Beragam Obat yang Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan, dari Generik Sampai Obat Alami

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Dipublikasikan tanggal: 26 Agustus 2018 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Tenggorokan Anda sakit karena radang? Radang tenggorokan memang menyebalkan, tapi jangan asal pilih obatnya. Tidak semua obat ampuh mengobati radang tenggorokan, lho! Berikut pilihan obat radang tenggorokan generik yang bisa Anda beli di apotek, dan obat alaminya yang mungkin sudah Anda punya di dapur.

Pilihan obat untuk radang tenggorokan di apotek

obat diare

Obat radang tenggorokan generik dibedakan dari penyebabnya. Radang tenggorokan paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri. Tanda-tanda umumnya adalah muncul bercak putih pada amandel dan kelenjar di leher bengkak. Maka, obat untuk radang tenggorokan ini adalah antibiotik penicillin atau amoxicillin yang diresepkan dokter.

Jika disebabkan oleh virus, obatnya adalah pereda nyeri generik seperti ibuprofen atau paracetamol yang bisa Anda beli tanpa menebus resep dokter. Obat-obatan ini juga sekaligus meredakan batuk, pilek, dan demam yang seringnya menyertai radang.

Selain karena infeksi, radang tenggorokan mungkin bisa disebabkan oleh masalah asam lambung seperti gastritis atau GERD. Maka, cara mengobati radang tenggorokan ini adalah pakai antasida atau H2 blocker yang bisa mengurangi gejala maag.

Radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh alergi. Jika radang Anda muncul setelah makan atau menghirup pemicu alergi, maka obati dulu reaksi alerginya dengan obat antihistamin atau dekongestan. Ketika reaksi alergi mereda, gejala-gejala yang diakibatkannya pun akan ikut menghilang.

Mengobati radang tenggorokan secara alami

obat batuk berdahak alami

Selain pakai obat generik, Anda juga bisa sekaligus mengobati radang tenggorokan dengan cara-cara alami untuk mempercepat penyembuhannya.

Berkumur dengan air garam

Aduk rasa 1 sendok teh garam dalam 230 ml air hangat hingga larut. Kemudian, kumur dan tahan larutan ini dalam mulut selama 30 detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari jika perlu.

Garam menyerap air dalam mulut sehingga dapat membunuh bakteri penyebab radang. Efeknya, tenggorokan juga akan terasa lebih lega.

Minum teh madu hangat

Seduh teh dan tambahkan 1 sdm madu untuk melegakan tenggorokan Anda. Madu bersifat antibakteri dan antiseptik yang bisa bantu membunuh bakteri penyebab radang.

Alternatifnya, Anda bisa pakai teh hijau. Teh hijau memiliki sifat antibakteri yang kuat dan juga sumber antioksidan tinggi, yang bisa meredakan peradangan dengan lebih cepat.

Minum air putih

Ketika tubuh kehilangan banyak cairan, mulut akan terasa kering. Hal ini dapat memperparah peradangannya. Maka, banyak minum air putih bisa jadi cara mengobati radang tenggorokan yang ampuh. Selain air putih, Anda juga bisa makan sup hangat.

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

6 Cara Cepat dan Alami Redakan Panas Dalam

Gejala panas dalam seperti sakit tenggorokan, sariawan, bibir kering, dan sembelit harus cepat diatasi. Ini dia pilihan obat panas dalam alami yang manjur.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Tenggorokan 12 November 2020 . Waktu baca 4 menit

Antibiotik untuk Radang Tenggorokan, Kapan Perlu Mengonsumsinya?

Antibiotik untuk radang tenggorokan hanya diperlukan saat sakit disebabkan oleh infeksi bakteri. Penggunaanya tetap perlu dalam pengawasan dokter.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Kesehatan THT, Gangguan Tenggorokan 16 Oktober 2020 . Waktu baca 5 menit

7 Tips Sehat Menjalani Puasa Saat Radang Tenggorokan

Saat puasa, daya tahan tubuh bisa turun. Anda pun jadi rentan kena radang tenggorokan. Nah, ini dia caranya agar tetap lancar puasa saat radang tenggorokan.

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Tenggorokan 19 Mei 2020 . Waktu baca 4 menit

Jangan Asal Pilih Permen Pelega Tenggorokan, Pastikan Ada Kandungan Ini

Jangan sembarang memilih permen pelega tenggorokan. Pastikan tiga kandungan penting ini terdapat pada permen agar sakit tenggorokan bisa cepat reda.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Kesehatan THT, Gangguan Tenggorokan 24 April 2020 . Waktu baca 6 menit

Direkomendasikan untuk Anda

lidah terasa pahit saat sakit

Kenapa Lidah Terasa Pahit saat Anda Sedang Sakit?

Ditinjau oleh: dr. Andreas Wilson Setiawan
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 28 Desember 2020 . Waktu baca 7 menit
radang tenggorokan faringitis

Radang Tenggorokan (Faringitis)

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 28 Desember 2020 . Waktu baca 8 menit
apa itu panas dalam

Apa Sebenarnya Penyakit Panas Dalam? Simak Penjelasan dan Penyebabnya

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Yuliati Iswandiari
Dipublikasikan tanggal: 15 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit
Strep throat

Strep Throat

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Fidhia Kemala
Dipublikasikan tanggal: 9 Desember 2020 . Waktu baca 6 menit