Cycloserine

Ditinjau secara medis oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 11/05/2020
Bagikan sekarang

Cycloserine Obat Apa?

Untuk apa cycloserine?

Cyloserine adalah abat antibiotik. Cycloserine adalah antibiotik yang sering digunakan untuk mengatasi infeksi bakteri seperti tuberkulosis (TB). Dalam beberapa kasus, obat ini juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi saluran kencing (ISK).

Antibiotik ini hanya mengobati  infeksi bakteri, sehingga tidak akan bekerja untuk infeksi virus (seperti pilek, flu). Penggunaan antibiotik yang tidak perlu atau penyalahgunaan antibiotik apapun dapat menyebabkan efektivitasnya menurun.

Bagaimana cara penggunaan cycloserine?

Minumlah obat ini dengan atau tanpa makanan, biasanya dua kali sehari (setiap 12 jam) atau seperti yang diarahkan oleh dokter Anda.

Dosis didasarkan pada berat badan, kondisi medis, tingkat darah cycloserine, dan respon terhadap pengobatan. Jangan menggunakan lebih dari 1000 mg per hari.

Antibiotik bekerja dengan baik ketika jumlah obat dalam tubuh Anda berada pada tingkat yang konstan. Oleh karena itu, minumlah obat ini secara teratur. Untuk membantu Anda ingat, gunakan pada waktu yang sama setiap hari.

Terus gunakan obat ini (dan obat TB lain) sampai jumlah obat yang ditentukan habis, bahkan jika gejala telahhilang. Menghentikan pengobatan terlalu dini atau melewatkan dosis memungkinkan bakteri untuk terus tumbuh, yang dapat mengakibatkan kembalinya infeksi dan menyebabkan infeksi lebih sulit untuk diobati (tahan).

Dokter Anda mungkin juga mengarahkan Anda untuk mengonsumsi vitamin B6 (pyridoxine) untuk membantu mencegah efek samping tertentu dari cycloserine. Ikuti petunjuk dokter dengan hati-hati.

Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau semakin memburuk.

Ikuti aturan yang diberikan oleh dokter atau apoteker sebelum memulai pengobatan. Jika Anda memiliki pertanyaan, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Bagaimana cara penyimpanan cycloserine?

Cycloserine adalah salah satu obat yang sebaiknya disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Dosis Cycloserine

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis cycloserine untuk orang dewasa?

Untuk mengatasi tuberkulosis, dosis cycloserine adalah:

  • 500 mg hingga 1 gram secara oral per hari, dalam 1 atau 2 dosis yang terbagi (10 sampai 15 mg / kg / hari). Pengobatan harus berlanjut sampai terjadinya perubahan bakteriologis secara permanen dan terjadinya perbaikan klinis secara maksimal, umumnya dalam jangka waktu 18 sampai 24 bulan.

Bagaimana dosis cycloserine untuk anak-anak?

Untuk mengatasi tuberkulosis pada anak, dosis cycloserine adalah:

  • 10 sampai 15 mg / kg / hari dalam 2 yang dosis terbagi. Dosis maksimum 1 g / hari

Dalam dosis apakah cycloserine tersedia?

Ketersediaan dosis cycloserine adalah:

  • Tablet 125 mg dan 250 mg
  • Kapsul 125 mg dan 250 mg

Efek samping Cycloserine

Efek samping apa yang dapat dialami karena cycloserine?

Hubungi dokter Anda jika Anda memiliki salah satu dari efek samping yang serius berikut ini:

  • Reaksi alergi (kesulitan bernapas, penutupan tenggorokan Anda, pembengkakan bibir, lidah, atau wajah, atau gatal-gatal)
  • Kejang
  • Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki
  • Ruam kulit
  • Kebingungan atau perilaku tidak biasa
  • Tremor (gemetar)
  • Sakit kepala
  • Mengantuk
  • Pusing
  • Kesulitan berbicara
  • Sifat lekas marah

Tidak semua orang mengalami efek samping ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Peringatan dan Perhatian Obat Cycloserine

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan cycloserine?

Dalam memutuskan untuk menggunakan obat ini, risiko penggunaan obat harus dipertimbangkan terhadap manfaatnya. Keputusan ada di tangan Anda dan dokter Anda. Untuk obat ini, berikut yang harus dipertimbangkan:

  • Alergi. Beri tahu dokter jika Anda pernah memiliki reaksi yang tidak biasa atau alergi terhadap obat ini atau obat-obatan lainnya. Selain itu beritahu dokter jika Anda memiliki jenis alergi lain, seperti alergi pada makanan, pewarna, pengawet atau hewan. Untuk produk obat non-resep, bacalah label atau daftar bahan penyusun obat dengan hati-hati.
  • Anak-anak. Meskipun tidak ada informasi spesifik membandingkan penggunaan cycloserine pada anak-anak dengan yang digunakan dalam kelompok usia lainnya. Namun obat ini diharapkan tidak menimbulkan efek samping yang berbeda atau masalah pada anak-anak seperti yang dapat terjadi pada orang dewasa.
  • Lansia. Banyak obat-obatan belum diteliti secara khusus pada orang tua. Oleh karena itu, mungkin tidak diketahui apakah obat ini bekerja dengan cara yang sama seperti pada orang dewasa muda. Tanyakan pada dokter untuk informasi lebih lanjut.

Apakah cycloserine aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA) Amerika Serikat, atau setara dengan Badan POM di Indonesia.

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  • A = Tidak berisiko
  • B = Tidak berisiko pada beberapa penelitian
  • C = Mungkin berisiko
  • D = Ada bukti positif dari risiko
  • X = Kontraindikasi
  • N = Tidak diketahui

Interaksi Obat Cycloserine

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan cycloserine?

Interaksi obat dapat mengubah kinerja obat Anda atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Tidak semua kemungkinan interaksi obat tercantum dalam dokumen ini. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat-obatan resep/nonresep dan produk herbal) dan konsultasikan pada dokter atau apoteker. Jangan memulai, memberhentikan, atau mengganti dosis obat apapun tanpa persetujuan dokter.

Meskipun obat-obat tertentu tidak boleh digunakan bersamaan dengan sekaligus, namun dalam kasus lain dua obat yang berbeda dapat digunakan bersamaan bahkan jika interaksi mungkin terjadi. Dalam kasus ini, dokter Anda mungkin ingin mengubah dosis atau membuat tindakan pencegahan lainnya yang mungkin diperlukan. Beritahu ahli kesehatan Anda jika Anda sedang mengonsumsi obat resep atau obat non resep lainnya yang beredar di pasaran.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan cycloserine?

Obat-obatan tertentu tidak boleh digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan  penyedia layanan kesehatan Anda.

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan cycloserine?

Adanya masalah kesehatan lain di tubuh Anda dapat mempengaruhi penggunaan obat ini. Beberapa kondisi yang mungkin dapat berinteraksi dengan obat cycloserine adalah:

  • Penyalahgunaan alkohol atau riwayat penyalahgunaan alkohol
  • Gangguan kejang seperti kejang atau epilepsi
  • Penyakit ginjal
  • Gangguan mental seperti depresi mental, psikosis, atau kecemasan paraH

Overdosis Cycloserine

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

You are already subscribed to notifications.
Sumber

MIMS. Cycloserine. 2016. http://mims.com/Indonesia/Home/GatewaySubscription/?generic=Cycloserine Accessed February 18th, 2016

Cycloserine - https://pubchem.ncbi.nlm.nih.gov/compound/cycloserine diakses pada 24 September 2018

Cycloserine - https://www.webmd.com/drugs/2/drug-1054/cycloserine-oral/details diakses pada 24 September 2018

Yang juga perlu Anda baca

Jangan Sembarangan, Berikut Cara Menyimpan Obat Padat yang Benar

Obat-obatan padat atau pil yang terdiri dari beragam jenis tentunya membutuhkan cara menyimpan yang sesuai agar tidak merusak kualitasnya.

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha

Kenali Berbagai Jenis Bakteri Penyebab Diare

Ada berbagai penyebab diare, termasuk infeksi bakteri. Tidak hanya satu jenis, bakteri penyebab diare pun berbeda-beda. Cari informasi lengkapnya di sini.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila

Resistensi Antibiotik: Apa Penyebab dan Bagaimana Cara Mencegahnya?

Antibiotik digunakan untuk mencegah bakteri berkembang sekaligus mengatasi infeksi. Namun, apa yang terjadi jika seseorang mengalami resistensi antibiotik?

Ditinjau secara medis oleh: dr. Carla Pramudita Susanto
Ditulis oleh: Roby Rizki

Kenali Pola Makan Sehat dan Pantangan Makanan Penderita TBC

Penderita tuberkulosis (TBC) erat kaitannya dengan gizi buruk, sehingga penderita TBC perlu memperhatikan pantangan untuk menjaga kesehatannya.

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Batuk, Health Centers 04/04/2020

Direkomendasikan untuk Anda

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Seputar Tuberkulosis (TB) Ekstra Paru

Hal Yang Perlu Anda Ketahui Seputar Tuberkulosis (TB) Ekstra Paru

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Shylma Na'imah
Dipublikasikan tanggal: 28/05/2020
Kena Flu Saat Puasa Itu Baik! Kok Bisa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kena Flu Saat Puasa Itu Baik! Kok Bisa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Ditinjau secara medis oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 04/05/2020
5 Cara Efektif Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

5 Cara Efektif Mencegah Infeksi Saluran Kemih Saat Hamil

Ditinjau secara medis oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Ihda Fadila
Dipublikasikan tanggal: 02/05/2020
Pilihan Olahraga yang Aman untuk Pasien TBC

Pilihan Olahraga yang Aman untuk Pasien TBC

Ditinjau secara medis oleh: dr Patricia Lukas Goentoro
Ditulis oleh: Winona Katyusha
Dipublikasikan tanggal: 24/04/2020