Nama Generik: Magnesium Klorida Merek: Hanya generik. Tidak ada merek.

Penggunaan

Untuk apa magnesium klorida?

Obat ini adalah suplemen mineral yang berguna untuk mencegah dan mengobati kekurangan magnesium dalam darah. Magnesium sangat penting untuk fungsi sel, saraf, otot, tulang, dan jantung yang normal. Biasanya, diet seimbang menyediakan kadar magnesium yang normal dalam darah. Namun, situasi tertentu menyebabkan tubuh kehilangan magnesium lebih cepat dari yang Anda bisa gantikan dari diet. Situasi ini termasuk pengobatan dengan “pil air” (diuretik macam furosemide, hydrochlorothiazide), diet yang buruk, kecanduan alkohol, atau kondisi medis lainnya (misalnya, diare/muntah, masalah penyerapan dalam perut/usus, dan diabetes yang terkontrol dengan buruk).

Bagaimana cara penggunaan magnesium klorida?

Minum obat ini sesuai arahan dokter. Ikuti semua petunjuk pada kemasan produk. Jika Anda tidak yakin tentang informasi apapun, konsultasikan kepada dokter atau apoteker.

Cara terbaik adalah dengan minum suplemen magnesium dengan makanan untuk mengurangi sakit perut dan diare jika tidak disuruh oleh instruksi produk atau dokter.

Minum setiap dosis dengan segelas air putih (8 ons atau 240 ml) jika dokter tidak menyuruh Anda. Telan kapsul extended release secara utuh. Jangan menghancurkan atu mengunyah kapsul atau tablet extended release karena dapat melepaskan semua obat secara serentak, meningkatkan efek samping. Selain itu, jangan memisahkan tablet extended release jika mereka tidak memiliki garis pemisah dan jika dokter atau apoteker tidak menyuruh Anda. Telan utuh atau pisahkan tablet tanpa menghancurkan atau mengunyahnya.

Jika Anda sedang menggunakan produk cairan, gunakan alat pengukur obat untuk mengukur dosis dengan hati-hati. Jangan gunakan sendok rumah karena Anda mungkin tidak mendapatkan dosis yang benar. Jika Anda menggunakan suspensi, kocok botol dengan baik sebelum setiap dosis.

Minum obat ini secara teratur agar mendapatkan manfaat maksimal. Ingat minum di waktu yang sama setiap hari. Dosis berdasarkan kondisi medis dan respon terhadap pengobatan. Jangan meningkatkan dosis atau lebih sering minum obat dari yang disuruh oleh kemasan produk atau dokter. Terlalu banyak magnesium dalam darah dapat menyebabkan efek samping serius.

Beri tahu dokter jika gejala kekurangan kadar magnesium dalam darah (misalnya kram otot, lelah, mudah marah, depresi) tidak kunjung membaik atau malah memburuk. Jika Anda berpikir Anda mungkin memiliki masalah medis serius, cari pertolongan medis secepatnya.

Bagaimana cara penyimpanan magnesium klorida?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.                            

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

 

Dosis

Informasi yang diberikan bukanlah pengganti dari nasihat medis. SELALU konsultasikan pada dokter atau apoteker Anda sebelum memulai pengobatan.

Bagaimana dosis magnesium klorida untuk orang dewasa?

Dosis biasa untuk hipomagnesemia

Hipomagnesemia ringan: jika pemberian melalui mulut ditoleransi, hipomagnesemia ringan mungkin diobati dengan 1 tablet Slow-Mag (535 mg magnesium klorida, 64 mg magnesium elemental) oral sekali sehari.

 

Hipomagnesemia parah: 40 mEq (4 g magnesium klorida) dalam 5% dextrose atau saline normal dengan infus IV sekali dalam 3 jam.

 

Dosis biasa untuk infarksi myokardial

10 mEq dalam 5% dextrose atau saline normal dengan infus IV sekali dalam 24 jam pertama infarksi.

 

Bagaimana dosis magnesium klorida untuk anak-anak?

Dosis biasa untuk hipomagnesemia

Setelah lahir:

Hipomagnesemia: IV: magnesium klorida: 0,2-0,4 mEq/kg/dosis setiap 8-12 jam untuk 2-3 dosis

Magnesium aturan setiap hari: IV: magnesium klorida: 0,25-0,5 mEq/kg/hari

 

Anak-anak:

IM atau IV: magnesium klorida: 0,2-0,4 mEq/kg/dosis setiap 4-6 jam untuk 3-4 dosis; dosis tunggal maksimal: 16 mEq

Oral: catatan: mencapai kadar magnesium optimal dengan terapi oral mungkin sulit karena magnesium cenderung menyebabkan diare; IV sebagai pengganti mungkin lebih cocok khususnya dalam situasi defisit yang parah: magnesium klorida: 10-20 mg/kg magnesium elemental per dosis sampai 4 kali/hari

 

Magnesium aturan setiap hari: IV

Magnesium klorida:

Bayi dan anak-anak dengan berat badan 45 kg atau kurang: 0,25-0,5 mEq/kg/hari

Remaja dengan berat badan lebih dari 45 kg dan orang dewasa: 0,2-0,5 mEq/kg/hari atau 3-10 mEq/1000 kcal/hari (maksimal: 8-20 mEq/hari).

 

Dalam dosis apakah magnesium klorida tersedia?

Intravena: 200 mg/mL.

Efek Samping

Efek samping apa yang dapat dialami karena magnesium klorida?

Dapatkan pertolongan medis darurat jika Anda memiliki tanda reaksi alergi: gatal; sulit bernapas; pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Hubungi dokter segera jika adanya tanda kekurangan magnesium dalam darah, yaitu:

  • depresi, merasa lelah atau mudah marah
  • kram otot
  • diare parah atau berkelanjutan

Efek samping yang lebih ringan mungkin termasuk:

  • diare ringan
  • mual, nyeri perut
  • sakit perut

Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak tercantum di atas. Jika Anda ingin tahu tentang efek samping, konsultasikan kepada dokter atau apoteker.

Pencegahan & Peringatan

Apa saja yang harus diketahui sebelum menggunakan magnesium klorida?

Sebelum menggunakan obat ini, beri tahu dokter jika Anda:

  • alergi obat ini, atau mengalami penyakit ginjal, ulkus atau kelainan perut, atau dehidrasi
  • memiliki kondisi medis lain atau jenis alergi lainnya
  • hamil atau menyusui. Tidak diketahui apakah magnesium klorida dapat membahayakan janin, atau dapat masuk ke dalam ASI dan membahayakan bayi. Kebutuhan dosis mungkin berbeda saat Anda hamil atau sedang menyusui.

Apakah magnesium klorida aman untuk ibu hamil dan menyusui?

Tidak ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat ini pada ibu hamil atau menyusui. Selalu konsultasikan kepada dokter Anda untuk mempertimbangkan potensi manfaat dan risiko sebelum menggunakan obat ini. Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Berikut referensi kategori risiko kehamilan menurut FDA :

  •      A= Tidak berisiko,
  •      B=Tidak berisiko pada beberapa penelitian,
  •      C=Mungkin berisiko,
  •      D=Ada bukti positif dari risiko,
  •      X=Kontraindikasi,
  •      N=Tidak diketahui

Interaksi

Obat-obatan apa yang mungkin berinteraksi dengan magnesium klorida?

Interaksi obat mungkin mengubah cara kerja obat atau meningkatkan risiko efek samping serius. Dokumen ini tidak berisi tentang semua interaksi obat yang mungkin terjadi. Simpan daftar semua produk yang Anda gunakan (termasuk obat resep/tanpa resep dan produk herbal) dan memberitahukannya kepada dokter dan apoteker. Jangan memulai, menghentikan, atau mengubah dosis obat tanpa persetujuan dokter.

 

Sebelum menggunakan produk ini, beritahu dokter atau apoteker tentang obat resep dan tanpa resep/produk herbal yang mungkin Anda gunakan, terutama: fosfat sodium selulosa, digoxin, sodium polystyrene sulfonate.

 

Magnesium dapat mengikat dengan obat-obatan tertentu, mencegah penyerapan seutuhnya. Jika Anda sedang minum obat jenis tetracycline (misalnya demeclocycline, doxycycline, minocycline, tetracycline), pisahkan waktu dosis dari waktu dosis suplemen magnesium dalam setidaknya 2-3 jam. Bila Anda minum bisphosphonate (contohnya alendronate), obat tiroid (contohnya levothyroxine), atau antibiotik jenis quinolone (contohnya ciprofloxacin, levofloxacin), tanyakan dokter atau apoteker tentang berapa lama Anda harus menunggu antara dosis dan untuk membantu menemukan jadwal dosis yang akan bekerja dengan semua obat-obatan lainnya.

Periksa label pada semua obat resep dan tanpa resep/produk herbal (misalnya antacid, obat pencahar, vitamin) karena mereka mungkin mengandung magnesium. Tanyakan apoteker tentang cara menggunakan obat ini dengan aman.

Apakah makanan atau alkohol dapat berinteraksi dengan magnesium klorida?

Obat-obatan tertentu tidak bisa digunakan pada saat makan atau saat makan makanan tertentu karena interaksi obat dapat terjadi. Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan dengan penyedia layanan kesehatan profesional tentang penggunaan obat dengan makanan, alkohol, atau rokok.

 

Kondisi kesehatan apa yang dapat berinteraksi dengan magnesium klorida?

Adanya masalah obat lainnya mungkin mempengaruhi penggunaan obat ini. Pastikan Anda memberitahu dokter jika mengalami masalah medis lainnya, terutama:

  • diabetes
  • kecanduan alkohol
  • penyakit hati
  • phenylketonuria (PKU)

Overdosis

Apa yang harus saya lakukan pada keadaan gawat darurat atau overdosis?

Pada kasus gawat darurat atau overdosis, hubungi penyedia layanan gawat darurat lokal (112) atau segera ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat.

Apa yang harus saya lakukan bila melewatkan satu dosis?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, minum sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

 

Hello Health Group tidak menyediakan nasihat medis, diagnosis, atau pengobatan.

Sumber

Direview tanggal: Desember 14, 2016 | Terakhir Diedit: Desember 14, 2016

Ingin hidup lebih sehat dan bahagia?
Dapatkan update terbaru dari Hello Sehat seputar tips dan info kesehatan