Definisi

Apa itu pankreatitis akut?

Pankreatitis akut adalah peradangan pada pankreas yang biasanya terjadi secara tiba-tiba dalam waktu singkat. Pankreas adalah organ kelenjar yang terletak di perut. Organ ini berfungsi untuk membuat cairan pankreas (yang mengandung enzim pencernaan) dan menghasilkan beberapa hormon, termasuk insulin untuk mengatur kadar glukosa.

Kebanyakan orang dengan pankreatitis akut sembuh total setelah mendapatkan pengobatan yang tepat. Pada kasus yang parah, pankreatitis akut dapat menyebabkan pendarahan ke dalam kelenjar, kerusakan jaringan serius, infeksi, dan pembentukan kista. Pankreatitis yang parah juga bisa membahayakan organ vital lainnya seperti jantung, paru-paru, dan ginjal.

Seberapa umumkah pankreatitis akut?

Penyakit ini bisa dialami oleh segala kelompok usia. Namun penyakit ini lebih umum pada orang dewasa yang kecanduan alkohol dan memiliki batu empedu. Meski begitu, beberapa kondisi medis tertentu seperti penyakit autoimun, infeksi, trauma, gangguan metabolik, dan operasi juga bisa meningkatkan risiko seseorang terkena pankreatitis akut. Selalu konsultasikan pada dokter Anda untuk informasi lebih lanjut.

Tanda-tanda & gejala

Apa saja tanda-tanda dan gejala pankreatitis akut?

Gejala khas dari penyakit ini adalah munculnya rasa nyeri pada perut yang berlangsung selama beberapa hari dan sering terasa berat. Rasa sakit dapat merambat ke dada dan punggung. Rasa sakit juga dapat muncul secara tiba-tiba, dan terasa cukup berat namun beberapa saat terasa ringan. Umumnya rasa sakit akan lebih terasa ketika makan.

Gejala lain dari pankreatitia akut di antaranya:

  • Mual atau muntah
  • Demam
  • Denyut nadi yang cepat
  • Perut mengalami pembengkakan dan akan terasa sakit saat disentuh atau ditekan

Kemungkinan ada tanda­-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda.

Kapan saya harus periksa ke dokter?

Jika Anda memiliki tanda-tanda atau gejala yang telah disebutkan seperti di atas atau memiliki pertanyaan, silakan konsultasikan dengan dokter Anda. Tubuh masing-­masing orang berbeda. Selalu konsultasikan ke dokter untuk menangani kondisi kesehatan Anda.

Penyebab

Apa penyebab pankreatitis akut?

Penyebab paling umum dari penyakit ini adalah batu empedu dan konsumsi minuman beralkohol. Meski begitu, ada beberapa hal lain yang bisa menyebabkan pankreatitis akut, di antaranya:

  • Efek samping dari obat-obatan resep.
  • Pernah menjalani operasi pada bagian perut.
  • Adanya kelainan pada usus dan pankreas.
  • Infeksi yang jarang terjadi (seperti gondok).
  • Memiliki kadar kalsium di dalam darah yang tinggi.
  • Obstruksi atau pembentukan goresan pada pankreas, kanker, dan infeksi pankreas.
  • Kondisi medis tertentu seperti kelainan autoimun serta penyakit fibrosis kistik.

Kadang-kadang, dalam beberapa kasus, penyebabnya tidak dapat diketahui.

Faktor-faktor risiko

Apa yang meningkatkan risiko saya untuk pankreatitis akut?

Ada banyak faktor risiko untuk pankreatitis akut, yaitu:

  • Pecandu alkohol.
  • Perokok berat.
  • Memiliki anggota keluarga pernah mengalami infeksi pankreatitis.
  • Kadar lemak di dalam darah yang tinggi.
  • Memiliki beberapa penyakit lain, seperti penyakit batu empedu dan fibrosis kistik.
  • Masalah struktural pada pankreas atau saluran empedu, terutama dalam kasus-kasus di mana pankreas pecah dan memiliki dua saluran empedu.
  • Penggunaan obat, termasuk terapi estrogen dan beberapa antibiotik.

Obat & Pengobatan

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter Anda.

Apa saja pilihan pengobatan saya untuk pankreatitis akut?

Pengobatan yang dilakukan umumnya berupa terapi suportif selama rawat inap di rumah sakit. Dokter Anda dapat melakukan terapi cairan melalui selang infus dan mengganti elektrolit seperti kalium dan kalsium. Jika pasien tidak dapat mengendalikan penyakit ini, maka digunakan selang makan untuk sementara waktu yang diletakkan untuk menghubungkan hidung menuju ke perut.

Pasien dengan pankreatitis ringan tidak bisa makan selama 3-4 hari tapi akan ditangani dengan infus dan diberikan obat nyeri.

Pasien dengan pankreatitis parah mungkin akan diinfus dalam waktu yang lebih lama. Operasi akan dilakukan bila ada tanda-tanda infeksi, kista, atau perdarahan. Rasa sakit yang disebabkan adanya batu empedu dapat diobati dengan mengangkat kantung empedu atau dilakukan operasi saluran empedu ketika terjadi peradangan pada sumsum.

Apa saja tes yang biasa dilakukan untuk pankreatitis akut?

Untuk dapat mendiagnosis penyakit ini, dokter akan melakukan pemeriksaan riwayat medis atau pemeriksaan kesehatan, juga dilakukan tes darah dan tes urin. Dokter juga mungkin melakukan tomografi (CT) atau USG pada area perut.

Tes darah dilakukan untuk memeriksa kadar amilase dan lipase (enzim pencernaan yang dihasilkan oleh pankreas), amilase atau lipase dapat ditambahkan ketika pankreas mengalami peradangan. Kadar kalsium, magnesium, garam, kalium, dan bikarbonat dalam darah bisa berubah. Konsentrasi gula dan lemak (lipid) dalam darah juga dapat meningkat. Setelah pankreas pulih, kadar tersebut biasanya akan kembali menjadi normal.

Pengobatan di rumah

Apa saja perubahan gaya hidup atau pengobatan rumahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi pankreatitis akut?

Berikut adalah gaya hidup dan pengobatan rumahan yang dapat membantu Anda mengatasi pankreatitis akut:

  • Mengurangi atau menghentikan konsumsi alkohol.
  • Jika Anda merokok, berhentilah merokok.
  • Menghindari makanan berlemak dan berkolesterol tinggi. Pilihlah makanan yang kaya akan dan nutrisi lainnya seperti buah-buahan segar dan sayuran, biji-bijian, serta protein.
  • Kontrol berat badan dan rutin olahraga jika memungkinkan.

Bila ada pertanyaan, konsultasikanlah dengan dokter untuk solusi terbaik masalah Anda.

Hello Health Group tidak memberikan nasihat medis, diagnosis, maupun pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Maret 20, 2018 | Terakhir Diedit: Maret 20, 2018

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan