home

Adakah saran agar artikel ini lebih baik?

close
chevron
Artikel ini tidak akurat
chevron

Mohon sampaikan saran Anda

wanring-icon
Anda tidak perlu mengisi secara detail bila tidak berkenan. Klik 'Kirim Opini Saya' di bawah ini untuk lanjut membaca.
chevron
Artikel ini tidak memberi cukup informasi
chevron

Tolong beri tahu kami bila ada yang salah

wanring-icon
Anda tidak wajib mengisi kolom ini. Klik "Kirim" untuk lanjut membaca.
chevron
Saya punya pertanyaan
chevron

Kami tidak memberi pelayanan kesehatan berupa diagnosis atau perawatan, tapi kami terbuka terhadap saran Anda. Silakan ketik di kotak berikut ini.

wanring-icon
Bila Anda memiliki kondisi medis tertentu, silakan menghubungi layanan kesehatan terdekat di sekitar rumah atau datangi IGD terdekat.

Kenapa Semakin Hari Semakin Banyak Orang Gemuk?

Kenapa Semakin Hari Semakin Banyak Orang Gemuk?

Orang gemuk memang diprediksi memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes mellitus, dan penyakit ginjal. Meskipun hal itu telah menjadi rahasia umum bagi semua orang, tetapi tetap saja semakin banyak orang yang menjadi gemuk. Mengapa saat ini kian banyak orang gemuk?

Mengapa semakin banyak orang gemuk?

Kegemukan atau obesitas bisa dibilang sudah menjadi penyakit yang ‘menular’ di dunia. Memang tidak seperti penyakit infeksi yang dapat ditularkan dengan mudah melalui perantara seperti udara, obesitas menjadi penyakit yang ‘menular’ akibat semakin banyak orang yang tidak peduli dengan apa yang dia makan, bagaimana pola makannya, dan tidak memikirkan kapan mereka harus berolahraga.

Tanpa disadari, gaya hidup yang tidak sehat dan sedenter dianut oleh banyak orang. Tidak lagi orang dewasa, bahkan anak-anak yang masih kecil pun rentang mengalami obesitas. Kebanyakan dari mereka tidak menyadari atau bahkan menyangkal jika dirinya gemuk.

Tidak percaya? Coba saja jujur, seberapa sering Anda mengatakan dengan jujur angka timbangan berat badan Anda saat ini ketika ditanya oleh orang lain. Jika jawabannya jarang, maka Anda termasuk orang yang menyangkal bahwa diri Anda gemuk. Penyangkalan ini membuat Anda semakin tidak sadar dengan kondisi Anda saat ini.

Apa yang menyebabkan orang gemuk tidak menyadari ia sudah kegemukan?

Berbagai penelitian yang meneliti terkait obesitas dan berat badan berlebih menemukan jika banyak peserta penelitian yang tak menyadari bahwa mereka mengalami overweight atau obesitas.

Beberapa di antaranya menyatakan bahwa mereka tidak merasa ada yang aneh atau bermasalah pada citra tubuhnya. Sebagian lagi menjadi gemuk akibat pola hidup dari kecil yang kurang baik, kemudian orang-orang di sekitarnya tidak mempermasalahkan ukuran tubuhnya saat itu, sehingga mereka tidak menganggap gemuk adalah suatu masalah.

Akibatnya, mereka pun gemuk hingga dewasa dan tidak menyadari juga bahwa mereka berisiko tinggi untuk mengalami penyakit kronis. Sedangkan sedikit di antaranya memang tidak memiliki pengetahuan tentang kegemukan sama sekali, sehingga tidak tahu jika dirinya gemuk.

Bagaimana agar kita terhindar dari kegemukan yang tidak disadari?

Memiliki tubuh gemuk, tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh dan mental Anda. Tanpa Anda sadari, fungsi tubuh akan berubah ketika semakin banyak lemak yang menumpuk di dalamnya. Oleh karena itu, Anda harus terus memantau serta mengukur terus timbangan berat badan serta lingkar pinggang Anda.

Mengapa menimbang berat badan itu penting? Sebab, dengan begitu Anda akan tahu perubahan berat badan Anda selama ini. Bahkan sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa orang yang setiap hari menimbang berat badan mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak dan cepat ketimbang yang tidak melakukannya. Tentu saja hal ini akan membuat Anda sadar akan status gizi Anda saat itu – dengan menghitung indeks massa tubuh.

Selain itu, lingkar pinggang bisa Anda gunakan untuk memprediksi seberapa besar kadar lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Meskipun lemak ditumpuk di berbagai bagian tubuh, namun salah satu penyimpanan utamanya adalah di bagian perut dan pinggang. Ketika lingkar pinggang Anda lebih dari 88 cm (wanita) atau 102 cm (laki-laki), ini menandakan bahwa Anda mengalami obesitas dan memiliki risiko tinggi untuk mengalami penyakit kronis.

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

Obesity Prevention Source. (2012). Waist Size Matters. [online] Available at: https://www.hsph.harvard.edu/obesity-prevention-source/obesity-definition/abdominal-obesity/  [Accessed 17 Apr. 2017].

WebMD. (2017). Are You in Denial About Your Weight?. [online] WebMD. Available at: http://www.webmd.com/diet/news/20120802/are-you-in-denial-about-your-weight#1  [Accessed 17 Apr. 2017].

Who.int. (2017). WHO | Controlling the global obesity epidemic. [online] Available at: http://www.who.int/nutrition/topics/obesity/en/  [Accessed 17 Apr. 2017].

Foto Penulis
Ditulis oleh Nimas Mita Etika M pada 27/04/2017
Ditinjau oleh dr. Tania Savitri - Dokter Umum
x