan otak anak sejak dini!

Periode kritis pada perkembangan otak anak

perkembangan sosial anak

Masa-masa awal kehidupan anak merupakan waktu paling penting yang akan menentukan perkembangannya di masa depan, hal ini sering disebut sebagai periode kritis.

Dalam periode kritis, jumlah koneksi (sinapsis) di antara sel-sel otak (neuron) berlipat ganda. Anak berusia dua tahun memiliki sinapsis dua kali lebih banyak daripada orang dewasa.¹

Oleh karena itu, di masa periode kritis, anak-anak memiliki kemampuan belajar yang lebih cepat dibanding pada periode umur lainnya.¹

Bukan hanya kemampuan belajar lebih cepat, pengalaman anak-anak dalam fase ini akan memberikan efek jangka panjang pada masa perkembangan mereka kelak saat dewasa.²

Ragam nutrisi penting untuk perkembangan otak anak

anak tidak mau makan

Nutrisi yang tepat berperan penting untuk mendukung pertumbuhan otak yang sedang berkembang di periode kritis.

Berikut ini nutrisi penting yang perlu orangtua perhatikan untuk mendukung perkembangan otak anak.

1. Zat besi

Zat besi bermanfaat bermanfaat untuk perkembangan otak anak di awal kehidupan. Zat besi dibutuhkan dalam proses pembentukan syaraf dan proses mielinasi otak.

Kekurangan zat besi di awal kehidupan meningkatkan risiko penurunan fungsi kognitif pada anak.3

2. Kolin

Fungsi kolin untuk anak sangat penting dalam perkembangan otak karena dapat mempengaruhi memori bayi.

Kolin penting untuk pembentukan sinaps, membuat membran sel, serta pembuatan asetilkolin, yang merupakan neurotransmitter untuk memori. Kekurangan kolin dapat berisiko mengalami gangguan neurologis.

3. Sphingomyelin

Sphingomyelin adalah senyawa lemak yang secara alami terkandung dalam ASI. Para ilmuwan telah menemukan bahwa sphingomyelin dapat membantu perkembangan kognitif lebih baik pada anak, seperti fungsi memori, kecerdasan, dan keterampilan bahasa.

Cara dukung perkembangan otak anak

manfaat zat besi dan fungsi kolin untuk perkembangan otak anak

Tumbuh kembang anak pada masa periode kritis sangat bergantung pada bagaimana lingkungan di sekitarnya.

Sebagai orang terdekat, orang tua bisa melakukan beberapa cara untuk mendukung perkembangan otak anak. Beberapa caranya antara lain:

Berikan kasih sayang dan cinta tulus

Kasih sayang dan cinta dari orang di sekitar anak akan memupuk rasa percaya diri yang kuat dan meningkatkan perkembangan pada sirkuit otak anak.

Penelitian dari Sociology Of Health & Illness menunjukkan bahwa orangtua yang memiliki rasa empati dan kasih sayang terhadap anak meningkatkan perkembangan otak si kecil.

Bahkan, #kataexpert dari penelitian tersebut, kedekatan orangtua dengan anak juga meningkatkan perkembangan emosional dan pengendalian diri pada anak.

Ajak anak berbicara dan bernyanyi

Kedua aktivitas ini juga sangat penting bagi perkembangan otak karena akan membantu anak menambah kosakata, peragaan emosi, tingkah laku, hingga memecahkan masalah.

Anak usia 1-3 tahun sudah bisa diajak diskusi ringan oleh orangtuanya, seperti memilih pakaian yang ingin dikenakan hari itu.

Lewat cara ini, anak belajar untuk memecahkan masalah sederhana dan mengajarkan untuk mengenal keinginannya sendiri.

Memaksimalkan sentuhan dan kontak mata

Ketika masih di dalam kandungan, anak ikut merasakan gerakan dan sentuhan yang secara tidak langsung diberikan oleh sang ibu.

Hal itu harus terus dipertahankan saat memasuki usia pertumbuhan anak baru lahir karena dapat menciptakan perasaan aman, nyaman dan dicintai.

Penuhi nutrisi yang mendukung perkembangan otak anak

s26 gold

Asupan gizi yang baik menjadi salah satu dukungan hebat orang tua untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak anak.

Orang tua dapat memilih asupan nutrisi yang mengandung vitamin D, Kolin, dan Spingomielin yang bermanfaat dalam mendukung perkembangan anak.

Selain nutrisi, penerapan belajar progresif juga dapat menjadi salah satu dukungan hebat orang tua untuk mendukung anak hebat di masa depan.

Salah satu asupan yang dapat membantu melengkapi kebutuhan nutrisi anak yaitu susu pertumbuhan S-26 PROCAL GOLD dan S-26 PROMISE GOLD yang diformulasikan oleh Wyeth Nutrition Expert. Susu ini mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan si Kecil, yaitu DHA, Protein, Kalsium, Serat Pangan dan Vitamin.

Lewat memenuhi nutrisi dan membimbing setiap pertumbuhannya, potensi dalam diri anak akan berkembang dan tumbuh menjadi anak hebat sehingga ia melalui proses #daribelajarjadihebat bersama S-26 PROCAL GOLD.


Ingin mendapatkan berat badan ideal?

Yuk konsultasikan masalahmu dengan ahli gizi atau berbagi tips bersama di Komunitas Berat Badan Ideal!


health-tool-icon

Pengingat Jadwal Imunisasi Bayi dan Anak

Gunakan pengingat jadwal ini untuk mempelajari imunisasi apa yang dibutuhkan oleh anak Anda dan kapan waktu tepatnya.

Apa jenis kelamin anak Anda?

Laki-laki

Wanita

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Why Ages 2-7 Matter So Much for Brain Development | BRAIN-BASED LEARNING. (2020). accessed 30 March 2022, from https://www.edutopia.org/article/why-ages-2-7-matter-so-much-brain-development 

Early Brain Development and Health | Centers for Disease Control and Prevention. (2022). accessed 30 March 2022, from https://www.cdc.gov/ncbddd/childdevelopment/early-brain-development.html

McCann S, et al. The Role of Iron in Brain Development: A Systematic Review. Nutrients 2020, 12, 2001. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC7400887/pdf/nutrients-12-02001.pdf

Choline in Human Milk Plays a Crucial Role in Infant Memory | UNC Nutrition Research Institute.(2018).accessed 30 March 2022, from https://uncnri.org/2019/05/16/choline-in-human-milk-plays-crucial-role-in-infant-memory/

Nora Schneider, Jonas Hauser, Manuel Oliveira, Elise Cazaubon, Sara Colombo Mottaz, Barry V. O’Neill, Pascal Steiner, Sean C. L. Deoni. (2019). Sphingomyelin in Brain and Cognitive Development: Preliminary Data. eNeuro, 6(4), doi: 10.1523/ENEURO.0421- 

Building Baby’s Intelligence: Why Infant Stimulation Is So Important | Health and Safety Notes California Childcare Health Program. accessed 30 March 2022, from https://cchp.ucsf.edu/sites/g/files/tkssra181/f/buildbabyinten081803_adr.pdf

Wall, G. (2017). ‘Love builds brains’: representations of attachment and children’s brain development in parenting education material. Sociology Of Health & Illness, 40(3), 395-409. doi: 10.1111/1467-9566.12632

Foto Penulisbadge
Ditulis oleh Adelia Dwitasari Diperbarui a week ago
Ditinjau secara medis oleh dr. Carla Pramudita Susanto