Travoprost

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Travoprost Obat Apa?

Untuk apa obat Travoprost digunakan?

Travoprost adalah obat untuk mengobati tekanan tinggi pada mata akibat glaukoma tipe sudut terbuka atau penyakit mata lainnya (misalnya, hipertensi okular). Menurunkan tekanan tinggi di dalam mata dapat membantu mencegah kebutaan. Obat ini bekerja dengan mengatur aliran cairan di dalam mata untuk mempertahankan tekanan normal.

Bagaimana aturan pakai obat Travoprost?

Terapkan obat ini pada mata, biasanya sekali sehari pada malam hari, atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda. Jangan menggunakan travoprost lebih sering karena tidak akan bekerja dengan baik.

Untuk menerapkanobat  tetes mata, cuci tangan Anda terlebih dahulu. Untuk menghindari kontaminasi, jangan menyentuh ujung pipet atau membiarkannya menyentuh mata Anda atau permukaan lainnya.

Lepaskan lensa kontak sebelum menggunakan obat ini jika kontak lensa Anda mengandung pengawet benzalkonium klorida. Pengawet ini dapat diserap oleh lensa kontak. Tunggu setidaknya 15 menit setelah menggunakan obat ini sebelum menggunakan lensa Anda kembali.

Dongakkan kepala Anda ke belakang, lihat ke atas dan tarik ke bawah kelopak mata bawah untuk membuat kantong. Pegang pipet langsung di atas mata Anda dan teteskan satu tetes ke dalam kantong mata. Lihatlah ke bawah dan tutup mata Anda dengan lembut selama 1 sampai 2 menit. Tempatkan satu jari di sudut mata Anda (dekat hidung) dan berilah tekanan lembut. Cara ini akan mencegah obat mengering dan keluar. Cobalah untuk tidak berkedip dan jangan menggosok mata Anda. Ulangi langkah ini untuk mata Anda yang lain jika diarahkan.

Jangan bilas pipet. Ganti tutup pipet setelah digunakan.

Jika Anda menggunakan obat mata lainnya (misalnya, obat tetes atau salep), tunggu setidaknya 5 menit sebelum menerapkan obat lain. Gunakan tetes mata sebelum salep mata untuk memungkinkan obat tetes untuk masuk ke mata.

Gunakan secara teratur untuk mendapatkan manfaat penuh dari obat ini. Ingatlah untuk menggunakannya pada waktu yang sama setiap hari. Penting untuk terus menggunakan travoprost bahkan jika Anda sudah merasa baik. Kebanyakan orang dengan glaukoma atau tekanan tinggi pada mata tidak memiliki gejala.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara menyimpan Travoprost?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Travoprost

Apa yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat Travoprost?

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat ini, risiko penggunaan obat harus dipertimbangkan terhadap manfaatnya. Hal ini adalah keputusan Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, berikut yang harus dipertimbangkan:

Alergi

Beritahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Selain iru beritahu ahli kesehatan Anda jika Anda memiliki jenis alergi laini, seperti terhadap makanan, pewarna, pengawet, atau hewan. Untuk produk non-resep, bacalah daftar bahan penyusun obat pada label atau kemasandengan hati-hati.

Anak-anak

Karena efek samping travoprost, penggunaan pada anak-anak lebih muda dari 16 tahun tidak dianjurkan.

Orang tua

Studi yang tepat dilakukan sampai saat ini belum menunjukkan masalah khusus pada kelompok lanjut usia yang akan membatasi kegunaan obat tetes mata travoprost pada orang tua.

Apakah obat Travoprost aman bagi ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA). (A = Tidak berisiko, B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian, C = Mungkin berisiko, D = Ada bukti positif dari risiko, X = Kontraindikasi, N = Tidak diketahui)

Efek samping Travoprost

Apa efek samping Travoprost yang mungkin terjadi?

Dapatkan bantuan medis darurat jika Anda memiliki tanda-tanda reaksi alergi ini: mual, muntah, berkeringat, gatal-gatal, gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan, atau merasa seperti Anda akan pingsan .

Hentikan menggunakan Travoprost dan hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping yang serius berikut ini:

  • Kemerahan, bengkak, gatal, atau nyeri pada atau sekitar mata Anda
  • Mengalirnya cairan dari mata Anda
  • Peningkatan sensitivitas terhadap cahaya
  • Perubahan penglihatan; atau
  • Sakit dada

Efek samping yang kurang serius mungkin termasuk:

  • Ketidaknyamanan mata ringan
  • Sakit kepala
  • Merasa seperti ada sesuatu pada mata Anda
  • Penglihatan kabur
  • mata kering atau berair
  • Rasa menyengat atau terbakar pada mata setelah menggunakan obat tetes

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Travoprost

Obat-obatan apa yang bisa mengganggu kerja obat Travoprost?

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan sekaligus, dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersama bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin dapat mengubah dosis atau melakukan tindakan pencegahan lainnya mungkin diperlukan. Beritahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat non resep lainnya yang beredar di pasaran.

Apakah makanan dan minuman tertentu bisa mengganggu kerja obat Travoprost?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang bisa mengganggu kinerja obat Travoprost?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter Anda bila Anda memiliki masalah kesehatan lain.:

  • Infeksi mata  (bakteri keratitis) dari
  • Masalah lensa mata
  • Edema makula (pembengkakan di bagian belakang mata)
  • Uveitis (peradangan mata) – Gunakan dengan hati-hati. Mungkin membuat kondisi lebih buruk.

Interaksi Obat Travoprost

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti resep dokter. SELALU konsultasi pada dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis obat Travoprost untuk dewasa?

Dosis Dewasa Biasa untuk Intraocular Hipertensi:

Tetskan 1 tetes pada mata yang terkena sekali sehari pada malam hari.

Dosis Dewasa Biasa untuk Glaukoma (Open Angle):

Menanamkan 1 tetes pada mata yang terkena sekali sehari pada malam hari.

Berapa dosis obat Travoprost untuk anak-anak?

Dosis Anak-anak Biasa untuk Intraocular Hipertensi:

16 tahun dan lebih tua:

Teteskan 1 tetes pada mata yang terkena sekali sehari pada malam hari.

Dosis Anak-anak Biasa untuk Glaukoma (sudut terbuka):

16 tahun dan lebih tua:

Teteskan 1 tetes pada mata yang terkena sekali sehari pada malam hari.

Dalam dosis dan sediaan apa Travoprost tersedia?

Larutan tetes mata 0,0004%

Apa yang harus dilakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (118/119) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus dilakukan kalau lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan konsultasi medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy"
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Mengenal Implan Glaukoma, Pengobatan Termutakhir untuk Glaukoma

Salah satu pengobatan untuk mengatasi kebutaan yang disebabkan penyakit glaukoma adalah pemasangan implan. Tahukah Anda mengenai implan glaukoma?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Annisa Hapsari
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 27/06/2019 . Waktu baca 5 menit

Inilah 5 Penyakit Mata yang Sering Menyerang Si Kecil Selain Mata Merah

Tidak hanya mata merah, ternyata ada banyak jenis penyakit mata yang sering terjadi pada anak. Apa sajakah penyakitnya? Simak ulasannya berikut ini.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Aprinda Puji
Kesehatan Anak, Parenting 09/06/2019 . Waktu baca 4 menit

Mata Merah dan Sensitif Akibat Keratitis? Ini 3 Kunci Penting Mengobatinya

Keratitis bisa menyebabkan mata merah, terasa pedih, dan sensitif terhadap cahaya. Temukan berbagai cara mengobati infeksi mata akibat keratitis disini!

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Adelia Marista Safitri
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 20/03/2019 . Waktu baca 4 menit

Panduan Memilih Dokter Mata Terbaik dan Sesuai Kebutuhan

Memilih dokter mata yang bagus memang tak bisa sembarangan. Ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan untuk menemukan yang paling cocok buat Anda.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Kesehatan Mata, Hidup Sehat 14/03/2019 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

kelopak mata bengkak, apa penyebabnya

Penyebab Kelopak Mata Bengkak dan Cara Tepat Mengatasinya

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Nimas Mita Etika M
Dipublikasikan tanggal: 08/07/2020 . Waktu baca 3 menit
cara mengobati kalazion benjolan di mata

6 Cara Menghilangkan Benjolan di Kelopak Mata (Kalazion)

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Riska Herliafifah
Dipublikasikan tanggal: 01/05/2020 . Waktu baca 4 menit
ciri glaukoma pada anak

Tanda Glaukoma pada Anak yang Perlu Diwaspadai oleh Orangtua

Ditinjau oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Nabila Azmi
Dipublikasikan tanggal: 09/04/2020 . Waktu baca 4 menit
cara mengatasi gejala glaukoma

3 Cara Alami Mengatasi Gejala Glaukoma di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Risky Candra Swari
Dipublikasikan tanggal: 01/10/2019 . Waktu baca 3 menit