Kenapa Semakin Hari Semakin Banyak Orang Gemuk?

Ditinjau oleh: | Ditulis oleh:

Terakhir diperbarui: 19 Desember 2020 . Waktu baca 3 menit
Bagikan sekarang

Orang gemuk memang diprediksi memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena berbagai penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes mellitus, dan penyakit ginjal. Meskipun hal itu telah menjadi rahasia umum bagi semua orang, tetapi tetap saja semakin banyak orang yang menjadi gemuk. Mengapa saat ini kian banyak orang gemuk?

Mengapa semakin banyak orang gemuk?

Kegemukan atau obesitas bisa dibilang sudah menjadi penyakit yang ‘menular’ di dunia. Memang tidak seperti penyakit infeksi yang dapat ditularkan dengan mudah melalui perantara seperti udara, obesitas menjadi penyakit yang ‘menular’ akibat semakin banyak orang yang tidak peduli dengan apa yang dia makan, bagaimana pola makannya, dan tidak memikirkan kapan mereka harus berolahraga.

Tanpa disadari, gaya hidup yang tidak sehat dan sedenter dianut oleh banyak orang. Tidak lagi orang dewasa, bahkan anak-anak yang masih kecil pun rentang mengalami obesitas. Kebanyakan dari mereka tidak menyadari atau bahkan menyangkal jika dirinya gemuk.

Tidak percaya? Coba saja jujur, seberapa sering Anda mengatakan dengan jujur angka timbangan berat badan Anda saat ini ketika ditanya oleh orang lain. Jika jawabannya jarang, maka Anda termasuk orang yang menyangkal bahwa diri Anda gemuk. Penyangkalan ini membuat Anda semakin tidak sadar dengan kondisi Anda saat ini.

Apa yang menyebabkan orang gemuk tidak menyadari ia sudah kegemukan?

Berbagai penelitian yang meneliti terkait obesitas dan berat badan berlebih menemukan jika banyak peserta penelitian yang tak menyadari bahwa mereka mengalami overweight atau obesitas.

Beberapa di antaranya menyatakan bahwa mereka tidak merasa ada yang aneh atau bermasalah pada citra tubuhnya. Sebagian lagi menjadi gemuk akibat pola hidup dari kecil yang kurang baik, kemudian orang-orang di sekitarnya tidak mempermasalahkan ukuran tubuhnya saat itu, sehingga mereka tidak menganggap gemuk adalah suatu masalah.

Akibatnya, mereka pun gemuk hingga dewasa dan tidak menyadari juga bahwa mereka berisiko tinggi untuk mengalami penyakit kronis. Sedangkan sedikit di antaranya memang tidak memiliki pengetahuan tentang kegemukan sama sekali, sehingga tidak tahu jika dirinya gemuk.

Bagaimana agar kita terhindar dari kegemukan yang tidak disadari?

Memiliki tubuh gemuk, tentunya tidak baik untuk kesehatan tubuh dan mental Anda. Tanpa Anda sadari, fungsi tubuh akan berubah ketika semakin banyak lemak yang menumpuk di dalamnya. Oleh karena itu, Anda harus terus memantau serta mengukur terus timbangan berat badan serta lingkar pinggang Anda.

Mengapa menimbang berat badan itu penting? Sebab, dengan begitu Anda akan tahu perubahan berat badan Anda selama ini. Bahkan sebuah penelitian pernah menyebutkan bahwa orang yang setiap hari menimbang berat badan mengalami penurunan berat badan yang lebih banyak dan cepat ketimbang yang tidak melakukannya. Tentu saja hal ini akan membuat Anda sadar akan status gizi Anda saat itu – dengan menghitung indeks massa tubuh.

Selain itu, lingkar pinggang bisa Anda gunakan untuk memprediksi seberapa besar kadar lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Meskipun lemak ditumpuk di berbagai bagian tubuh, namun salah satu penyimpanan utamanya adalah di bagian perut dan pinggang. Ketika lingkar pinggang Anda lebih dari 88 cm (wanita) atau 102 cm (laki-laki), ini menandakan bahwa Anda mengalami obesitas dan memiliki risiko tinggi untuk mengalami penyakit kronis.

Kalkulator BMI

Benarkah berat badan Anda sudah ideal?

Ayo Cari Tahu!
general

Hello Health Group dan Hello Sehat tidak menyediakan saran medis, diagnosis, maupun pengobatan. Silakan cek laman kebijakan editorial kami untuk informasi lebih detail.

Was this article helpful for you ?
Sumber

Yang juga perlu Anda baca

Cara Mengatasi Mimisan dengan Cepat, Mulai dari Bahan Alami hingga Obat Medis

Mimisan bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja, tapi Anda tak perlu panik. Berikut adalah berbagai obat mimisan alami yang ampuh hentikan perdarahan.

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Kesehatan THT, Gangguan Hidung 14 Januari 2021 . Waktu baca 7 menit

5 Penyebab Bercak Putih di Puting Susu dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda memiliki bintik atau bercak putih di puting susu atau sekitarnya? Tak usah khawatir, kenali penyebab dan cara mengatasinya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Andisa Shabrina
Kesehatan Wanita, Penyakit pada Wanita 14 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit

Payudara Terasa Sakit, Apa Penyebabnya Selalu Kanker?

Penyebab payudara sakit kerap dikaitkan dengan kanker. Namun, apakah anggapan itu benar? Bagaimana penjelasan lengkapnya?

Ditinjau oleh: dr Mikhael Yosia
Ditulis oleh: Novi Sulistia Wati
Kanker Payudara, Kanker 14 Januari 2021 . Waktu baca 6 menit

5 Tanda Pasangan Anda Sedang Memendam Rasa Dengan Orang Lain

Pasangan Anda berubah? Bisa saja ia sedang selingkuh hati. Bagaimana ciri-ciri orang yang sedang selingkuh pakai hati? Simak tanda-tandanya di sini.

Ditinjau oleh: dr. Tania Savitri - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Kesehatan Mental, Hubungan Harmonis 14 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit

Direkomendasikan untuk Anda

telat datang bulan

Berapa Lama Telat Datang Bulan Dapat Menjadi Pertanda Kehamilan?

Ditinjau oleh: dr. Damar Upahita - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
mengatasi kesepian

5 Langkah Mengatasi Kesepian, Agar Hidup Lebih Semangat

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Widya Citra Andini
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 5 menit
sakit kepala setelah keramas

Tiba-tiba Sakit Kepala Setelah Keramas, Apa Penyebabnya?

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Irene Anindyaputri
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit
brazilian blowout

Waspada Brazilian Blowout, Teknik Meluruskan Rambut dengan Formalin

Ditinjau oleh: dr. Yusra Firdaus - Dokter Umum
Ditulis oleh: Novita Joseph
Dipublikasikan tanggal: 15 Januari 2021 . Waktu baca 4 menit