Beragam Obat yang Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan, dari Generik Sampai Obat Alami

    Beragam Obat yang Ampuh Mengobati Radang Tenggorokan, dari Generik Sampai Obat Alami

    Tenggorokan Anda sakit karena radang? Radang tenggorokan memang menyebalkan, tapi jangan asal pilih obatnya. Tidak semua obat ampuh mengobati radang tenggorokan, lho! Berikut pilihan obat radang tenggorokan generik yang bisa Anda beli di apotek, dan obat alaminya yang mungkin sudah Anda punya di dapur.

    Pilihan obat untuk radang tenggorokan di apotek

    obat diare

    Obat radang tenggorokan generik dibedakan dari penyebabnya. Radang tenggorokan paling sering disebabkan oleh infeksi bakteri. Tanda-tanda umumnya adalah muncul bercak putih pada amandel dan kelenjar di leher bengkak. Maka, obat untuk radang tenggorokan ini adalah antibiotik penicillin atau amoxicillin yang diresepkan dokter.

    Jika disebabkan oleh virus, obatnya adalah pereda nyeri generik seperti ibuprofen atau paracetamol yang bisa Anda beli tanpa menebus resep dokter. Obat-obatan ini juga sekaligus meredakan batuk, pilek, dan demam yang seringnya menyertai radang.

    Selain karena infeksi, radang tenggorokan mungkin bisa disebabkan oleh masalah asam lambung seperti gastritis atau GERD. Maka, cara mengobati radang tenggorokan ini adalah pakai antasida atau H2 blocker yang bisa mengurangi gejala maag.

    Radang tenggorokan juga bisa disebabkan oleh alergi. Jika radang Anda muncul setelah makan atau menghirup pemicu alergi, maka obati dulu reaksi alerginya dengan obat antihistamin atau dekongestan. Ketika reaksi alergi mereda, gejala-gejala yang diakibatkannya pun akan ikut menghilang.

    Mengobati radang tenggorokan secara alami

    obat batuk berdahak alami

    Selain pakai obat generik, Anda juga bisa sekaligus mengobati radang tenggorokan dengan cara-cara alami untuk mempercepat penyembuhannya.

    Berkumur dengan air garam

    Aduk rasa 1 sendok teh garam dalam 230 ml air hangat hingga larut. Kemudian, kumur dan tahan larutan ini dalam mulut selama 30 detik. Ulangi beberapa kali dalam sehari jika perlu.

    Garam menyerap air dalam mulut sehingga dapat membunuh bakteri penyebab radang. Efeknya, tenggorokan juga akan terasa lebih lega.

    Minum teh madu hangat

    Seduh teh dan tambahkan 1 sdm madu untuk melegakan tenggorokan Anda. Madu bersifat antibakteri dan antiseptik yang bisa bantu membunuh bakteri penyebab radang.

    Alternatifnya, Anda bisa pakai teh hijau. Teh hijau memiliki sifat antibakteri yang kuat dan juga sumber antioksidan tinggi, yang bisa meredakan peradangan dengan lebih cepat.

    Minum air putih

    Ketika tubuh kehilangan banyak cairan, mulut akan terasa kering. Hal ini dapat memperparah peradangannya. Maka, banyak minum air putih bisa jadi cara mengobati radang tenggorokan yang ampuh. Selain air putih, Anda juga bisa makan sup hangat.

    Konsultasikan dengan dokter spesialis THT untuk mengetahui pengobatan yang tepat sesuai kondisi Anda. Cari dokter spesialis THT terdekat dari lokasi Anda dan booking melalui Hello Sehat.

    Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

    Ditinjau secara medis oleh

    dr. Damar Upahita

    General Practitioner · None


    Ditulis oleh Rr. Bamandhita Rahma Setiaji · Tanggal diperbarui 20/10/2022

    Iklan
    Iklan
    Iklan
    Iklan