Plasbumin

Oleh Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum

Nama Generik: Plasbumin Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Kegunaan

Untuk apa plasbumin digunakan?

Plasbumin adalah sebuah obat yang tersedia dalam bentuk cairan infus. Plasbumin terbuat dari protein plasma yang berasal dari darah manusia. Cara kerja obat ini adalah meningkatkan jumlah plasma atau level albumin di dalam darah.

Biasanya, plasbumin digunakan untuk menggantikan jumlah darah yang hilang akibat trauma, seperti luka bakar serius atau cedera yang cukup parah, sehingga membuat pasien kehilangan banyak darah.

Selain itu, plasbumin juga bisa digunakan untuk mengatasi kadar protein rendah dalam darah yang disebabkan karena operasi, cuci darah, infeksi di area perut, masalah liver, pankreatitis, gangguan pernapasan, operasi bypass, masalah ovarium yang disebabkan obat-obatan fertilitas, dan kondisi lainnya.

Obat ini termasuk ke dalam obat resep. Artinya, Anda tidak dapat dan tidak boleh menggunakan obat ini tanpa pengawasan dokter.

Bagaimana cara penggunaan plasbumin?

Berikut tata cara penggunaan plasbumin yang harus Anda ketahui:

  • Obat ini biasanya diberikan oleh dokter kepada pasien di rumah sakit atau klinik. Dosis yang diberikan bisa berbeda-beda, bergantung pada kondisi kesehatan dan kebutuhan individu akan protein dalam darah.
  • Dosis yang telah ditentukan oleh dokter tidak boleh diubah kecuali jika dokter yang mengubahnya.
  • Obat ini diberikan melalui cairan infus yang disuntikkan melalui pembuluh darah.
  • Sebelum menggunakan obat ini, pastikan bahwa dokter atau perawat membuka segel pada botol cairan terlebih dahulu, dan segera mengelap bagian atas botol cairan dengan antiseptik sebelum memasukkan jarum suntik.
  • Selain itu, periksa terlebih dahulu cairan yang akan disuntikkan ke dalam tubuh pasien, apakah masih aman digunakan; tidak ada perubahan warna dan tidak ada partikel-partikel kecil di dalamnya.
  • Obat ini boleh diencerkan dengan natrium, tetapi jika pasien memiliki larangan terhadap natrium, pasien boleh mengencerkan obat dengan 5% dextrose di dalam air. Jangan mengencerkannya dengan air steril untuk menghindari hemolisis atau gagal ginjal akut.

Bagaimana cara penyimpanan plasbumin?

Sementara, berikut adalah beberapa hal yang harus Anda ketahui jika ingin menyimpan plasbumin, termasuk:

  • Obat ini sebaiknya disimpan di dalam suhu ruang, bukan di tempat yang terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Jangan membekukan obat ini di dalam freezer.
  • Jangan pula menggunakan obat ini setelah tanggal masa berlakunya telah berakhir.
  • Jangan membiarkan obat ini terpapar sinar matahari atau cahaya langsung.
  • Jangan pula menyimpan obat ini di dalam kamar mandi atau tempat-tempat yang lembap.
  • Jangan biarkan obat ini terjangkau oleh anak-anak atau hewan peliharaan.

Selain itu, Anda juga harus membuang obat ini jika masa berlakunya telah habis, atau jika Anda sudah tidak menggunakannya lagi. Yang harus Anda perhatikan saat membuang obat ini adalah jangan sampai sampah obat yang Anda buang mencemari lingkungan.

Misalnya, jangan membuang sampah obat di saluran pembuangan air seperti toilet. Jangan pula mencampurkan sampah obat ini bersamaan dengan sampah rumah tangga lain karena dapat mengganggu kesehatan lingkungan.

Jika Anda memang tidak tahu bagaimana cara membuang sampah obat yang benar, lebih baik tanyakan kepada apoteker atau petugas dari instansi pembuangan sampah setempat mengenai tata cara yang tepat dan aman.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis plasbumin untuk dewasa?

Dokterlah yang akan menentukan dosis plasbumin yang sesuai dengan kondisi Anda dan kapan Anda harus memulai pengobatan. Dokter, suster, dan ahli medis profesional yang ada di rumah sakit atau klinik seharusnya sudah terlatih untuk memberikan obat ini untuk Anda.

Bagaimana dosis plasbumin untuk anak-anak?

Masih belum diketahui apakah obat ini sudah boleh digunakan untuk anak-anak atau tidak. Maka dari itu, tanyakan kepada dokter apakah obat ini aman digunakan untuk anak-anak.

Dalam dosis apa plasbumin tersedia?

Plasbumin tersedia dalam sediaan cairan infus: plasbumin-5 dan plasbumin-25 

Efek Samping

Apa efek samping yang mungkin terjadi jika menggunakan plasbumin?

Sama halnya dengan berbagai obat-obatan lain, plasbumin juga memiliki risiko efek samping penggunaan yang tidak bisa diabaikan. Di antaranya termasuk:

  • Demam, menggigil, mual, dan jantung berdetak lebih cepat
  • Masalah pernapasan seperti napas pendek-pendek dan mengi
  • Gejala tekanan darah tinggi seperti sakit kepala, susah bernapas, naiknya tekanan darah, pembengkakan di kaki, pergelangan kaki, atau tangan
  • Adanya perubahan pada tekanan darah secara mendadak
  • Reaksi alergi seperti pembengkakan pada bibir, mulut, tenggorokan, lipatan mata, area genital, tangan, dan kaki, ruam kulit, kesulitan bernapas)
  • Gejala shock, seperti linglung, kehilangan kesadaran, berkeringat, tubuh lemah, bernapas lebih cepat)

Tidak semua gejala efek samping yang mungkin terjadi, tercatat pada daftar di atas. Namun, jika Anda mengalami gejala efek samping seperti yang telah disebutkan, segera beri tahu dokter dan dapatkan perawatan medis.

Peringatan & Pencegahan

Apa yang harus diketahui sebelum menggunakan plasbumin?

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan plasbumin, sebaiknya Anda mencari tahu apa saja yang harus Anda lakukan, seperti berikut:

  • Jangan menggunakan obat ini jika Anda memiliki alergi terhadap plasbumin.
  • Jangan pula menggunakannya jika Anda memiliki penyakit seperti anemia serius dan masalah jantung yang cukup serius, seperti gagal jantung.
  • Tanyakan kepada dokter apakah Anda boleh menggunakan plasbumin jika Anda memiliki penyakit seperti anemia, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, perdarahan atau gangguan perdarahan seperti hemofilia, masalah paru-paru, masalah ginjal, alergi, atau jika Anda tidak bisa buang air kecil.
  • Pada saat-saat tertentu, seperti saat darurat, mungkin tidak mungkin untuk memberi tahu perawat Anda terlebih dahulu apa saja kondisi kesehatan yang Anda alami. Tetapi, pastikan dokter Anda megetahui bahwa Anda menggunakan obat ini.
  • Obat ini terbuat dari plasma manusia, yang mungkin saja mengandung virus atau agen-agen lain yang dapat menyebabkan infeksi. Plasma darah yang didonasikan memang biasanya akan dites terlebih dahulu, namun tidak menutup kemungkinan adanya agen-agen virus yang masih berada pada plasma tersebut. Maka dari itu, tanyakan kepada dokter mengenai potensi dan manfaat menggunakan obat ini.

Apakah plasbumin aman digunakan untuk ibu hamil dan menyusui?

Masih belum diketahui dengan pasti apakah obat ini dapat membahayakan kondisi ibu hamil, ibu menyusui, dan bayi. Maka dari itu tidak ada salahnya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter mengenai potensi risiko dan manfaat yang mungkin terjadi jika obat ini diberikan kepada ibu hamil dan ibu menyusui. Namun, obat ini masuk ke dalam kategori C dalam risiko kehamilan menurut Food and Drugs Administration (FDA) di Amerika atau setara dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Indonesia. Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •     A= Tidak berisiko,
  •     B= Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •     C= Mungkin berisiko,
  •     D= Ada bukti positif dari risiko,
  •     X= Kontraindikasi,
  •     N= Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang dapat berinteraksi dengan plasbumin?

Interaksi antar obat mungkin saja terjadi jika obat digunakan di waktu yang sama. Interaksi yang terjadi bisa saja menjadi pertanda baik maupun buruk untuk kondisi Anda.

Pertanda buruknya adalah jika interaksi antar obat yang Anda gunakan meningkatkan risiko efek samping obat atau mengubah cara kerja obat di dalam tubuh. Namun, kondisi ini bisa menjadi pertanda yang baik jika kondisi ini memang alternatif pengobatan terbaik untuk Anda.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memberi tahu segala jenis obat yang Anda gunakan, mulai dari obat resep, obat non resep, multivitamin, produk herbal, hingga suplemen makan. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis yang telah diberikan dokter untuk Anda.

Apa makanan dan alkohol yang dapat berinteraksi dengan plasbumin?

Ada beberapa jenis makanan dan alkohol yang dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu. Oleh karenanya, Anda harus tetap berhati-hati setiap hendak menggunakan obat.

Meski obat ini diberikan melalui cairan infus dan hampir tidak mungkin bereaksi dengan makanan atau alkohol yang Anda cerna, lebih baik tanyakan kepada dokter jenis makanan apa saja yang tidak boleh digunakan.

Apa kondisi kesehatan yang dapat berinteraksi dengan plasbumin?

Selain obat dan makanan, interaksi juga bisa terjadi antara plasbumin dan kondisi kesehatan yang Anda miliki. Interaksi ini bisa saja meningkatkan risiko efek samping, namun juga bisa saja memperburuk kondisi kesehatan Anda.

Beri tahu dokter segala kondisi kesehatan yang Anda miliki, sehingga dokter dapat membantu Anda menentukan apakah obat ini aman atau tidak digunakan oleh Anda.

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan dalam kondisi gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan jika melewatkan satu dosis?

Jika Anda lupa datang ke klinik atau rumah sakit untuk jadwal pemberian obat, tanyakan kepada dokter atau perawat, apa yang harus dilakukan jika Anda tidak sengaja melewatkan satu kali pemberian dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Baca Juga:

Sumber
Yang juga perlu Anda baca