FG Troches

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11 Mei 2020 . Waktu baca 8 menit
Bagikan sekarang

Fungsi & Penggunaan

Untuk apa obat FG Troches digunakan?

FG Troches adalah obat untuk mengatasi berbagai jenis peradangan. Beberapa di antaranya adalah:

FG Troches juga dapat diresepkan sebagai obat untuk peradangan lain akibat infeksi. Misalnya, infeksi setelah operasi cabut gigi atau operasi gigi dan mulut yang sejenis. 

Namun, obat ini hanya mempan untuk mengatasi infeksi atau radang yang disebabkan oleh bakteri tertentu. Di antaranya adalah Straphylococci, Streptococci, Propionibacterium acnes, Bacteroides, serta Fusobacterium spp.

Maka itu, FG Troches kurang efektif apabila digunakan sebagai obat untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh virus.

Bagaimana aturan pakai FG Troches?

FG Troches harus dilarutkan dalam mulut atau di bawah lidah, dengan cara diisap sampai habis.

Penting untuk mengikuti takaran dosis dan cara pakai obat yang tepat seperti yang disarankan oleh dokter atau apoteker Anda. Antibiotik bekerja dengan baik ketika kadar obat dalam tubuh Anda berada pada tingkat yang stabil. Oleh karena itu, gunakan FG Troches secara teratur. Untuk membantu Anda mengingat dosis, gunakan pada waktu yang sama setiap hari.

Sekalipun gejalanya sembuh, FG Troches harus dihabiskan sampai tuntas sesuai dosis dan jangka waktu yang telah ditentukan oleh dokter. Maka itu, sebaiknya tanyakan pada dokter sampai kapan obat antibiotik ini harus diminum.

Menghentikan, mengurangi, menambah, atau melanjutkan pengobatan antibiotik tidak sesuai saran dokter akan meningkatkan risiko resistensi antibiotik serta kemungkinan infeksi kambuh di lain waktu.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda. Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau semakin memburuk.

Bagaimana cara menyimpan obat ini?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda.

Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi.

Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Berapa dosis FG Troches untuk dewasa?

Dalam satu hari, orang dewasa minum satu sampai dua tablet troches, diminum setiap empat sampai lima jam sekali.

Berapa dosis FG Troches untuk anak-anak?

Dalam satu hari, anak minum satu tablet troches, diminum setiap empat sampai lima jam sekali.

Dalam dosis dan sediaan apa obat ini tersedia?

Setiap tablet FG Troches mengandung 2,5 miligram (mg) fradiomycin sulfate (neomycin) dan 1 miligram gramicidin.

FG Troches umumnya dijual dalam bentuk tablet isap, berbentuk seperti donat dengan lubang di tengahnya untuk mencegah risiko tersedak. 

Efek Samping

Apa efek samping obat yang mungkin terjadi?

Belum ada efek samping atau kontraindikasi FG Troches yang telah dilaporkan. Namun, obat ini kurang efektif untuk mengobati infeksi bakteri yang tidak peka terhadap kandungan fradiomycin dan gramicidin.

Dalam kasus serius yang langka atau jarang sekali terjadi, FG Troches bisa menimbulkan reaksi parah seperti:

  • Anoreksia (gangguan pola makan)
  • Mual
  • Gangguan pencernaan

Tidak semua orang mengalami efek samping saat menggunakan obat ini. Mungkin juga ada beberapa efek samping yang belum disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan obat ini?

FG Troches adalah obat yang merupakan kombinasi dari gramicidin dan fradiomycin, di mana keduanya adalah jenis antibiotik. Beberapa orang kemungkinan berpotensi mengalami reaksi alergi terhadap obat-obatan antibiotik.

Oleh karena itu, Anda sebaiknya memberi tahu dokter jika Anda pernah menderita alergi akibat antibiotik tertentu, seperti kanamycin, paromomycin, streptomycin, atau gentamicin.

Sebelum mengonsumsi FG Troches, pastikan Anda memberi tahu dokter mengenai obat-obatan apa saja yang sedang dikonsumsi. Hal ini penting untuk mencegah terjadinya interaksi, keracunan obat, serta efek samping yang berbahaya.

Selain obat-obatan, informasikan pula ke dokter atau tenaga medis mengenai penyakit atau kondisi kesehatan yang sedang Anda derita. FG Troches berpotensi memicu terjadinya interaksi dengan kondisi kesehatan tertentu.

Beri tahu dokter jika Anda hamil, khusunya jika Anda berada pada bulan terakhir kehamilan, Anda berencana untuk hamil, atau menyusui. Jika Anda hamil ketika menggunakan FG Troches, segera hubungi dokter.

Apakah obat ini aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Karena FG Troches mengandung gramicidin, yaitu obat golongan antibiotik, sebaiknya ibu hamil dan menyusui tidak mengonsumsi obat ini tanpa anjuran atau pengawasan dokter. Pasalnya, antibiotik tertentu tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Selalu konsultasi terlebih dulu pada dokter atau bidan sebelum menggunakan obat apa pun, jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.

Interaksi Obat

Obat apa saja yang tak boleh dikonsumsi bersamaan dengan FG Troches?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker.

Berikut adalah beberapa jenis obat yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan FG Troches:

  • obat penenang atau obat tidur (tubocucarine atau succinylcholine)
  • obat diuretik (furosemide atau ethacrynic acid)
  • obat antikoagulan atau pengencer darah (warfarin)
  • obat aminoglycoside selain neomycin (paromomycin, bacitracin, cisplatin, atau polymyxin B)

Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Makanan dan minuman apa yang tak boleh dikonsumsi saat menggunakan FG Troches?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi.

Makanan yang sangat asam seperti minuman berkarbonasi, jus jeruk, jus lemon, coklat, dan produk berbahan dasar tomat (saus tomat) harus dihindari dulu saat minum antibiotik.

Makanan dan minuman yang rasanya asam dapat mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap obat-obatan secara maksimal.

Merokok atau mengonsumsi alkohol dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan FG Troches dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan dokter Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan FG Troches?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beritahukan dokter bila Anda memiliki masalah kesehatan lainnya, seperti:

Alergi antibiotik

Jika Anda memiliki alergi terhadap antibiotik, sebaiknya hindari penggunaan obat FG Troches. Bila perlu, konsultasikan terlebih dahulu mengenai konsumsi obat ini dengan dokter Anda.

Kelainan pada otot

Konsumsi antibiotik yang termasuk dalam jenis aminoglycoside, seperti fradiomycin, sebaiknya dihindari apabila Anda menderita masalah atau kelainan otot. Hal tersebut dikarenakan adanya risiko otot semakin melemah akibat interaksi dengan aminoglycoside.

Beberapa masalah otot yang perlu diperhatikan adalah:

  • myasthenia gravis
  • penyakit Parkinson

Masalah pada sistem pencernaan

Jika Anda memiliki masalah atau kelainan pada sistem pencernaan Anda, sebaiknya hindari pula konsumsi antibiotik ini. Hal ini disebabkan kandungan fradiomycin (neomycin) di dalam FG Troches kemungkinan tidak dapat terserap dengan baik di dalam saluran pencernaan.

Overdosis

Bagaimana gejala overdosis FG Troches dan apa efeknya?

FG Troches mengandung fradiomycin. Overdosis fradiomycin mungkin menimbulkan perubahan dalam pola buang air kecil. Misalnya jadi lebih sering atau jarang. Bisa juga air kencing jadi lebih banyak atau sedikit.

Apa yang harus saya lakukan dalam keadaan darurat atau overdosis?

Pada situasi gawat darurat atau overdosis, hubungi 119 atau segera larikan ke rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan kalau saya lupa minum obat atau lupa pakai obat?

Jika Anda melewatkan satu dosis, segera minum sesegera mungkin saat Anda ingat. Namun, jika Anda baru ingat setelah sudah waktunya untuk dosis selanjutnya, abaikan saja dosis yang terlupa, dan lanjutkan pemakaian sesuai jadwal. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Apakah artikel ini membantu Anda?
happy unhappy
Sumber

Baca Juga:

    Yang juga perlu Anda baca

    Apakah Boleh Makan Es Krim saat Radang Tenggorokan?

    Bolehkah makan es krim saat sedang radang tenggorokan? Jawabannya boleh, namun tidak untuk semua es krim. Ketahui jenis-jenis es krimnya di sini.

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Roby Rizki
    Hidup Sehat, Fakta Unik 9 Maret 2020 . Waktu baca 4 menit

    Mengulik Penyebab dan Cara Cepat Mengobati Sariawan di Tenggorokan

    Sariawan yang muncul di tenggorokan tidak cuma membuat kita malas berbicara. Minum dan menelan ludah pun rasanya sakit minta ampun. Harus bagaimana, dong?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Risky Candra Swari
    Gigi dan Mulut, Hidup Sehat 15 September 2019 . Waktu baca 7 menit

    Atasi Makanan yang Tersangkut di Tenggorokan dengan Cara Ini

    Makanan yang nyangkut di tenggorokan memang mengganggu dan terasa seperti akan tersedak. Nah, supaya tidak begitu fatal akibatnya, kenali cara mengatasinya.

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Nabila Azmi
    Hidup Sehat, Tips Sehat 13 Agustus 2019 . Waktu baca 7 menit

    Sudah Sembuh dari Batuk, Kenapa Tenggorokan Masih Gatal dan Sakit?

    Kadang tenggorokan tetap masih terasa gatal sampai sakit meski batuk sudah sembuh. Bisa jadi, ini hal wajar. Namun, bisa juga disebabkan hal lain. Apa saja?

    Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Batuk, Kesehatan Pernapasan 8 Agustus 2019 . Waktu baca 5 menit

    Direkomendasikan untuk Anda

    antibiotik untuk radang tenggorokan

    Antibiotik untuk Radang Tenggorokan, Kapan Perlu Mengonsumsinya?

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Dipublikasikan tanggal: 16 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit
    Konten Bersponsor
    penyakit tenggorokan musiman

    5 Penyakit Musiman yang Mengganggu Tenggorokan

    Ditinjau oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
    Ditulis oleh: Maria Amanda
    Dipublikasikan tanggal: 1 September 2020 . Waktu baca 6 menit
    puasa saat radang tenggorokan

    7 Tips Sehat Menjalani Puasa Saat Radang Tenggorokan

    Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
    Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
    Dipublikasikan tanggal: 19 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit
    permen pelega tenggorokan atau lozenge

    Jangan Asal Pilih Permen Pelega Tenggorokan, Pastikan Ada Kandungan Ini

    Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
    Ditulis oleh: Fidhia Kemala
    Dipublikasikan tanggal: 24 April 2020 . Waktu baca 6 menit